Pengertian Bangsa Adalah : Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsur Bangsa

Bangsa Adalah
Apa yang dimaksud dengan bangsa? Apa saja unsur pembentuk bangsa? Menjadi seorang warga negara di dalam sebuah negara artinya bertanggungjawab untuk menjalankan hukum di negara tersebut sekaligus mendahulukan kepentingan negara tersebut.

Begitu juga dengan kita yang menjadi warga negara Indonesia, maka kita wajib menjalankan hal yang sesuai dengan hukum dan konstitusi. Akan tetapi apakah kita sudah mengetahui arti dan definisi bangsa? Untuk lebih jelasnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Pengertian Filsafat

Pengertian Bangsa

Secara umum pengertian bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap secara nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, ideologi, budaya, sejarah, dan tujuan yang sama dalam suatu wilayah tertentu.

Pengertian bangsa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan dalam arti umum, dan menempati wilayah tertentu di muka bumi.

Ada juga yang mengatakan pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesamaan keturunan, bahasa, budaya, sejarah, ideologi, dan wilayah tertentu, serta memiliki kehendak untuk bersatu. Definisi bangsa berbeda dengan negara.

Kata bangsa akan merujuk kepada suatu kelompok karena adanya ras, adat istiadat, bahasa, dan agama yang menjadi faktor pembeda antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain. Sedangkan pengertian kata negara akan  lebih kepada wadah resmi yang menampung bangsa-bangsa tersebut.

Beberapa faktor pembentuk bangsa antara lain seperti :

1. Primordial

Primordial bisa dijabarkan sebagai ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa, dan adat istiadat.

2. Sakral

Sakral adalah adanya ikatan suci dan religi yang menjadi simbol keterkaitan bangsa, baik dalam lingkup budaya maupun agama.

3. Tokoh

Tokoh adalah orang-orang yang dijadikan panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.

4. Sejarah

Sejarah yang dimaksud adalah pengalaman atau cerita masa lalu bersama yang menjadi latar belakang terbentuknya sebuah visi dan misi.

5. Perkembangan Ekonomi

Perkembangan ekonomi adalah sebuah faktor penting, dimana beragam kebutuhan masyarakat akan membuat sesama masyarakat memiliki ketergantungan satu sama lain.


Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti bangsa, mari kita lihat pengertian bangsa menurut pandangan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Otto Van Bauer

Menurut Otto Van Bauer, definisi bangsa adalah suatu bentuk persatuan sekelompok manusia yang memiliki karakter atau perangai yang sama dan terbentuk karena adanya faktor perasaan senasib.

2. Benedict Anderson

Menurut Benedict Anderson, definisi bangsa adalah suatu komunitas politik yang berada di dalam suatu wilayah yang jelas batasnya dan memiliki kedaulatan.

3. Ernest Renant

Menurut Ernest Renant,  definisi bangsa adalah suatu kelompok manusia yang merasa dirinya bersatu karena adanya perasaan senasib dan sependeritaan di masa lalu, serta memiliki cita-cita yang sama tentang masa depan.

4. Hans Kohn

Menurut Hans Kohn, definisi bangsa adalah sekelompok manusia yang majemuk dan bersatu sebagai hasil proses perjuangan sejarah. Suatu bangsa terbentuk dan memiliki ciri khas, misalnya persamaan ras, bahasa, wilayah, adat istiadat, dan agama.

5. Friederich Ratzel

Menurut Friederich Ratzel, definisi bangsa adalah sekelompok manusia yang terbentuk karena adanya hasrat atau kemauan untuk bersatu yang timbul dari adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

6. Joseph Stalin

Menurut Joseph Stalin, definisi bangsa adalah suatu komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan wilayah, bahasa, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.

7. Anthony D. Smith

Menurut Anthony D. Smith, definisi bangsa adalah suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal, dan hak serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.

8. Kranenburg

Menurut Kranenburg, bangsa adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia pada negara.

9. Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, definisi bangsa adalah suatu persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yaitu terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan.

10. Soekarno

Menurut Soekarno, bangsa adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan ciri-ciri tertentu dan harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air.

Baca Juga : Pengertian Aturan

Unsur-Unsur Bangsa

Beberapa unsur-unsur yang turut jadi faktor terbentuknya suatu bangsa di wilayah tertentu antara lain seperti :
  • Adanya sekelompok manusia yang berada di dalam suatu wilayah tertentu.
  • Adanya keinginan yang sama untuk bersatu pada tiap anggota kelompok.
  • Adanya kehendak untuk membentuk pemerintahannya sendiri.
  • Adanya faktor psikologis yang membuat kelompok manusia tersebut memiliki perasaan senasib, seperjuangan serta memiliki tujuan dan cita-cita yang sama.
  • Adanya kesamaan budaya, bahasa, dan ciri khas lainnya yang membedakan dengan bangsa lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian bangsa, definisi bangsa menurut para ahli, serta unsur-unsur pendukung terbentuknya bangsa. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel