Pengertian Afeksi Adalah : Pandangan Para Ahli dan Fungsi Afeksi Dalam Keluarga

Pengertian Afeksi adalah
Apa yang dimaksud dengan afeksi? Sebenarnya apa defisini afeksi tersebut? Bagi yang membutuhkan informasi mengenai afeksi, maka disini kita bisa menemukan jawabannya.

Afeksi adalah suatu kebutuhan manusia sehingga bisa mendapatkan sebuah respon yang baik dan mendapatkan perlakuan yang baik pula dari orang lain. Jika masih kurang jelas mari kita ulas pengertian afeksi ini secara lebih mendetail.

Pengertian Afeksi

Arti afeksi adalah suatu bentuk kebutuhan akan cinta dan juga kasih sayang yang nantinya terdapat unsur-unsur memberi dan menerima. Dan pengertian afeksi dalam ilmu psikologi merupakan salah satu sikap yang timbul oleh adanya faktor eksternal, jadi bisa dikatakan afeksi bukanlah bawaan dari sejak lahir.

Faktor eksternal yang dimaksud bisa meliputi hal-hal seperti pengalaman atau situasi yang pernah terjadi khususnya dengan orang lain. Jadi bisa disimplakan bahawa secara tidak langsung afeksi bisa terjadi diakibatkan karena adanya interaksi dengan orang lain. 

Contoh yang paling dekat dan mudah untuk ditemukan adalah seperti kasih sayang yang diberikan langsung oleh ibu untuk anaknya. Dimana kasih sayang tersebut terlihat melibatkan emosi kedua belah pihak dan tentunya sangat lembut.

Atau bisa kita lihat juga contoh lainnya yaitu kasih sayang yang ditujukan langsung antara suami dan istri, antar kakak beradik hingga antar sahabat. Afeksi selalu berhubungan langsung dalam kehidupan manusia khususnya dalam setiap kegiatan yang dilakukan sehari-hari. 

Afeksi bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting dalam hidup manusia. Sebab jika tidak ada afeksi tentu manusia akan sangat sulit untuk bertahan dengan lingkungannya karena tidak memiliki mental yang baik.

Dengan adanya afeksi, manusia jadi mampu menjalankan hari-harinya dengan lebih baik. Dan dengan dipupuknya afeksi maka akan lahir pula perasaan simpati. Bersamaan dengan adanya perasaan simpati seperti ini, maka setiap hal yang dilakukan oleh tiap individu akan bernilai positif. Hingga akhirnya hubungan yang terjalin antar individu akan menjadi baik, dan hal-hal yang dilakukan bersama dimasa akan datang akan lebih mudah. 

Pengertian Afeksi Menurut Para Ahli

1. Wilikie

Menurut Wilikie afeksi merupakan suatu sikap yang ditunjukkan antar manusia, misalnya pada saat penggunaan emosi dan perasaan pada saat konsumen akan melakukan keputusan pembelian.

2. Peter dan Olson

Menurut peter dan Olson pengertian afeksi adalah tanggapan-tanggapan efektif beragam dalam penilaian positif atau negatif, menyenangkan atau tidak menyenangkan dan dalam intensitas atau tingkat pergerakan badan.

Contoh tindakan efeksi yang melibatkan emosi yang lumayan gencar adalah ketika sedang jatuh cinta atau saat sedang marah, saat putus asa atau frustasi, saat gundah hingga tenggelam dalam kekebosanan.

3. Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian afeksi adalah persaaan tentang kasih sayang, dan perasaan emosi yang lunak.


Fungsi Afeksi Dalam Keluarga

Seperti yang kita lihat, bahwa afeksi memang merupakan suatu hal yang begitu penting di dalam kehidupan manusia. Salah satunya  adalah peranan afeksi dalam keluarga, dibawah ini bisa kita lihat peran afeksi bagi keluarga, diantaranya : 

1. Mempererat Hubungan Keluarga

Dengan adanya afeksi maka hubungan keluarga kita bisa menjadi lebih baik dan lebih erat. Sebab pasalnya hal ini berpengaruh langsung dengan perilaku dari keluarga tersebut dan bisa membuat setiap anggota keluarga menjadi lebih terbuka satu sama lain.

Akan tetapi jika memang sudah saling terbuka satu sama lain dan menunjukan kasih sayang di dalam keluarga, tentunya hal tersebut akan menjadi lebih baik lagi sebab dapat mempererat hubungan keluarga menjadi lebih baiik lagi.

2. Membagi Kasih Sayang

Sudah dijelaskan diatas tentang pengertian afeksi yang merupakan sebuah kasih sayang. Dengan adanya afeksi, rasa kasih sayang semakin bisa dibagikan serta dirasakan oleh setiap keluarga. 

Seperti contoh sebelumnya yaitu kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya, antar pasangan suami istri maupun antar kakak beradik.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian afeksi, pandangan para ahli dan peran afeksi dalam keluarga. Semoga artikel ini bisa menambah pengertahuan dan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel