Pengertian Attitude adalah : Menurut Para Ahli, Karakteristik dan Peranan Attitude Pada Lingkungan Kerja

Pengertian Sikap Attitude adalah
Apa itu attitude? Bagaimana karakteristiknya? Secara umum sikap atau attitude adalah kesediaan diri dalam bertindak tanpa adanya suatu motif tertentu. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita baca pada artikel dibawah ini.

Pengertian Attitude

Arti attitude adalah perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap tersebut. Atau sikap pada aspek afektif yang menentukan tindakan seseorang.

Semuanya dilakukan karena adanya keinginan dan kerelaan melakukan sesuatu terhadap orang lain, sejalan dengan karakter yang dimilikinya. Sikap sangat berkaitan dengan kesiapan mental individu seseorang, baik itu positif maupun negatif.

Pengertian Attitude Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai sikap atau attitude, mari kita liat pengertian sikap atau attitude menurut pandangan para ahli, diantaranya :

1. La Pierre

Menurut La Pierre, pengertian sikap adalah sebuah pola perilaku tendensi atau kesiapan diri seseorang dalam adaptasi atau penyesuaian diri, yang dilakukan dengan cara sederhana maupun rumit, sebab sikap merupakan bentuk respon dari stimulan sosial yang sudah terkondisikan.

2. Soetarno

Menurut Soetarno, pengertian sikap adalah sebuah pandangan maupun perasaan yang diikuti kecenderungan dalam bertindak terhadap obyek tertentu. Jadi bagi Soetarno, obyek adalah salah satu faktor utama yang menentukan sikap.

3. Syamsudin

Menurut Syamsudin, pengertian sikap adalah perilaku yang ditunjukkan dalam sebuah interaksi dengan lingkungan sosial, dimana dalam interaksi tersebut ada proses saling merepon, saling mempengaruhi dan saling menyesuiakan diri dengan lingkungan sosial.

4. Rakhmat

Menurut Rakhmat, pengertian sikap adalah kecenderungan cara berfikir, bertindak, berpandangan dan merasakan baik untuk sebuah ide, objek, nilai maupun situasi. Bagi rahmat sikap bukanlah prilaku, melainkan kecenderungan untuk berprilaku dengan cara-cara tertentu terhadap objek sikap.

Ciri-Ciri atau Karakteristik Attitude

Ciri-Ciri Attitude Adalah
Berdasarkan penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa attitude memiliki beberapa karakteristik, adapun karakteristik attitude adalah sebagai berikut :

  • Bukan pembawaan sejak lahir, akan tetapi dibentuk sepanjang perkembangan atau perjalanan hidup individu.
  • Tidak tetap atau berubah-ubah, sebab perilaku manusia berubah dan berkembang sesuai dengan kondisi lingkungan.
  • Tidak terbentuk atau berdiri sendiri, namun akibat relasi terhadap individu lain atau karena suatu objek.
  • Attitude dapat berkaitan dengan lebih dari satu objek sekaligus.
  • Attitude terbentuk atas aspek pemikiran, pandangan, segi perasaan dan aspek-aspek yang memiliki motivasi.

Peranan Attitude Pada Lingkungan Kerja

Attitude merupakan salah satu penentu kehidupan seseorang, sebab sangat mempengaruhi lingkungan sekitarnya atau pekerjaannya. Penilaian yang baik dari individu lain sangat mempengaruhi lingkungan, dan begitu juga penilaian yang buruk.

Dalam lingkungan kerja pun demikian, untuk itu mari kita lihat beberapa peran attitude pada lingkungan kerja, diantaranya :

1. Attitude Lebih Dari Skill

Kemampuan dasar dalalm bekerja merupakan hal yang bisa dipelajari dengan cepat dan mudah, berbeda dengan attitude. Bahkan ada beberapa kondisi dimana attitude seseorang sudah mustahil untuk dirubah. Orang-orang berkepribadian yang baik pada umumnya mempunyai kemampuan beradapatasi yang lebih baik.

Dan dalam dunia kerja, perusahaan-perusahaan besar biasanya lebih mengutamakan calon karyawan dengan attitude yang baik, seperti rendah hati atau pribadi yang terbuka. Sebab orang-orang demikian akan lebih siap dan mampu untuk ditempatkan di banyak posisi dan jenis pekerjaan.

2. Attitude Baik Membangun Kekompakan

Sadar atau tidak attitude sering kali mempengaruhi lingkungan kerja, misalnya ketika semua orang dapat saling menghargai dan bertanggungjawab terhadap pekerjaannya masing-masing maka akan berpengaruh pada produktivitas kerja.

Terlebih jika project yang dikerjakan adalah tanggungjawab bersama, maka akan jauh lebih optimal sebab sudah didasarkan pada rasa menghargai antara satu dengan yang lainnya. Komunikasi bisa dilakukan dengan baik dan dalam menyampaikan keluhan atau masukan juga bisa dilakukan dengan baik.

3. Attitude Baik Membangun Atmosfer Positif

Secara tidak langsung, attitude baik akan menciptakan suasana nyaman di lingkungan kerja, baik antara sesame pekerja maupun pekerja dengan atasan. Lingkungan kerja yang baik akan mempengaruhi pola pikir menjadi semakin baik sekaligus mengurangi tingkat stress.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti attitude, karakteristiknya serta peranan attitude pada lingkungan kerja. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan memberi informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca, terlebih mengenai pengertian attitude atau sikap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel