Pengertian Kompetensi Adalah : Definisi, Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis dan Manfaat Kompetensi

Arti Kompetensi Adalah
Apa itu kompetensi? Apa saja jenis dan manfaat kompetensi? Arti kompetensi adalah sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan jabatan yang disandangnya. Untuk lebih memahami mengenai pengertian kompetensi, mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Kompetensi

Definisi kompetensi adalah sebuah kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya.

Atau bisa juga dikatakan bahwa arti kompentesi adalah keterampilan, pengetahuan, sikap dasar dan nilai yang terdapat dalam diri seseorang yang tercermin dari kemampuan berpikir dan bertindak secara konsisten.

Jadi tidak hanya mengenai pengetahuan atau kemampuan seseorang, akan tetapi kemauan untuk melakukan hal yang diketahuinya agar dapat bermanfaat. Seorang pakar bernama Jack Gordon pernah menjelaskan 6 aspek yang terkandung dalam konsep kompetensi, mulai dari pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap dan minat.

Dari segi etimologi kata, istilah “kompetensi” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “competence”  atau “competency” yang artinya kecakapan, kemampuan, dan wewenang.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, keterampilan dan kepribadian seseorang, untuk dapat meningkatkan kinerjanya dan menunjukkan peranannya bagi keberhasilan organisasinya.

Baca Juga : Manajemen Waktu

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Untuk dapat lebih memahami apa arti kompetensi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Anwar Prabu Mangkunegara

Anwar Mangkunegara menjelaskan bahwa pengertian kompetensi adalah suatu faktor mendasar yang ada pada seseorang yang memiliki kemampuan lebih dan membuatnya berbeda dengan orang lain dengan kemampuan rata-rata.

2. Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel

Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel menjelaskan bahwa kompetensi adalah suatu karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektivitas performa, yang dapat dilihat dari perilaku, cara berpikir, dan gaya bertindak.

3. Stephen Robbin

Stephen Robbin menjelaskan bahwa pengertian kompetensi adalah kapasitas seseorang dalam melakukan tugas atau pekerjaan, dimana kemampuan tersebut ditentukan oleh faktor intelektual dan fisik.

4. Sedarmayanti

Sedarmayanti menjelaskan bahwa definisi kompetensi adalah suatu karakteristik yang mendasari seseorang dan berhubungan dengan efektivitas kinerja individu dalam melakukan pekerjaannya.

5. UU No. 13 Tahun 2003

UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, berisi penjelasan bahwa kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Baca juga : Pengertian Bakat

Jenis-Jenis Kompetensi

Dibawah ini adalah jenis-jenis kompetensi yang dijabarkan oleh beberapa ahli, berikut adalah jenis-jenis beserta dengan penjelasannya :

1. Kunandar

Dalam buku yang ditulisnya, Kunandar menjelaskan bahwa kompetensi dapat dibagi menjadi 5 jenis, antara lain :

a. Kompetensi Intelektual
Kompetensi intielektual adalah perangkat pengetahuan yang dimiliki individu yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaannya.

b. Kompetensi Fisik
Kompetensi fisik adalah kemampuan fisik individu yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas dalam pekerjaannya.

c. Kompetensi Pribadi
Kompetensi pribadi adalah perangkat perilaku yang berhubungan dengan kemampuan individu dalam memahami diri, mewujudkan diri, identitas diri, dan transformasi diri.

d. Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah perangkat perilaku tertentu yang menjadi dasar pemahaman diri sebagai bagian dari lingkungan sosial.

e. Kompetensi Spiritual
Kompetensi spiritual adalah kemampuan individu dalam memahami, menghayati dan mengamalkan kaidah-kaidah keagamaan.

2. Charles E. Jhonson

Menurut Charles E. Jhonson kompetensi dibagi menjadi tiga bagian, antara lain :

a. Personal Competency
Personal Competency adalah kemampuan seseorang dalam hal yang berhubungan dengan perkembangan kepribadian seseorang.

b. Profesional Competency
Profesional Competency adalah kemampuan seseorang dalam melaksanaan dan menyelesaian tugas-tugas dalam pekerjaan.

c. Social Competency
Sosial competency adalah kemampuan seseorang untuk melakukan hubungan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer

Menurut Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer, kompetensi dibagi menjadi dua jenis, antara lain :

a. Threshold Competency
Threshold competency adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang dan menjadi karakteristik utamanya dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawab dalam pekerjaannya. Contohnya seperti kemampuan untuk membaca, menulis, berhitung dan lain sebagainya.

b. Differentiating Competency
Differentiating competency adalah kompetensi pembeda yang menjadi ciri khas sebuah individu dengan orang lainnya. Misalnya seseorang dengan etos kerja yang baik dengan kinerja yang tinggi, pasti akan mudah dibedakan dengan individu yang kinerjanya rendah atau pemalas.

Baca Juga : Manajemen SDM

Manfaat Kompetensi

Perusahaan besar di dunia pada umumnya menggunakan kompetensi sebagai dasar dalam merekrut tenaga kerja, agar dapat membedakan kelas dan posisi yang sebaiknya ditempati karyawan tersebut.

Adapun beberapa manfaat merekrut pekerja berkompeten adalah sebagai berikut :
  • Memaksimalkan produktivitas perusahaan.
  • Menjaga standar dan target kerja yang ingin dicapai oleh perusahaan.
  • Sebagai media untuk menyeleksi tenaga kerja yang potensial.
  • Untuk membantu pengembangan sistem remunerasi.
  • Membantu perusahaan untuk lebih mudah beradaptasi ketika terjadi perubahan-perubahan.
  • Memudahkan perusahaan untuk menyelaraskan perilaku kerja dengan nilai-nilai organisasi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, jenis dan manfaat kompetensi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah kompetensi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel