Manajemen Strategi : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya dalam Bisnis

Manajemen Strategi Adalah
Apa itu manajemen strategi? Apa manfaat dari manajemen strategi? Arti manajemen strategi adalah seni atau ilmu pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta evaluasi terhadap berbagai keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan. Untuk lebih jelasnya, mari kita baca artikel di bawah ini.

Pengertian Manajemen Strategi

Definisi manajemen strategi adalah sebuah rangkaian aktivitas pengambilan keputusan yang sifatnya mendasar dan menyeluruh, disertai dengan penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh pimpinan organisasi dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam organisasi untuk mencapai tujuan.

Kegiatan ini berfokus pada penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat dan mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, dan pengalokasian sumber daya dalam penerapan kebijakan untuk pencapaian tujuan organisasi.

Karena menerapkan strategi yang dan perencanaan yang matang adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan, terlebih dalam dunia bisnis. Sebab akan mempermudah pelaksanaan setiap misi yang dimiliki organisasi tersebut.


Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami definisi manajemen strategi, mari kita lihat pengertian manajemen strategi dari pandangan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Thomas Wheelen

Thomas Wheelen menjelaskan bahwa arti manajemen strategi adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang mulai dari perencanaan strategi, pelaksanaan strategi hingga evaluasi.

2. Nawawi

Nawawi menjelaskan bahwa arti manajemen strategi adalah sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk mencapai tujuan masa depan, dan didefinisikan sebagai sebuah keputusan yang fundamental.

Dimana perencanaan yang dilakukan dapat mengoptimalkan visi dan misi organisasi agar dapat memberikan hasil yang terbaik, baik itu di bidang layanan jasa maupun barang atau manufaktur. 

3. Mulyadi

Mulyadi menjelaskan bahwa arti manajemen strategi adalah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai dalam merumuskan dan melaksanakan strategi untuk menyediakan pelayanan terbaik kepada pelanggan untuk mewujudkan visi organisasi.

4. J. David Hunger

J. David Hunger menjelaskan bahwa arti manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

5. Bambang Haryadi

Bambang Haryadi menjelaskan bahwa arti manajemen strategi adalah sebuah proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi hingga melakukan evaluasi, untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi.

Tujuan Manajemen Strategi

Dalam manajemen startegi, terdapat seorang manajer bertanggungjawab untuk menyusun serangkaian strategi perusahaan. Manajer tersebut menyusun, mengatur, mengimplementasi dan juga mengevaluasi strategi-strategi yang sudah disepakati dengan tujuan untuk mencapai target yang biasanya berkaitan dengan pemasaran.

Tujuan utama manajemen strategi dalam bisnis adalah sebagai berikut :

1. Mengarahkan

Bertanggungjawab untuk mengarahkan seluruh sumber daya perusahaan untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada tujuan perusahaan, dan memiliki arah yang jelas agar bisa menjadi landasan untuk mengendalikan dan mengevaluasi keberhasilan kerja sebuah organisasi.

2. Menjaga Kepentingan Semua Pihak

Mendata dan mengatur kebutuhan masing-masing pihak seperti supplier, karyawan, pemegang saham, perbankan dan masyarakat, dan menjaga kinerja komponen-komponen tersebut untuk memastikan keberhasilan kebijakan yang dibuat.

3. Mengantisipasi Perubahan

Mengantisipasi perubahan dan menyiapkan pedoman pengendalian jika terjadi perubahan saat ada perbedaan perspektif antar eksekutif.

4. Mengoptimalkan Efektivitas dan Efisiensi Kerja

Bertanggung jawab untuk mengkonsentrasikan sumber daya untuk bekerja dengan lebih efektif dan efisien, agar tercapai tujuan organisasi.

Tujuan manajemen strategi dalam pelaksaan adalah sebagai berikut:
  • Melaksanakan dan melakukan evaluasi strategi yang telah ditentukan.
  • Mengevaluasi kinerja mulai dari meninjau, mengkaji ulang, melakukan koreksi dan penyesuaian jika ditemukan penyimpangan dalam penerapan strategi.
  • Memperbaharui strategi sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Meninjau SWOT yang ada dalam organisasi yang bisa mempengaruhi bisnis.
  • Melakukan inovasi terhadap layanan maupun produk agar dapat selalu diterima diterima oleh konsumen.

Manfaat Manajemen Strategi

Manajemen Strategi Adalah
Manajemen strategi sangat diperlukan dalam bisnis baik untuk inovasi maupun untuk mengejar visi dan misi organisasi atau perusahaan. Beberapa manfaat manajemen strategi antara lain seperti :
  • Membantu menghasilkan keputusan yang terbaik bagi organisasi.
  • Membantu meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan.
  • Meningkatkan produktifitas dan motivasi kerja karyawan ketika mereka dilibatkan dalam merumuskan strategi, dimana mereka akan memahami strategi kerja yang diberikan dengan lebih baik.
  • Mencegah terjadi masalah baik dari dalam ataupun dari luar organisasi.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional sebuah organisasi.
  • Memudahkan organisasi untuk beradaptasi ketika terjadi perubahan.
  • Membuat organisasi untuk mendapatkan profit yang lebih tinggi.

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Bagi para pemula yang ingin memulai terjun dalam dunia bisnis, sebaiknya tidak mengabaikan tahapan awal dan dasar-dasar prinsip dalam bisnis. Tidak cukup hanya menetapkan sasaran, akan tetapi harus juga membuat strategi.

Adapun tahapan dalam proses menyusun manajemen strategis, antara lain :

1. Merumuskan Strategi

Organisasi melakukan pengembangan visi dan misi dan melakukan analisa terhadap SWOT, menetapkan tujuan jangka panjang organisasi dan membuat beberapa strategi alternatif lainnya.

2. Menerapkan Strategi

Strategi yang sudah kita tetapkan tadi diimplementasikan mulai dari perancangan struktur organisasi, distribusi sumber daya, pengembangan proses pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya manusia hingga usaha pemasaran. 

3. Mengevaluasi Strategi

Seiring berjalannya waktu, kondisi pasar akan berubah dan oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi secara berkala, untuk melihat faktor-faktor yang akan mempengaruhi perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

Kegiatan utama dalam evaluasi strategis, antara lain seperti :
  • Mengukur kinerja diwaktu yang sedang berjalan.
  • Melakukan perbaikan terhadap kinerja yang belum maksimal.
  • Mengkaji faktor internal dan eksternal yang menjadi landasan perumusan strategi.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Waktu

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif


Ada banyak cara untuk menyusun strategi bisnis agar dapat berkembang dengan baik, adapun cara tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kreatif

Dalam dunia bisnis, menjadi kreatif adalah sebuah penentu keberhasilan apalagi dalam menciptakan berbagai produk atau barang yang akan diproduksi. Keunikan dan kelebihan suatu produk atau jasa serta kebutuhannya dalam kehidupan masyarakat akan membantu menarik minat mereka untuk menggunakannya.

2. Berani Mengambil Resiko

Dunia bisnis adalah dunia yang keras dan tidak selalu berjalan mulus, oleh sebab itu dalam memulai suatu bisnis dibutuhkan karakter yang berani mengambil resiko. Tidak ada ruang bagi orang yang selalu bersikap ragu, akan tetapi sikap berani mengambil resiko tersebut juga harus dibarengi dengan bekerja keras agar usaha yang dijalankan bisa berhasil.

3. Berpikir Terbuka

Orang dengan pikiran terbuka cenderung mudah menerima masukan dari orang lain, baik itu bentuknya saran atau bahkan sebuah kritik yang keras. Orang dengan pikiran terbuka juga cenderung mudah melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Dengan berpikir terbuka, para pelaku bisnis bisa memiliki peluang lebih tinggi dalam menciptakan ide bisnis dan cenderung lebih baik dalam membaca peluang yang ada di depan mata.

4. Berpikir Kritis

Dengan berfikir kritis, maka kita akan dengan lebih mudah untuk dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi. Setelah mengetahui masalahnya, maka akan dicari solusi terbaik terhadap masalah tersebut tanpa memicu datangnya masalah yang lain.

5. Orisinil

Ciptakan produk yang dapat menjadi ciri khas dari bisnis yang geluti tanpa plagiat, agar menjadi pembeda terhadap produk lain dipasaran yang bisa meninggalkan kesan kepada konsumen.

Kesimpulannya adalah manajemen strategi dalam suatu bisnis berpengaruh sangat besar bagi sebuah bisnis yang kita kembangkan. Dan dengan strategi yang baik akan memaksimalkan keuntungan organisasi melalui kinerja yang efisien dan efektif.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian manajemen strategi, tujuan dan manfaatnya dalam dunia bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terutama mengenai istilah manajemen strategi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel