Manajemen Keuangan : Arti, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Manajemen Keuangan Adalah
Apa itu manajemen keuangan atau financial management? Arti manajemen keuangan adalah seluruh kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, mulai dari cara mendapatkan hingga cara penggunaannya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah kegiatan manajemen yang dilakukan dengan tujuan memaksimalkan pengelolaan dana maupun aset perusahaan, agar digunakan hanya untuk kegiatan yang membantu tercapainya tujuan utama perusahaan.

Dalam perusahaan, manajemen keuangan memiliki 3 aktivitas utama yang dilakukan oleh manajer keuangan, antara lain seperti perolehan dana, kegiatan untuk penggunaan dana dan pengelolaan aktiva.

Semua hal tadi erat kaitannya dengan sumber dana internal maupun eksternal perusahaan. Kepemilikan saham hingga modal kerja juga ada di dalam manajemen keuangan.


Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai pengertian manajemen keuangan, mari kita lihat definisi manajemen keuangan menurut pandangan para ahli berikut ini, diantaranya :

1. J. F. Bradley

J. F. Bradley menjelaskan, manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk mengelola penggunaan modal secara bijaksana, selektif, dan seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

2. Bambang Riyanto

Bambang Riyanto menjelaskan, pengertian manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, serta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

3. Agus Sartono

Agus Sartono menjelaskan, pengertian manajemen keuangan adalah semua yang berhubungan dengan pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau untuk pembelanjaan secara efisien.

4. Weston dan Copeland

Weston dan Copeland menjelaskan, pengertian manajemen keuangan adalah suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok manajemen keuangan yaitu menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian dividen pada suatu perusahaan.

5. Grestenberg

Grestenber menjelaskan, pengertian manajemen keuangan adalah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk mendapatkan dana, cara memperoleh dana, penggunaan dana tersebut, dan bagaimana bisnis didistribusikan.

6. J. L. Massie

J. L. Massie menjelaskan, pengertian manajemen keuangan adalah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien.


Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa manajemen keuangan adalah usaha dalam pengelolaan aset perusahaan, oleh sebab itu harus memiliki ruang lingkup khusus yang harus dipahami seorang manajer, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Keputusan Pendanaan

Segala bentuk kebijakan yang berkaitan dengan sumber dana seperti kebijakan untuk menerbitkan obligasi atau kebijakan untuk mencari hutang jangka pendek hingga jangka panjang. Dana yang dimaksud bisa bersumber dari internal perusahaan sendiri maupun dari eksternal.

2. Keputusan Investasi

Segala hal yang berhubungan dengan pembentukan kebijakan dalam penanaman modal seperti aktiva tetap, bisa berupa tanah, gedung maupun sarana prasarana perusahaan termasuk mesin produksi. Atau investasi yang dimaksud bisa juga dalam bentuk aktiva finansial seperti surat-surat berharga, saham dan obligasi.

3. Keputusan Pengelolaan Aset

Keputusan pengelolaan aet yaitu kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan aset secara efisien untuk mencapai visi atau tujuan perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bertanggungjawab dalam pengendalian aset-aset perusahaan terutama dalam bentuk dana, dan sejalan dengan hal tersebut, manajemen keuangan juga memiliki beberapa tujuan yang harus dicapai, antara lain seperti :

1. Memaksimalkan Keuntungan

Dengan memilih proses dan kebijakan yang tepat, manajemen keuangan diharapkan dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

2. Menjaga Arus Kas

Sudah bisa dipastikan bahwa setiap hari perusahaan akan mengeluarkan dana untuk biaya produksi, baik dari modal untuk pembelanjaan bahan baku, biaya sewa hingga upah kerja setiap anggota. Dan apabila tidak diawasi, bisa menimbulkan overbudget yang merugikan perusahaan. Oleh sebab itulah manajer keuangan berperan untuk menjaga arus kas (cash flow).

3. Mempersiapkan Struktur Modal

Menyeimbangkan antara pembiayaan yang dimiliki dengan dana yang dipinjam.

4. Memaksimalkan Pemanfaatan Keuangan Perusahaan

Manajer keuangan mengawasi penggunaan uang perusahaan, agar anggaran yang digunakan untuk kegiatan bisa digunakan sebaik-baiknya. Dan memangkas kegiatan-kegiatan yang dianggap tidak menguntungkan perusahaan, agar dana yang dimiliki dapat dialokasikan pada kegiatan yang lain.

5. Mengoptimalkan Kekayaan Perusahaan

Manajer keuangan berupaya untuk memberikan dividen semaksimal mungkin kepada pemegang saham dan berusaha untuk meningkatkan pasar saham karena berkaitan dengan kinerja perusahaan.

6. Meningkatkan Efisiensi

Manajer keuangan berupaya untuk meningkatkan efisiensi semua departemen dalam organisasi. Aliran dana yang tepat kepada semua titik akan berdampak dalam peningkatan efisiensi perusahaan.

7. Memastikan Kelangsungan Hidup Perusahaan

Kebeelangsungan perusahaan dalam persaingan bisnis yang kompetitif adalah peran penting dari bagian keuangan. Seluruh kebijakan maupun keputusan yang berhubungan dengan keuangan harus dilakukan dengan bijaksana dan hati-hati, sebab kesalahan pengelolaan keuangan dapat mengakibatkan kebangkrutan.

8. Mengurangi Resiko Operasional

Resiko ketidakpastian dalam dunia bisnis harus disikapi dengan keputusan yang tepat oleh manajer keuangan. Sebab dengan manajemen keuangan yang baik maka resiko operasional juga akan dapat diminimalisir.

9. Mengurangi Biaya Modal

Perencanaan struktur modal harus dibuat sedemikian rupa oleh manajer keuangan agar penggunaa biaya modal dapat diminimalisir.

Baca Juga : Manajemen Peusahaan

Fungsi Manajemen Keuangan

Keuangan adalah bagian terpenting, sekaligus yang paling riskan bagi suatu bisnis atau perusahaan. Untuk mampu bertahan dalam bidang finansial, diperlukan seorang manajer keuangan yang dapat mengelola dan mengendalikan keuangan perusahaan dengan baik.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi manajemen keuangan, diantaranya :

1. Perencanaan Keuangan dan Anggaran (Budgeting)

Segala kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan penggunaan anggaran dana perusahaan perlu di rencanakan dengan baik, agar kegiatan yang tidak menguntungkan perusahaan bisa dihapus.

Sehingga dana yang tersedia bisa bertambah untuk dialokasikan kepada kegiatan lainnya yang dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan.

2. Pengendalian (Controlling)

Setiap kegiatan yang sudah dijalankan akan dievaluasi keuangan, agar dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.

3. Pemeriksaan (Auditing)

Audit internal terkait keuangan perlu dilakukan agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.

4. Pelaporan (Reporting)

Dengan adanya manajamen keuangan, maka setiap tahunnya akan ada pelaporan keuangan yang berguna untuk menganalisis rasio laporan laba dan rugi perusahaan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian manajemen keuangan, berikut  fungsi, tujuan dan perannya dalam perusahaan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca agar lebih memahami mengenai pengertian  manajemen keuangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel