Pengertian Adaptasi Adalah : Tujuan dan Macam-Macam Adaptasi

Pengertian Adaptasi Adalah
Apa arti adaptasi? Secara umum pengertian adaptasi adalah cara bagaimana suatu organisme menyesuaikan diri untuk mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya. Adaptasi merupakan hal alamiah yang dimiliki oleh semua makhluk hidup untuk bertahan dengan lingkungannya.

Kata adaptasi merupakan kata yang sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Oleh sebab itu rasanya aneh jika kita tidak mengetahui pengertian adaptasi secara mendalam. Dibawah ini kita akan membahas definisi adaptasi dan jenis-jenisnya.

Pengertian Adaptasi

Adaptasi adalah penenyesuaian diri, yaitu hal alamiah yang dimiliki oleh semua makhluk hidup untuk bertahan dengan baik dalam lingkungan hidup atau habitatnya. Adaptasi dilakukan makhluk hidup agar dapat mengatasi tekanan-tekanan dari lingkungannya dengan tujuan untuk bisa mempertahankan hidupnya.

Karena setiap makhluk hidup memiliki bentuk dan juga karakteristik yang berbeda-beda, tentunya penyesuaian diri tersebut harus dilakukan dengan baik terhadap lingkungannya.

makhluk hidup yang sudah terbiasa dengan lingkungan atau tempat tinggalnya akan kesulitan apabila berada ditempat lain, akan tetapi akan secara natural melakukan adaptasi dilingkungan yang baru. 

Berbeda dengan manusia yang memiliki pikiran dan akal sehat, adapatasi yang dilakukan manusia akan lebih baik karena banyak pertimbangan atau perhitungan. Penyesuaian diri yang dilakukan manusia pada umumnya juga akan mempengaruhi lingkungan sekitarnya juga. 

Tujuan Dari Adaptasi

Ada beberapa tujuan dapi proses adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup, beberapa diantaranya yaitu :
  • Melindungi diri dari musuh-musuh maupun predator yang ada di dalam habitat atau lingkungan hidupnya.
  • Sebagai cara untuk tetap dapat berkembang biak dan menjaga kelestarian spesiesnya.
  • Sebagai salah satu cara mendapatkan makan.
  • Sebagai solusi untuk bertahan hidup dari perubahan iklim dilingkungan sekitarnya.


Macam-Macam Adaptasi


Adaptasi juga banyak ragamnya, kira-kira ada 3 macam adaptasi yang bisa kita ulas secara singkat, sebagai tambahan informasi untuk kita, diantaranya adalah :

1. Adaptasi Morfologi

Burung Finch di Kepulauan Galapagos
Adaptasi morfologi adalah suatu penyesuaian bentuk tubuh pada makhluk hidup ataupun mengenai alat-alat tubuh pada makhluk hidup terhadap lingkungan sekitar ataupun tempat tinggalnya. Misalnya pada ukuran, bentuk dan ketebalan paruh burung, dimana pada tiga hal tersebut paruh burung tentu akan bermacam-macam ukuran, bentuk dan ketebalannya. 

Perbedaannya tiga hal tersebut pastinya tergantung kepada cara hidup serta jenis makanannya, dan perubahan yang dilakukan juga memakan waktu yang cukup panjang.

2. Adaptasi Tingkah Laku

Bunglon Beradaptasi dengan Merubah Warna
Adaptasi tingkah laku adalah adaptasi dimana makhluk hidup melakukan perubahan perilaku secara langsung, sebagai respon terhadap apa yang terjadi dalam lingkungannya.

Sebagai contoh yaitu bunglon yang melakukan mimikri atau disebut juga dengan mengubah warna kulitnya yang dapat disesuaikan langsung dengan lingkungannya. Atau gurita laut yang merubah warna tubuhnya menjadi seperti warna trumbu karang atau pasir, untuk melindungi dirinya dari musuh ataupun ketika ada bahaya yang mengancam.

3. Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian sebuah fungsi kerja yang terjadi pada bagian organ-organ yang ada di dalam tubuh dan berhubungan langsung dengan lingkungan atau tempat tinggal makhluk hidup itu sendiri.

Sulit untuk mengamati adaptasi fisiologi dengan baik, karena perubahannya sering kali hanya pada fungsi organ dalam tubuh dan bukan pada bentuk atau warnanya.

Burung Hantu
Contoh yang bisa kita lihat untuk adaptasi fisiologi adalah pada burung hantu. Dimana burung hantu memiliki penglihatan yang sangat tajam dan jelas pada siang maupun malam hari, bahkan tidak mengurangi ketajaman matanya ketika melihat pada malam hari.

Atau pada jenis cacing teredo yang menghasilkan enzim selulase, yang digunakan untuk mencerna kayu yang dimakannya.

Demikianlah Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian adaptasi, tujuan dan macam-macam adaptasi yang dilakukan oleh mahluk hidup. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel