Pengertian Emosi Adalah : Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Emosi

Arti Emosi Adalah
Apa itu emosi? Apa saja penyebab emosi? Bagaimana cara menahan emosi? Definisi emosi adalah suatu reaksi alami yang dirasakan dan ditunjukkan terhadap sebuah kondisi tertentu yang telah mempengaruhi seseorang, baik itu emosi positif maupun negatif. Untuk lebih memahami mengenai arti emosi, mari kita baca penjelasan singkat dibawah ini.

Pengertian Emosi

Arti emosi adalah perasaan intens yang ditujukan oleh seseorang terhadap orang lain atau sesuatu sebagai reaksi yang timbul akibat perbuatan seseorang maupun kejadian tertentu.

Atau jika disederhanakan, emosi adalah sebuah reaksi alamiah yang timbul pada seseorang sebagai dampak terjadinya perubahan tertentu di sekitarnya. 

Jika dilihat dari segi etimologi kata, istilah emosi berasal dari bahasa latin yaitu kata ‘movere’ yang berarti bergerak atau menggerakkan. Sedangkan jika dibubuhi awalan kata ‘e’ maka artinya menjadi menjauh. Maka kalau kita terjemahkan sesuai susunan katanya, emosi bisa diartikan sebagai sebuah gejala pergerakan menjauh.

Baca Juga : Pengertian Konflik

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

Emosi Menurut Para Ahli
Untuk lebih memahami pengertian istilah emosi, mari kita lihat pengertian emosi menurut pandangan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Daniel Goleman

Daniel Goleman menjelaskan, pengertian emosi adalah pergolakan perasaan, pikiran, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Yaitu sebuah perasaan dan pemikiran yang khas dimana keadaan biologis dan psikologis seseorang mengalami perubahan tertentu.

2. George Miller

George Miller menjelaskan, pengertian emosi adalah pengalaman seseorang mengenai sebuah perasaan yang kuat, bersamaan dengan perubahan fisik seperti peredaran darah, denyut jantung dan pernapasan, hingga kecenderungan melakukan tindakan tertentu sebagai reaksi.

3. Dr. Muhammad Najaati

Dr. Muhammad Najaati menjelaskan bahwa emosi adalah dampak dari faktor psikologis seseorang dimana terjadi sebuah kekacauan yang meliputi segala aspek individu yang mempengaruhi perasaan, perilaku hingga fungsi vital seseorang.

4. Angels

Angels menjelaskan bahwa emosi adalah sebuah kondisi perasaan yang kompleks pada seseorang dipengaruhi oleh aktivitas kelenjar, seperti aktivitas lambung atau organ-organ intrinsik.


Ciri-Ciri Emosi

Ciri-Ciri Emosi adalah
Ada banyak sekali ciri-ciri emosi pada manusia baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Adapun ciri-ciri emosi pada manusia adalah sebagai berikut :

1. Adanya Perubahan Fisik

Perubahan fisik manusia bisa terlihat ketika seseorang mengalami emosi. Misalnya seseorang jadi lebih bersinar ketika sedang bahagia, atau ketika sedang marah biasanya bagian wajah atau telinga akan memerah atau menjadi pucat ketika seseorang sedang merasa ketakutan.

2. Tidak Objektif

Ketika seseorang sedang emosi, jalan pikiran manusia sering kali menjadi subjektif. Terkadang kemampuan nalar seseorang juga akan menjadi tumpul dalam beberapa waktu.

3. Fluktuatif

Perubahan kondisi emosi bisa berubah-ubah dalam waktu tertentu, sikap seseorang juga dapat berubah-ubah, bisa menjadi meledak-ledak atau menjadi bersikap lebih tenang dari biasanya.

4. Adanya Trauma

Emosi terkadang berubah ketika seseorang memiliki trauma atau sebuah kenangan buruk terhadap sebuah benda atau suatu kejadian. Dan ketika melihat atau teringat benda atau kejadian tersebut maka perilaku orang tersebut akan menunjukkan perubahan yang signifikan.

Jenis-jenis Emosi Pada Manusia

Jenis Emosi Yaitu
Dibawah ini adalah beberapa jenis emosi pada manusia, diantara :

1. Rasa Cinta

Rasa cinta adalah emosi positif dimana seseorang mengikat perasaan kepada seseorang, sebuah benda, kepada masyarakat atau lingkungannya. Emosi rasa cinta biasanya bisa melahirkan motivasi yang tinggi kepada orang yang merasakannya.

2. Rasa Takut

Rasa takut adalah emosi yang ada ketika datang masalah tertentu secara tiba-tiba dan dapat menekan rasa percaya diri seseorang. Akan tetapi rasa takut juga bisa menumbuhkan rasa bahagia dan rasa percaya diri ketika hal yang ditakutkan tidak terjadi.

3. Rasa Malu

Rasa malu adalah emosi yang timbul dari rasa takut dan penyesalan karena melakukan sebuah kesalahan. Namun, rasa malu juga bisa dialami secara tiba-tiba oleh seseorang yang kurang memiliki rasa percaya diri, sehingga merasa kurang pantas dihadapan orang lain.

4. Rasa Cemburu

Rasa cemburu adalah jenis emosi yang sering melahirkan kegelisahan pada seseorang. Kegelisahan tersebut bisa lahir karena dampak rasa cinta terhadap suatu objek tertentu. Pada umumnya rasa cemburu akan melahirkan suatu persaingan dan motivasi untuk memberikan nilai lebih terhadap apa yang dicintai.

5. Rasa Dengki

Rasa dengki adalah emosi yang menyerupai rasa benci, hanya saja rasa dengki lahir dari sebuah kecemburuan berlebihan disertai emosi negatif terhadap orang lain. Baik iri atau cemburu karena kurang mendapatkan rasa cinta atau kecemburuan terhadap sesuatu bentuk materi akan melahirkan rasa dengki.

6. Rasa Benci

Rasa benci adalah ketika seseorang memutuskan ikatan perasaan kepada seseorang, sebuah hal atau sesuatu. Emosi ini membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia sekaligus menurunkan motivasi seseorang terhadap aktivitas atau kegiatan tertentu.

7. Rasa Marah

Rasa marah adalah emosi yang timbul saat sesuatu yang diharapkan tidak tercapai karena berbagai macam kondisi tertentu. Marah adalah awal dari reaksi negatif lainnya yang ditunjukkan seseorang dan biasanya akan memburuk ketika orang tersebuh gagal menguasai dirinya. Emosi semacam ini adalah yang jenis emosi negatif yang sebaiknya dikendalikan atau dihindari.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti emosi, ciri-ciri dan jenis-jenis emosi yang biasa dirasakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah emosi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel