Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Organisasi

Arti Manajemen Organisasi Adalah
Apa yang dimaksud dengan manajemen organisasi? Apa saja tujuan dan fungsi manajemen organisasi? Arti manajemen organisasi adalah perencanaan dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk lebih jelasnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Organisasi

Pengertian manajemen organisasi adalah suatu proses perencanaan dan pengendalian sumber daya yang dimiliki oleh sebuah organisasi, yang digunakan seoptimal mungkin dengan tujuan untuk mencapai visi organisasi.

Visi dan target organisasi tersebut tentunya beragam, tergantung dibidang apa organisasi itu berjalan. Disini kita akan membahas manajemen organisasi yang berhubungan berkaitan dengan pengelolaan sumber daya di dalam bisnis atau perusahaan.

Dalam artian pengelolaan sumber daya manusia perusahaan, dalam hal ini adalah karyawan. Dimana dengan adanya manajemen organisasi, bisa membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif dan efisien, terlebih terutama dalam hal koordinasi antar departemen atau divisi.

Baca Juga : Pengertian Manajemen

Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli

Manajemen organisasi umumnya terfokus kepada metode yang dilakukan manajer dalam sebuah perusahaan, dalam memimpin dan mengelola sumber daya perusahaan untuk membentuk kerjasama dan koordinasi yang efektif antar tim.

Untuk lebih memahami definisi manajemen organisasi, mari kita lihat penjelasan dari beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Koontz dan O. Donnel

Koontz dan O. Donnel menjelaskan bahwa manajemen organisasi adalah semua aktivitas organisasi yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), dan mengawasi (Controlling).

2. Luther M Gulick

Luther M. Gulick menjelaskan bahwa manajemen organisasi adalah semua hal yang berkaitan dengan perencanaan, penyusunan anggaran, pengorganisasian, penempatan tenaga kerja, pengarahan penyelasaran hingga pelaporan.

3. George R. Terry

George R. Terry menjelaskan bahwa manajemen organisasi adalah sebuah aktivitas perencanaan , pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang bertujuan untuk mencapai target organisasi.

4. Henry Fayol

Henry Fayol menjelaskan bahwa manajemen organisasi adalah aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang mana kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk mencapai goal dari sebuah organisasi.

Bisa dikatakan bahwa secara garis besar definisi manajemen organisasi yang dijelaskan oleh para ahli di atas adalah sama, akan tetapi dalam pelaksaannya pasti akan jauh berbeda, terlebih dengan perbedaan visi dan misi dari organisasinya.

Baca juga : Manajemen Perusahaan


Tujuan Manajemen Organisasi

Target utama diterapkannya manajemen organisasi adalah untuk mengoptimalkan efektifitas dan efisiensi segala sumber daya yang ada dalam organisasi atau perusahaan dalam mencapai target perusahaan, supaya menjamin profitabilitas perusahaan untuk jangka panjang.

Tanpa adanya manajemen organisasi yang baik, akan berisiko terjadinya kemunduran profibilitas perusahaan hingga berujung pada perpecahan secara internal. Oleh sebab itu manajemen organisasi bukanlah sebuah hal yang bisa diremehkan dalam berbisnis.

Beberapa tujuan manajemen organisasi diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Membangun koordinasi yang baik antar personal maupun divisi.
  • Menciptakan suasana lingkungan kerja yang positif.
  • Membangun rasa tanggung jawab dalam pribadi setiap karyawan.
  • Membentuk etos kerja yang baik sekaligus kesatuan diantara karyawan.
  • Membantu perusahaan dalam mewujudkan cita-cita perusahaan.
Manajer bertanggungjawab untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki melalui perencanaan dan pengendalian yang tepat di tempat kerja, agar setiap anggota bisa menyadari peran dan tanggung jawabnya di dalam perusahaan.

Baca Juga : Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Organisasi

Sesuai dengan definisi manajemen organisasi yang sudah dijelaskan di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa fungsi manajemen organisasi adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Manajer bertindak sebagai perencana dan mempersiapkan kegiatan bisnis yang berkaitan dengan sumber daya, rencana kerja maupun anggaran. Perencanaan merupakan langkah yang penting untuk menentukan setiap keputusan yang akan diambil untuk masa depan sebuah organisasi.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Manajer bertangung jawab membuat kebijakan terkait penggunaan sumber daya demi mendapatkan kinerja yang terbaik dari karyawan. Misalnya seperti membuat kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan pemasaran untuk memotivasi sumber daya dari visi pemasaran.

3. Fungsi Kepegawaian (Staffing)

Sebuah organisasi dengan manajemen yang baik akan menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi. Salah satunya adalah melalui perekrutan anggota yang tepat sesuai dengan minat dan kompetensinya.

4. Fungsi Pengarahan (Directing)

Tugas utama seorang manajer pastinya adalah mengarahkan seluruh anggota tim bekerja sejalan dengan target atau tujuan perusahaan.

5. Fungsi Kontrol (Controling)

Manajer mengambil peran sebagai pengendali seluruh kegiatan yang melibatkan sumber daya, bilamana terjadi aktivitas atau tindakan yang dapat merugikan perusahaan, maka manajer berhak untuk mengambil keputusan terkait hal tersebut.

6. Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)

Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini berkaitan dengan cara kerja pegawai yang tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.

7. Fungsi Motivasi (Motivation)

Manajemen perusahaan juga berperan sebagai pemberi motivasi pada setiap anggota agar dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Metodenya bisa melalui pemberian penghargaan atas kinerja yang baik dari karyawan, baik dalam bentuk remunerasi atau sekadar dalam bentuk ucapan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian manajemen organisasi, tujuan dan fungsi manajemen organisasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah manajemen organisasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel