Pengertian Seminar Adalah : Arti, Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi dan Pihak yang Terlibat Dalam Seminar

Arti Seminar Adalah
Apa yang dimaksud dengan seminar? Apa fungsi dan tujuan dari seminar? Arti seminar adalah pertemuan sekelompok orang yang dilakukan dengan pembahasan sebuah tema atau masalah untuk mendapatkan solusi ilmiah mengenai permasalahan tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita baca ringkasan di bawah ini.

Pengertian Seminar

Seminar adalah suatu pertemuan yang diikuti oleh sekelompok orang untuk membahas suatu topik tertentu dan mencari solusi mengenai suatu tema atau masalah dengan menghadirkan seorang mentor yang ahli dibidang tersebut untuk menjelaskan solusi masalah yang dibahas.

Dari segi etimologi kata, istilah seminar berasal dari bahasa Latin, yaitu seminarium yang artinya adalah tanah tempat menanan benih. Kalimat tersebut tidak untuk dipahami secara harafiah, melainkan sebuat bentuk kalimat konotasi, dimana artinya lebih kepada bentuk pengajaran akademis maupun pembentukan diri yang dilaksanakan oleh suatu komunitas maupun organisasi pendidikan.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa kegiatan seminar adalah pertemuan yang bersifat massal yang diselenggarakan dengan teknis tertentu yang sarat dengan pembelajaran dan di dalamnya terdapat  diskusi ilmiah yang berguna bagi banyak pihak.


Ciri-Ciri Seminar

Adanya banyak perbedaan antara seminar dengan kegiatan diskusi lainnya. Jika kita mengacu pada pengertian seminar, maka ciri-ciri kegiatan seminar antara lain adalah sebagai berikut :

1.  Bentuknya Forum

Berbentuk forum dalam artian terdapat seorang mentor sebagai pembicara utama, dan seorang moderator untuk membantu kelancaran seminar. Di dalamnya ada interaksi yang melibatkan sejumlah audiens agar terjadi terjadi komunikasi dua arah terhadap materi yang disampaikan, dan dilengkapi dengan sesi tanya jawab.

2. Mengacu Pada Makalah

Pembahasan tema dan materi seminar mengacu kepada kerja kerja yang disajikan oleh para pembicara, itulah sebabnya diharapkan penyaji sungguh-sungguh menyiapkan materi dengan sebaik-baiknya.

3. Isu Ilmiah Menjadi Topik Utama

Pada umumnya kegiatan seminar akan mengangkat isu ilmiah yang aktual sebagai bahan untuk didiskusikan, dan bukan sekadar isu atau hal yang remeh temeh.


Tujuan dan Fungsi Seminar

Tujuan utama dilangsungkannya kegiatan seminar adalah agar informasi maupun buah pikiran yang terbaru dapat tersampaikan kepada orang banyak. Sehingga informasi tersebut bisa dengan lebih mudah lagi dikembangkan kepada masyarakat yang lebih luas.

Fungsi seminar sudah jelas sebagai media untuk menyampaikan informasi yang bersifat ilmiah kepada khalayak, sehingga peserta seminar bisa menggunakan informasi tadi dalam penyelesaian permasalahan yang ada.

Beragam solusi akan disediakan kepada para peserta dimana peserta sendirilah yang akan mengaplikasikannya di dalam kehidupannya baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan akan lebih baik lagi jika informasi yang diketahui oleh peserta seminar tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk lingkungannya juga.

Semua kegiatan seminar yang dilakukan biasanya akan ditutup dengan sebuah kesimpulan terhadap permasalahan yang dibahas. Dan biasanya peserta kegiatan seminar akan mendapat sertifikat, sebagai bukti bahwa mereka telah memiliki ilmu dan pengetahuan baru di bidang tertentu.

Dimana sertifikat tersebut dapat dijadikan tambahan kualifikasi kompetensi seseorang dalam dunia kerja maupun profesional.


Pihak yang Terlibat Dalam Seminar

Keberhasilan dari berlangsungnya sebuah kegiatan seminar adalah berkat kerjasama dari beberapa pihak yang terlibat di dalamnya, adapun pihak-pihak yang terlibat dalam seminar antara lain seperti :

1. Pembawa Acara

Pembawa acara atau master of ceremony adalah pihak yang membuka seminar, memperkenalkan pembicara, moderator hingga notulen dan menutup kegiatan seminar.

2. Moderator;

Moderator adalah pihak yang bertanggungjawab terhadap proses berjalannya seminar dan mengatur agar seminar berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

3. Pembicara

Pembicara atau pemateri adalah pihak yang menyajikan materi seminar yang sesuai dengan keahliannya.

4. Audiens

Peserta seminar adalah pihak yang menerima presentasi materi seminar dan memberikan tanggapan mengenai isi materi tersebut.

5. Notulen

Notulen adalah pihak yang bertanggungjawab untuk mencatat dan merangkum hal-hal penting dalam pembahasan materi seminar.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian seminar, ciri-ciri seminar, tujuan dan fungsi seminar. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah seminar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel