Manfaat Minum Air Putih Sesudah Bangun Tidur


Sebagian besar perempuan di Jepang memiliki tubuh yang lebih ideal, sehat, langsing, dan kencang dibanding perempuan di negara lain. Ini diduga berhubungan dengan kebiasaan atau gaya hidup yang mereka jalankan. Dan salah satunya yaitu rutin mengonsumsi air putih sesaat setelah bangun tidur.
Kebiasaan ini ternyata juga dapat menjauhkan seseorang dari obesitas dan diabetes.

Seberapa pentingkah mengonsumsi air putih?

Seberapa pentingkah mengonsumsi air putih?

Sekitar 70 persen bagian tubuh manusia terdiri dari air, dan saat kebutuhan air dalam tubuh belum terpenuhi, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Misalnya saja dehidrasi yang berkepanjangan yang dapat memicu rheumatoid arthritis, angina, migrain, kolitis, tuberkulosis paru, batu ginjal, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, sinusitis, hingga kanker Rahim.


Supaya tubuh terhindar dari sekian banyak penyakit serius tersebut, konsumsilah lebih banyak air putih agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

Bagaimana cara ideal untuk menerapkannya?

Mengonsumsi air putih sesaat sesudah bangun tidur merupakan gaya hidup sehat yang sudah dibuktikan dapat mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. 

Di bawah ini adalah hal yang bisa dilakukan agar tubuh bisa tetap terasa segar seharian :
  1. Konsumsi 4 gelas air putih (160ml/gelas) sesudah bangun tidur, sebelum menyikat gigi, dan dalam kondisi perut masih kosong.
  2. Tidak memakan apapun hingga 45 menit sesudahnya.
  3. Minumlah air putih 30 menit sebelum makan.
Jika tidak sanggup minum empat gelas air putih ketika perut kosong, maka bisa memulainya dengan satu gelas saja atau sebanyak yang yang dibutuhkan. Bisa secara bertahap meningkatkan asupan air hingga mencapai tingkat yang diinginkan sebesar 640 ml.

Apa saja manfaat minum air saat perut kosong?

Apa saja manfaat minum air saat perut kosong?

Dilansir dari laman Life Hack, ada 8 manfaat yang akan didapatkan tubuh saat meminum air putih ketika bangun tidur dan dalam kondisi perut masih kosong.

1. Membuang Racun Dalam Tubuh

Tubuh bekerja memperbaiki diri dan mengeluarkan racun pada saat tidur dimalan hari. Dan ketika minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, racun berbahaya tersebut akan dibersihkan melalui pencernaan dan akan membuat tubuh kembali segar dan sehat. Minum banyak air putih juga bisa membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

2. Membantu Metabolisme

Mengonsumsi air putih ketika perut kosong dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh hingga 24%. Hal tersebut sangat penting untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet ketat.

Saat tingkat metabolisme meningkat, artinya sistem pencernaan juga bekerja dengan lebih baik, lalu tubuh akan beradaptasi mengikuti rutinitas diet, hingga memudahkan sistem pencernaan tubuh agar lebih cepat menyerap nutrisi.

3. Menstabilkan Berat Badan

Mengonsumsi air putih di pagi hari saat perut kosong dapat melepaskan racun dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Maka tubuh akan merasa tidak terlalu lapar dan keinginan untuk makan juga berkurang. Hal tersebut akan mencegah kenaikan berat badan karena makan berlebih.

4. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan sering kali disebabkan karena meningkatnya keasaman di perut. Untuk penderita sakit maag biasanya dapat merasakan asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Akan tetapi ketika minum air putih saat perut kosong, asam tersebut dapat ditekan dan diencerkan sehingga dapat mencegah asam lambung naik.

5. Menyehatkan Kulit

Dehidrasi memicu kulit mengalami keriput secara dini, dan sebuah studi juga menjelaskan bahwa minum 500 ml air putih pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Minum lebih banyak air sepanjang hari dapat membuat tubuh semakin banyak mengeluarkan racun, yang berdampak akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

6. Membantu Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi juga berdampak serius pada pertumbuhan rambut. Mengonsumsi banyak air akan memberi nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar. Air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut.

Asupan air yang tidak sesuai kebutuhan tubuh dapat menyebabkan rambut rapuh dan membuat helai rambut tipis. Untuk meningkatkan kualitas rambut hingga tingkat yang lebih tinggi, maka harus mengonsumsi lebih banyak air setiap hari.

 7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Rutin konsumsi air putih setelah bangun tidur sangat baik untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Fakta tersebut benar menjelaskan bahwa minum air putih saat perut kosong dapat mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang dikonsumsi ( dalam batas yang sehat), maka semakin terlindungi juga diri kita dari berbagai infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.


8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kebiasaan meminum air putih saat perut kosong dapat menyeimbangkan sistem limfatik yang meningkatkan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat membuat tubuh aman dari berbagai penyakit dan menjauhkan penyakit.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat meminum air putih sesudah bangun tidur, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel