Pengertian Abrasi : Menurut Para Ahli, Penyebab Abrasi dan Cara Mencegahnya

Pengertian Abrasi
Apa yang dimaksud dengan Abrasi? Pengertian abrasi adalah pengikisan tanah yang terjadi didaerah pesisir pantai. Akan tetapi bagaimana proses ini terjadi? Apakah secara alami atau buatan manusia? apakah bisa dicegah atau tidak? Dibawah ini kita akan mengulas secara singkat mengenai Pengertian abrasi, penyebab dan pencegahannya.

Pengertian Abrasi

Mungkin kata abrasi sering kali terdengar, terlebih lagi pada saat disekolah, namun sebenarnya apakah definisi abrasi? Pengertian abrasi jika dilihat dari secara umum adalah suatu proses alam yang terjadi seperti pengikisan tanah yang terdapat di daerah-daerah pesisir pantai yang disebabkan langsung oleh ombak ataupun arus laut yang memang sifatnya merusak. 

Selain itu, kerusakan garis pantai seperti ini tentu dapat dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam yang terdapat di daerah pantai tersebut. Walaupun abrasi ini pada umumnya disebabkan oleh gejala alam, tetapi ada juga faktor lainnya yang bisa menyebabkan abrasi pantai yaitu perilaku manusia. 

Tak hanya itu saja, jika dikaitkan lebih sederhananya dimana abrasi tersebut merupakan pengikisan yang berada di daerah pantai yang memang disebabkan langsung oleh gelombang serta arus laut yang memiliki sifat merusak atau destruktif.

Selanjutnya dengan adanya pengikisan seperti ini tentu nantinya akan menyebabkan berkurangnya garis atau area pantai yang mana wilayah terdekat dengan air laut akan menjadi sasaran pengikisan tersebut. Oleh karena itu, jika dibiarkan begitu saja dan terus mengikis bagian daerah pantai maka air laut tersebut bisa saja membanjiri daerah yang ada di sekitaran pantai tersebut.

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli
Ada banyak definisi atau pengertian abrasi menurut pandangan para ahli, meskipun bermacam-macam akan tetapi pengertiannya secara umum tidak jauh berbeda. beberapa pengertian abrasi antara lain :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Abrasi merupakan pengikisan batuan oleh angin, air, atau es yang mengandung bahan yang sifatnya merusak.

2. Aditya Pebriansyah

Aditya Pebriansyah menjelaskan bahwa Abrasi merupakan proses pengikisan tanah yang disebabkan oleh hantaman gelombang laut, air sungai, gletser, atau angin yang ada di sekitarnya.

3. Undang-Undang No. 24 Tahun 2007

Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2007, Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang sifatnya merusak, yang dipicu oleh terganggu keseimbangan alam di daerah tersebut.


Faktor Penyebab Terjadinya Abrasi

Selain membahas mengenai pengertian dari abrasi, maka selanjutnya kita juga membahas faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya abrasi. Dibawah ini adalah beberapa faktor beserta penjelasannya bagaimana bisa abrasi terjadi, diantaranya : 

Faktor Alam

Penyebab faktor utama terjadinya abrasi yaitu disebabkan oleh faktor alam. Dimana faktor alam ini yang terjadi tentu disebabkan oleh adanya pasang surut air laut, gelombang laut yang tinggi, angin diatas lautan hingga arus laut sehingga hal seperti ini tentu akan dapat merusak area pantai tersebut.

Hal-hal seperti ini tentu tidak bisa dihindari karena memang laut tersebut memiliki siklusnya tersendiri. Mengapa demikian? karena memang di suatu periode akan ada angin yang bertiup sangat kencang sehingga hal ini bisa menghasilkan adanya gelombang dan juga arus laut yang besar yang nantinya bisa menyebabkan pengikisan di area pantai atau laut tersebut.

Faktor Manusia

Tak hanya disebabkan oleh faktor alam saja melainkan abrasi ini terjadi juga bisa disebabkan oleh beberapa perilaku manusia salah satunya yaitu dengan adanya ketidakseimbangan ekosistem laut sehingga terjadinya eksploitasi besar-besaran yang memang dilakukan langsung oleh manusia terhadap apa yang ada di pantai tersebut misalnya seperti terumbu karang, ikan dan juga biota laut lainnya.
Hal seperti ini tentu akan berdampak tidak baik, dimana apabila nantinya terjadi arus ataupun gelombang yang besar maka bisa saja langsung akan mengarah ke pantai sehingga bisa menimbulkan yang namanya abrasi.


Cara Mencegah Terjadinya Abrasi

Hutan Bakau Mencegah Abrasi

Tidak ada yang menginginkan abrasi terjadi, itulah sebabnya para pecinta alam meneliti dan menemukan beberapa langkah yang baik sebagai cara mencegah terjadinya abrasi. Cara-cara yang dimaksud antara lain :
  • Menanam pohon bakau di area pantai.
  • Memelihara terumbu karang, karena terumbu karang memiliki fungsi sebagai salah satu pemecah gelombang.
  • Melarang para manusia untuk melakukan penambangan pasir di daerah pantai tersebut.

Jadi, itulah beberapa informasi singkat yang bisa kita pelajari mengenai abrasi baik pengertian abrasi, penyebab hingga kepada cara mencegahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel