Arti Workshop Adalah : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Workshop

Arti Workshop Adalah
Apa itu workshop? Apa saja tujuan dan manfaat workshop? Arti workshop adalah sebuah pertemuan sekelompok orang yang memiliki minat, keahlian, dan profesi yang sama pada bidang tertentu dan terlibat dalam diskusi maupun kegiatan intensif pada subjek atau proyek tertentu. Untuk lebih lengkapnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Workshop

Workshop atau lokakarya adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan keahlian dan latar belakang belakang profesi yang sama, untuk sekadar interkasi atau melakukan pembahasan mendalam untuk pengembangan masalah tertentu.

Kegiatan workshop pada umumnya mengupas secara tuntas sebuah masalah, disertai dengan pelatihan yang diberikan kepada peserta workshop. Harapannya adalah agar peserta workshop bisa memperoleh wawasan baru yang bermanfaat dan bisa diterapkan sesuai dengan profesinya.

Kesimpulannya, selain untuk memecahkan suatu permasalahan dan untuk memperoleh wawasan baru, workshop biasanya dijadikan ajang berkumpul bagi rekan-rekan satu bidang atau hobi, dimana semuanya bisa berdiskusi atau saling memberikan pendapat dari satu anggota dengan anggota lainnya.

Tata pelaksanaan workshop yang biasanya dilakukan panitia antara lain :
  • Menentukan tujuan pelaksanaan kegiatan workshop.
  • Merumuskan permasalah pokok yang akan dibahas bahas dalam kegiatan workshop.
  • Menentukan teknis pemecahan terhadap masalah yang biasa terjadi.
  • Melakukan aktivitas diskusi dan pelatihan.

Baca juga : Pengertian Seminar

Ciri-Ciri Kegiatan Workshop

Kegiatan workshop memiliki beberapa perbedaan dengan kegiatan diskusi lainnya, adapun adapun ciri-ciri workshop antara lain sebagai berikut :
  • Dihadiri oleh beberapa pakar di bidang tertentu yang sesuai dengan topik yang akan dibahas.
  • Permasalahan yang akan dibahas dalam kegiatan ini biasanya terfokus dan berasal dari para peserta workshop itu sendiri (life centered).
  • Komunikasi yang dilakukan dalam kegiatan workshop berjalan secara dua arah dan aktif antara peserta dengan para pakar, oleh sebab itu diharapkan agar peserta juga berperan aktif agar workshop dapat berjalan dengan baik dan tidak membosankan.
  • Metode  yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan informasi baik dari sumber daya materi maupun sumber daya manusianya, dan agar kegiatan bisa mencapai target maka partisipannya juga harus ikut berpartisipasi dengan aktif.


Tujuan dan Manfaat Workshop

Kegiatan workshop pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang baru kepada para seluruh partisipan melalui diskusi maupun praktek pelatihan.

Kegiatan ini bermanfaat sebagai penambah kualifikasi profesi seseorang sesuai dengan bidang kerjanya, yang artinya kegiatan workshop bisa meningkatkan kecakapan dan kompetensi seseorang dibidang tertentu.

Kegiatan workshop pun bermanfaat sebagai wadah untuk membangun kemitraan atau kerjasama antar peserta, sekaligus sebagai media yang efektif untuk mendiskusikan dan mensosialisasikan informasi suatu program kepada para pesertanya.

Jenis-Jenis Workshop

Workshop bisa kita bedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kategorinya, di bawah ini ada beberapa jenis workshop yang bisa kita lihat, diantaranya :

1. Berdasarkan Waktunya

Kegiatan workshop berdasarkan waktunya dibedakan menjadi dua jenis, antara lain :

a. Workshop Beruntun
Workshop beruntun adalah jenis workshop yang dilaksanakan selama periode waktu tertentu, biasanya workshop seperti ini dilaksanakan selama beberapa hari berturut-turut.

b. Workshop Berkala
Workshop berkala adalah workshop yang dilaksanakan secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Workshop ini bisa dilakukan setiap bulan, setiap tiga bulan, atau setiap enam bulan sekali.

2. Berdasarkan Sifatnya

Kegiatan workshop berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua jenis, antara lain :

a. Workshop Mengikat
Workshop mengikat adalah workshop yang para pesertanya wajib mengikuti dan melaporkan hasil yang diperoleh dari workshop tersebut, misalnya seperti  workshop standarisasi ISO.

b. Workshop Tidak Mengikat
Workshop tidak mengikat adalah workshop yang para peserta tidak wajib mengikuti dan melaporkan hasil yang diperoleh dari workshop tersebut, misalnya seperti workshop mengenai pembiakan hewan-hewan peliharaan para penghobi.

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

1. Kelebihan Workshop

  • Peserta workshop dilatih untuk dapat bekerjasama dengan orang lain.
  • Peserta workshop dilatih untuk berpikir dan bersikap secara ilmiah.
  • Peserta workshop mendapat beragam petunjuk praktis dalam pelaksanaan tugas.
  • Peserta workshop mendapatkan keterangan atau informasi teoritis mendalam mengenai permasalahan tertentu.

2. Kekurangan Workshop

  • Bisa melahirkan perselisihan dari perbedaan pendapat.
  • Menghabiskan banyak waktu dalam persiapan kegiatan workshop.
  • Kegiatan workshop umumnya membutuhkan banyak tenaga dan dapat menghabiskan banyak biaya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti workshop, ciri-ciri, tujuan, manfaat dan jenis-jenis workshop. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terutama mengenai istilah workshop.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel