10+ Manfaat Pare untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Efek Sampingnya


Manfaat pare sering diabaikan oleh banyak orang karena sayuran ini rasanya pahit dan kurang disukai. Ada cukup banyak manfaat pare yang tidak kita ketahui, baik itu untuk untuk kesehatan maupun pemanfaatan pare untuk kecantikan.

Kebanyakan orang hanya melihat pare dari luarnya dan rasanya yang pahit, tapi untuk manfaatnya sangat jarang yang dapat menjelaskan khasiatnya. Mereka yang telah mengetahui manfaat pare dan terbiasa memakannya akan menganggap rasa pahit bukanlah masalah ketika mengkonsumsi sayuran ini.

Pare atau peria adalah jenis tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, khususnya yang berada di daerah India pada bagian barat, seperti Assam dan Burma. Sayuran yang termasuk dalam anggota cucurbitaceae atau suku labu-labuan banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran atau bahan pengobatan.

Perhatikan tabel kandungan sayur Pare berikut ini
KandunganNilai giziPersentase RDA
Energi17 Kcal<1%
Karbohidrat3.70 g3%
Protein1.00 g2%
Lemak total0,17 g0,5%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan2,80 g7%
Vitamin
Folat72 mcg18%
Niacin0,400 mg2,5%
Asam pantotenat0,212 mg4%
Pyridoxine0,043 mg3%
Riboflavin0,040 mg3%
Thiamin0,040 mg3,5%
Vitamin A471 IU16%
Vitamin C84 mg140%
Elektrolit
Sodium5 mg<1%
Kalium296 mg6%
Bahan galian
Kalsium19 mg2%
Tembaga0,034 mg4%
Besi0,43 mg5%
Magnesium17 mg4%
Manggan0,089 mg4%
Seng0,80 mg7%
Phyto-nutrisi
Karoten-ay190 mcg
Karoten-a185 g
Lutein-zeaxanthin170 mcg

*RDA adalah angka kecukupan gizi perhari

Baca juga: Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Pare untuk Kecantikan dan Kesehatan

Di balik rasanya yang pahit, ternyata sayur pare menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat pare untuk kecantikan dan kesehatan yang harus kamu ketahui:

1. Membantu Menghilangkan Jerawat

Pare mengandung betakaroten yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada wajah, misalnya jerawat.

Caranya adalah dengan menjadikan pare sebagai jus atau bisa juga dijadikan masker untuk perawatan wajah secara rutin.

2. Mengencangkan Kulit Wajah

Percaya atau tidak, ternyata pare dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan halus. Nutrisi yang terkandung dalam pare juga dipercaya dapat menghilangkan kerutan di wajah lho.

3. Menurunkan Berat Badan


Bagi kamu yang sedang diet ingin menurunkan berat badan, maka bisa memanfaatkan sayur pare. Pasalnya, sayur pare ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi namun rendah kalori sehingga cocok sekali dikonsumsi saat kamu sedang diet.

4. Menyuburkan dan Menghitamkan Rambut

Sayur pare juga bisa lho digunakan untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut secara alami. Hal ini karena pare mengandung vitamin C dan betakaroten yang baik untuk nutrisi kulit kepala.

Penggunaan pare untuk rambut biasanya dengan membuatnya menjadi jus dan dicampur dengan yogurt, lalu diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala.

5. Mencegah Penuan Dini

Sayur pare mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Kombinasi keduanya dapat menangkal radikal bebas dari luar dan melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat polusi dan sinar ultraviolet.

6. Obat Diabetes Tipe 2

Jus pare dipercaya sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Kandungan pare dapat membantu dalam pengendalian kadar gula dalam darah serta menyembuhkan resistensi insulin.

7. Regenerasi Hati

Sayuran Pare juga bisa membantu membersihkan hati. Kita tahu bahwa hati adalah organ yang membantu membersihkan tubuh dari racun sehingga sering terkontaminasi oleh racun.

Nah jika hati Anda penuh racun, maka Anda akan mengalami masalah kesehatan. Sayur pare terbukti dapat membersihkan hati dari racun dan membantu regenerasi sel hati.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Pare terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini kemudian mencegah arteri kamu menglami penyumbatan dan membantu menjaga kesehatan jantung untuk jangka panjang.

9. Manfaat Pare Sebagai Obat Cacing

Sayur pare punya khasiat untuk melancarkan pencernaan, menyembuhkan dispepsia, dan menyembuhkan konstipasi. Kandungan pare ini ternyata dapat juga bermanfaat sebagai obat cacing dengan efek anthihelmintik, khusus untuk melawan cacing nematode atau Caenorhabits Elegans.

Di negara lain seperti Tongo, sayur pare bahkan digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah saluran pencernaan yang diakibatkan oleh cacing tersebut.

10. Mengobati Gangguna Pernafasan

Sayur pare yang terkenal dengan rasanya yang pahit ternyata bisa menjadi obat yang baik untuk masalah gangguan pernafasan, misalnya asma, pilek, dan batuk.

11. Mencegah Kanker

Bila kamu rutin mengonsumsi sayur pare maka hal ini dapat mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh lho.

12. Membersihkan Darah

Jus pare mengandung anti-mikroba dan anti-oksidan yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti; masalah kulit, kelainan darah, mengeluarkan racun dalam darah, dan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

13. Membantu Menyembuhkan Luka

Pare sangat besar manfaatnya bagi darah manusia, bahkan dapat membantu mengendalikan peredaran dan pembekuan darah. Jika kamu rutin mengonsumsi pare maka proses penyembuhan luka di tubuh akan lebih cepat dan mencegah infeksi.

14. Mengatasi Infeksi Kulit

Buat kamu yang sering mengalami masalah infeksi jamur, misalnya eksim, kurap, dan lainnya, maka disarankan untuk rajin mengkonsumsi pare. Alasannya, pare dapat mengatasi masalah psoriasis dan masalah kulit lainnya.

15. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Kandung Kemih

Nutrisi yang terkandung dalam pare pahit ini juga bisa membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal kamu. Selain itu, pare juga mampu untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal lho.

Efek Samping Mengkonsumsi Pare

Ada banyak sekali manfaat pare untuk kecantikan dan kesehatan. Namun, pare juga bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Efek samping terlalu banyak mengkonsumsi pare pada masa kehamilan bisa mengakibatkan keguguran atau bayi lahir prematur. Sebaiknya ibu hamil menghindari pare selama masa kehamilan.

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah agar tetap stabil disarankan untuk mengkonsumsi pare karen pare bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi pare karena akan memberikan efek samping yaitu kadar gula darah yang terlalu rendah.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat pare untuk kecantikan dan kesehatan yang bisa kamu buktikan sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel