Pengertian Evaluasi Adalah : Arti, Tujuan, Fungsi dan Tahapan Evaluasi

Pengertian Evaluasi Adalah
Apa definisi evaluasi? Arti evaluasi adalah sebuah proses identifikasi untuk menilai tingkat pencapaian suatu program kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi atau perusahaan. Untuk penjelasan lengkapnya, mari kita baca pada artikel di bawah ini.


Pengertian Evaluasi

Pengertian evaluasi adalah kegiatan pengumpulan informasi untuk menilai hasil kerja dari suatu alat, suatu metode atau manusia, yang mana hasilnya akan menjadi parameter untuk mengambil keputusan untuk kegiatan selanjutnya.

Kegiatan evaluasi dilakukan biasanya dilakukan sebagai acuan untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok, maupun lingkungan kerja.

Beberapa informasi yang didapatkan dari proses evaluasi antara lain seperti :
  • Tingkat pencapaian suatu kegiatan yang sedang berjalan.
  • Masalah dan gangguan yang terjadi sejak awal hingga waktu evaluasi.
  • Hal yang harus dilakukan di masa mendatang untuk menghindari masalah dan menjaga produktivitas.

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu evaluasi, mari kita pendapat beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. A.D Rooijakkers

A.D Rooijakkers menjelaskan bahwa definisi evaluasi adalah suatu usaha dalam menentukan nilai, yang dilakukan secara khusus berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.

2. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

William A.Mehrens dan Irlin J. Lehmann menjelaskan bahwa arti evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.

3. Sajekti Rusi

Sajekti Rusi menjelaskan bahwa definisi evaluasi adalah proses menilai sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (penilaian).

4. Anne Anastasi

Anne Anastasi menjelaskan bahwa definisi evaluasi adalah proses penilaian yang dilakukan secara sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan instruksional dicapai oleh seseorang, sesuai dengan arah dan tujuan kegiatan tersebut.

5. Norman E. Gronlund

Norman E. Gronlund menjelaskan bahwa definisi evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai siswa

6. Abdul Basir

Abdul Basir menjelaskan bahwa arti evaluasi adalah proses pengumpulan data yang deskriptif, informative, prediktif, dilaksanakan secara sistematik dan bertahap untuk menentukan kebijaksanaan dalam usaha memperbaiki pendidikan.

7. Suharsimi Arikunto

Suharsimi Arikunto menjelaskan bahwa definisi evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.


Tujuan Evaluasi

Tujuan dilakukannya sebuah evaluasi adalah untuk menilai prestasi yang telah dan hendak dicapai. Adapun beberapa tujuan evaluasi secara lebih luas adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas suatu metode, media, dan sumber daya lainnya dalam melaksanakan suatu kegiatan.
  • Sebagai pengukur seberapa baik tingkat penguasaan seseorang terhadap kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Untuk mengetahui masalah saja yang dialami seseorang dalam kegiatannya supaya bisa dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan remedia teaching.
  • Sebagai umpan balik dan informasi penting bagi pelaksana evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan di masa mendatang.



Fungsi Evaluasi

Kegiatan evaluasi bermanfaat bagi pihak yang mengevaluasi maupun yang dievaluasi. Di bawah ini adlaah beberapa fungsi kegiatan evaluasi diantaranya :

1. Fungsi Selektif

Kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai metode penyeleksian seseorang untuk mengetahui kompetensi yang dimilikinya apakah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Contohnya seperti saat hendak menerima lamaran pekerjaan yang diajukan oleh seseorang, atau ketika memberikan promosi kenaikan jabatan pasti akan dinilai terlebih dahulu segala kelebihan maupun kekurangannya.

2. Fungsi Diagnosa

Kegiatan evaluasi digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seseorang dalam bidang kompetensi tertentu. Contohnya dalam menilai kelebihan dan kekurangan seorang siswa dalam bidang studi yang didapatkannya di sekolah.

3. Fungsi Penempatan

Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui posisi terbaik seseorang dalam suatu bidang tertentu. Contohnya ketika menempatkan seorang karyawan sesuai dengan bidangnya di dalam suatu perusahaan.

4. Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang dipakai, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

Tahapan Evaluasi

Tahapan-Thapan Dalam Evaluasi Adalah
Ada beberapa tahapan yang saling mendukung satu sama lain pada proses evaluasi, adapun tahapan-tahapan dalam kegiatan evaluasi antara lain seperti :

1. Menentukan topik evaluasi

Menentukan topik evaluasi dalam artian memilih topik apa saja yang akan dievaluasi, contohnya seperti terhadap rencana atau program kerja, hingga evaluasi hasil kerja.

2. Merancang kegiatan evaluasi

Merancang kegiatan evaluasi artinya mengatur proses evaluasi dan kegiatan evaluasi agar selama proses kedua hal tersebut tidak terjadi penyimpangan atau melewatkan hal-hal yang penting tanpa disengaja.

3. Pengumpulan data

Pengumpulan data artinya mencatat dan mengumpulkan seluruh informasi sesuai dengan perencanaan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah.

4. Pengolahan dan analisis data

Kegiatan pengolahan dan analisis data ini dilakukan dengan mengelompokkan data dan menentukan tolak ukur waktu sebagai hasil evaluasi. Pengelompokan data tersebut juga dilakukan untuk mempermudah proses analisis data yang ada.

5. Pelaporan hasil evaluasi

Yang terakhir adalah membuat laporan hasil evaluasi supaya diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan, dan menjadi acuan untuk proses kerja yang lebih baik kedepannya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian evaluasi, tujuan, fungsi dan tahapan-tahapan evaluasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca, terlebih mengenai istilah evaluasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel