Pengertian Absolut : Arti, Contoh Penggunaan dan Kutipan dengan Istilah Absolut

Apa yang dimaksud dengan absolut? Absolut merupakan kata yang umum, namun jarang digunakan, bisa karena tidak kita mengerti maknanya atau terkadang sering di salah artikan. Padahal pengertian absolut sejatinya adalah mutlak.

Pengertian Absolut

Jika pengertian absolut ingin dijelaskan dalam satu kata, maka artinya adalah mutlak. Arti mutlak inilah yang paling dipergunakan sehari-hari oleh kebanyakan orang.

Akan tetapi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia masih ada lagi makna dari kata absolut tersebut, antara lain adalah tidak terbatas dan sepenuhnya dan tanpa syarat, dan nyata atau tidak dapat diragukan lagi, selain dimaknai sebagai mutlak.

Keseluruhannya itu sebenarnya sangat tergantung pada konteks kalimatnya, jadi tidak bisa diartikan sebagai satu kata yang berdiri sendiri saja, untuk memahami maknanya yang paling tepat.

Contoh Penggunaan Kata Absolut

Istilah atau kata absolut tersebut akan lebih sering muncul dan akan lebih sering kita jumpai dan umumnya akan lebih banyak dipergunakan dalam ilmu politik dan ilmu ekonomi. Guna mengetahui mengenai makna kata absolut tersebut dengan secara lebih tepat maka berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan dalam kalimat dan pengertiannya.

Kekuasaan Absolut

Ilustrasi Kekuasaan Absolut Kaisar Nero

Makna dari kalimat kekuatan absolut itu adalah kekuasaan yang mutlak dan tanpa batas. Jadi makna kata mutlak pada kalimat ini bisa diartikan sebagai mutlak dan tanpa batas, atau jika merujuk pada KKBI maka makna kalimat itu bisa kita artikan sebagai kekuasaan yang nyata, atau kekuasaan yang tanpa syarat, atau kekuasaan yang tidak diragukan lagi, selain dimaknai sebagai kekuasaan yang mutlak dan kekuasaan yang tidak terbatas atau kekuasaan yang sepenuhnya.

Permintaan Absolut

Hasil Pertanian sebagai Kebutuhan Absolut Masyarakat
Istilah permintaan absolut ini masuk ke dalam ranah istilah ekonomi, yakni untuk menyebut suatu jenis permintaan yang tanpa disertai dengan daya beli. Jadi tidak bisa jika kita artikan begitu saja, secara serta merta, kalimat atau istilah permintaan absolut itu sebagai permintaan yang tidak terbatas, atau permintaan yang mutlak, atau permintaan sepenuhnya, atau permintaan tanpa batas, atau permintaan yang nyata atau permintaan yang tanpa syarat, atau permintaan yang tidak dapat diragukan lagi.

Hal ini karena bisa menimbulkan salah arti dan bias pemaknaannya akibat definisi katanya yang sedikit bergeser atau agak berbeda. Misalnya seperti jika permintaan absolut mau diartikan sebagai permintaan yang nyata, maka hal ini menjadi kurang tepat, karena permintaan yang nyata dalam ilmu ekonomi itu adalah merupakan permintaan yang didukung oleh daya beli, sedangkan makna dari kalimat atau istilah dari permintaan absolut itu justru adalah permintaan yang tidak disertai atau tidak didukung dengan daya beli.

Juga jika istilah permintaan absolut tersebut jika mau secara serta merta diartikan sebagai permintaan yang tidak terbatas misalnya, maka ini juga menjadi kurang tepat dan bisa menimbulkan salah penafsiran, karena makna permintaan absolut itu justru adalah permintaan yang terbatasi oleh ketidakadaan daya beli.

Demikian pula jika kalimat atau istilah permintaan absolut mau secara merta diartikan sebagai permintaan yang tanpa syarat, karena maksud dari kalimat atau istilah permintaan absolut itu adalah suatu jenis permintaan yang disertai dengan syarat tertentu, yakni berupa ketidakadaan daya beli. Jadi bukannya permintaan yang tanpa syarat, sebenarnya.

Kutipan Dengan Istilah Absolut

Berikut ini adalah kutipan kata-kata bijaksana dari beberapa tokoh dengan menggunakan kata absolut, diantaranya  :

Paulo Coelho 

  • Tak pernah ada hak yang absolut; mereka bersandar pada persepsi tiap-tiap individu. Dan cara terbaik untuk mengetahui siapa kita kadang adalah dengan dengan mencari tahu bagaimana orang lain memandang kita.

Najwa Shihab

  • Kebenaran guru bukan hal yang absolut, karena murid bukan kerbau yang harus serba nurut. 
  • Tidak gampang marah karena publik rajin menuntut, bekerja dengan dedikasi yang absolut. 

Paul Brulat

  • Individualisme yang menang dan terdorong ke konsekuensinya yang terakhir membuat penyesalan monarki absolut, karena kebebasan yang hanya menguntungkan yang kuat adalah tirani terburuk. 

Alec Waugh


  • Jika kita tahu di mana opini berakhir dan fakta dimulai, kita seharusnya menemukan, saya kira, yang absolut. 

tidak terbatas dan sepenuhnya dan tanpa syarat, dan nyata atau tidak dapat diragukan lagi, selain dimaknai sebagai mutlak, kira-kira itulah penjelasan mengenai pengertian absolut secara umum, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel