Pengertian Aerasi Adalah : Tujuan, Metode dan Fungsi

Pengertian Aerasi Adalah
Apa yang dimaksud dengan aerasi? Bagaimana proses aerasi yang baik dan benar? Aerasi adalah sebuah kata yang tidak umum bagi kaum awam, padahal tanpa kita sadari sebetulnya hal yang berhubungan proses aerasi selalu ada di sekitar kita. Untuk itu kita akan membahas arti aerasi, agar informasi mengenai definisi aerasi dipahami oleh semua orang
.

Pengertian Aerasi

Secara umum pengertian aerasi adalah proses pengelolaan air dengan cara menghubungkannya dengan udara, dimana dalam prosesnya akan terjadi pembuangan zat yang kurang baik bagi tubuh dan menambahkan zat yang baik bagi tubuh.

Hal ini tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari, dimana air yang biasa kita konsumsi terkadang sudah melewati proses ini. Dengan metode aerasi ini, air minum yang sehat dan layak konsumsi akan kita dapatkan. 

Tujuan Aerasi

Ada banyak tujuan dari dilakukannya proses aerasi, diantaranya adalah untuk menghasilkan air minum dengan kualitas terbaik, sebab melalui aerasi kriteria air yang kita dapatkan akan berubah menjadi lebih baik, perbedaannya antara lain :

1. Jumlah Oksigen (O2) Meningkat.

Oksigen adalah salah satu zat didalam tubuh sangat diperlukan khususnya oleh sel tubuh agar dapat beroperasi dengan baik. Dan bisa dipastikan kekurangan dalam tubuh manusia oksigen sangat  fatal akibatnya bagi kesehatan.

2. Jumlah Karbon Dioksida (CO2) Berkurang

Dengan berkurangnya jumlah karbon di oksida dalam tubuh manusia bisa berpengaruh  baik untuk kesehatan tubuh. Karena karbon dioksida dalam jumlah besar pada akhirnya bisa membentuk kalsium karbonat yang kurang bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Menghilangkan Bau pada Air

Terkadang kita menemukan sesuatu yang membuat kita tidak nyaman terhadap air yang ada dirumah, yaitu air yang berbau. Adanya bau yang kita cium pada air dipengaruhi oleh tingginya kandungan methane dan hydrogen sulfide yang terkandung di dalamnya. Kedua zat tersebut mudah sekali menguap dan berdampak pada rasa serta bau air yang kita gunakan.

4. Menghilangkan Rasa Pahit Pada Air

Terkadang kita juga menemukan sebuah rasa dalam air yang ada di rumah kita. Sebut saja salah salah satunya rasa pahit, hal ini disebabkan oleh tingginya kadar zat besi dan mangan. Dan tidak cuma merubah rasanya, terkadang kita juga bisa menemukan adanya efek hitam pada pencucian beras dan pada baju. Hal ini juga dipicu dari tingginya kadar zat besi dan mangan dalam air.

Metode Aerasi 

Dari beberapa permasalahan yang kita bahas diatas kita memiliki solusi yang manfaatnya sekaligus untuk menyehatkan air yang kita konsumsi. Prosesnya disebut aerasi, yang dilakukan dengan dua cara, baik yang alami maupun buatan, penjelasannya antara lain :

1. Alami

Yaitu menggunakan oksigen bebas yang ada di udara, yang mana akan bereaksi dengan senyawa yang disebut ferus dan juga senyawa manganous. Keduanya senyawa ini akan berubah menjadi ferric maupun manganic oxides hydrates  yang sifatnya tidak mudah larut. Selanjutnya dihasilkan sedimentasi atau pengendapan dan juga filtrasi atau penyaringan untuk menghasilkan air yang bersih.

2. Buatan

Yaitu dengan menggunakan  bubble orator yang menghasilkan gelembung-gelembung udara. Alat yang digunakan biasa disebut aerator dan mudah ditemukan di toko-toko online.

Baik cara yang pertama maupun kedua nantinya akan menghasilkan air yang baik bahkan dengan kandungan oksigen mencapai 80 persen di dalamnya.

Setidaknya lima metode yang digunakan dalam melakukan proses aerasi ini, metode tersebut antara lain :
  • Waterfall aerator dengan media pipa berlubang.
  • Cascade aerator dengan media yang menyerupai tangga.
  • Multiple plat form aerator yang memanfaatkan media lempengan.
  • Spray aerator yang menggunakan media penyemprot dan lempengan.
  • Aerator gelembung udara yang menggunakan media bak berlubang di bagian bawahnya untuk kemudian di semprotkan udara ke atasnya.


Fungsi Aerasi

Fungsi Aerasi
Dibawah ini adalah beberapa fungsi proses aerasi secara umum, dalam pengolahan air yang layak konsumsi bagi kebutuhan manusia :
  • Sebagai pelarut oksigen ke dalam air secara langsung sehingga jumlah oksigen dalam air pun bertambah.
  • Membantu sirkulasi air maupun oksigen antara bagian atas air dengan bagian dasar air.
  • Mengurangi jumlah dari beragam zat yang tercemar yang terkandung di dalam air sehingga airnya kembali bersih dan sehat.


Sebagai kebutuhan utama dalam tubuh manusia, peranan air tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan bukan hanya itu saja, masih ada banyak peranan air dalam kehidupan sehari-hari baik seperti mandi, mencuci baju dan memasak. Air bersih dengan kandungan oksigen tinggi dan minim karbon dioksida adalah yang terbaik untuk semua kebutuhan manusia sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel