Mengapa Besi Bisa Berkarat, dan Apa Faktor Penyebab Besi Berkarat?


Selama ini pasti kamu bertanya-tanya, mengapa besi bisa berkarat, apa faktor penyebab besi berkarat, mengapa air hujan bisa menimbulkan karat pada besi, dan bagaimana cara melindungi besi dari karat? Di artikel ini akan dibahas secara ringkas tentang topik tersebut.

Ketika besi mengalami korosi maka warnanya akan berubah pada bagian permukaannya. Besi berkarat akan berwarna kuning kecokelatan dan mudah terkikis. Besi yang berkarat ini cenderung lebih lemah dibandingkan besi yang tidak berkarat.

Mengapa Besi Bisa Berkarat, dan Apa Penyebab Besi Berkarat?

Besi bisa berkarat karena mengalami korosi. Apa yang dimaksud dengan korosi?

Korosi adalah sebuah reaksi redoks yang terjadi antara logam dengan senyawa lain yang ada di sebuah lingkungan, misalnya air atau udara. Reaksi ini kemudian menghasilkan senyawa lain, yaitu oksida.
  • Besi (fe)
  • Air (h2o)
  • Oksigen (o2)
Karat atau korosi terjadi pada besi karena adanya reaksi kimia antara besi, air, dan oksigen. Reaksi ini kemudian membentuk oksida besi.

Beberapa peralatan yang terbuat dari logam besi, seperti pagar, pintu, jendela, dan lainnya yang terbuat dari besi, bisa mengalami korosi. Semua besi yang mengalami kontak langsung dengan udara dan air sangat beresiko mengalami korosi.

Proses korosi bisa terjadi lebih cepat bila ada unsur garam. Coba kamu perhatikan besi di sekitar pelabuhan yang terkena air garam, pasti rata-rata berkarat semua.

Proses korosi bisa terjadi lebih cepat bila ada unsur garam. Coba kamu perhatikan besi di sekitar pelabuhan yang terkena air garam, pasti rata-rata berkarat semua.

Bagaimana Cara Melindungi Besi dari Korosi

Selanjutnya kita akan bahas cara mencegah besi berkarat. Kita bisa melakukan beberapa tip mudah berikut ini:
  1. Cara pertama adalah melapisi besi dengan cat khusus. Namun, cat besi punya batasan sehingga pada usia tertentu besi yang dilapisi cat masih tetap bisa berkarat.
  2. Saat pembuatan logam di pabrik, bahan dasarnya dibuat dengan campuran homogen
  3. Mencampurkan besi dengan logam aktif, misalnya Magnesium (Mg). Cara ini biasanya agar Magnesium yang mengalami korosi. Biasanya cara seperti ini digunakan untuk mencegah korosi pada tiang listrik.
  4. Melapisi bagian luar besi dengan oli atau vaselin
  5. Memberikan lapisan timah pada bagian besi, ini disebut juga dengan proses elektro kimia
Nah, sekarang kamu Tahu mengapa besi bisa berkarat dan bagaimana cara mencegah terjadinya karat pada besi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel