Pengertian Afiliasi Adalah : Manfaat Afiliasi Dalam Bisnis

Apa yang dimaksud dengan afiliasi? Bagi kita yang bekerja didalam dunia bisnis, afilisiasi merupakan kata yang sering terdengar ditelinga kita. Nah sebetulnya apa definisi dari afiliasi? Apa manfaat afiliasi dalam dunia bisnis? Jika kamu penasaran, yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Afiliasi

Afiliasi adalah cara pengembangan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah, sehingga kedua belah pihak dapat memperoleh keuntungan sesuai kesepakatan yang telah dibuat bersama.

Sosialisasi tersebut dapat dilakukan oleh segala jenis pelaku bisnis, baik oleh individu, badan usaha maupun organisasi.

Pengertian Afiliasi Adalah
Atau jika diterjemahkan dengan sederhana pengertian afiliasi yaitu sebuah teknik marketing yang menerapkan sistem kerja sama antara penjual dengan pemasar melalui web pemasaran. Dalam praktiknya pemasar akan mendapatkan sebuah link khusus untuk tracking atau pelacakan.

Supaya setiap transaksi yang datang dari pemasar akan diketahui oleh sistem afiliasi penjual. Pada akhirnya pemasar akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan barang, jikalau memenuhi kriteria dari afiliasi yang telah ditentukan dan begitu pula sebaliknya, dan pada umumnya komisi yang diambil dari persentase barang yang terjual terbilang cukup tinggi.

Seorang ahli bernama Neil Pattel pernah berkata bahwa bisnis afiliasi merupakan proses mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk seseorang atau suatu perusahaan. Kita temukan produk yang kita suka, bantu promosikan, dan kita juga akan mendapat persenan profit dari tiap transaksi yang berhasil melalui link kita tadi.

Manfaat Afiliasi

Dengan pengertian afiliasi yang sedikit rumit tersebut, sebenarnya apa sih manfaat dari penggunaan sistem afiliasi dalam mengembangkan sebuah bisnis? Kenyataannya sistem afiliasi tidak serumit pengertiannya dan sangat menguntungkan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat atau keuntungan dari penggunaan sistem afiliasi dalam dunia bisnis, diantaranya :

1. Promosi Produk Lebih Luas

Penggunaan sistem afiliasi mempermudah kita untuk mempromosikan barang karena dengan menggunakan sistem afiliasi, kita akan memperoleh jaringan promosi yang luas.

2. Menekan Biaya produksi

banyak orang yang enggan membuat produk sendiri karena tingginya biaya pengembangan dan pembuatan sebuah produk baru. Akan tetapi dengan sistem afiliasi biaya produksi tidak menjadi masalah lagi, sebab produknya sudah terbukti ada dan sudah dikembangkan.

3. Hemat Tenaga Kerja

Dengan sistem afiliasi yang bekerja dengan basis web, kita tidak perlu lagi tambahan karyawan maupun sales berpengalaman.

4. Bebas Biaya Lisensi

Untuk menjadi sebuah distributor, ada biaya lisensi yang harus kita bayarkan agar produk kita bisa dipasarkan di area tertentu (sesuai aturan regional). Akan tetapi dengan sistem afiliasi kita tidak perlu membayar biaya lisensi dan area yang menjadi target pemasaran pun menjadi tidak terbatas.

5. Dapat Menjual Semua Produk

Dalam dunia online baik di negara berkembang maupun negara maju dan modern, produk apapun dapat diperjualbelikan secara online. Oleh sebab itu sistem afiliasi juga dapat menjual apapun, sebab produk dijual secara adalah secara online.

6. Tidak Perlu Gudang Stok Barang

Dengan sistem afiliasi dan bertanggungjawab sebagai seorang pemasar, kita tidak perlu bingung dengan tempat stok barang. Terlebih jika kita menjual barang dengan ukuran yang besar seperti furnitur, sebab dengan sistem afiliasi kita hanya perlu memasarkan produknya saja dan tidak memerlukan stok barang untuk berjualan.

7. Tidak Perlu Memproses Order Secara Keseluruhan

Dengan sistem afiliasi kita tidak perlu memproses order mulai dari menerima pesanan hingga ke pengiriman, sebab yang menghandle seluruh pekerjaan adalah merchant. Kita tidak perlu mempersiapkan barang, packing hingga proses dan biaya pengiriman.

8. Menghasilkan Uang Meski Sedang Tidur

Dengan sistem afiliasi, kita bisa beroperasi selama 24 jam penuh dalam satu hari. Baik dalam keadaan bangun maupun saat kita sedang tidur, selama sistem berjalan dan melakukan pemasaran, kita tetap dapat menghasilkan uang.

9. Dapat Dikerjakan di Manapun

Program afiliasi memungkinkan kita untuk bekerja di mana pun kita mau, baik ketika kita sedang di rumah, di kantor, di kafe, atau bahkan saat liburan. Sistem afiliasi ini sangat cocok bagi kita yang ingin bekerja secara fleksibel, baik dari segi tempat maupun waktu. 

10. Potensi Penghasilan Besar Dengan Risiko yang Sangat Kecil

Dengan sistem afiliasi, potensi pendapatan yang akan kita terima tergantung dari kerja keras untuk mencapai impian kita. Sebab tidak sedikit orang atau organisasi yang dengan program afiliasi ini dapat menghasilkan ribuan dollar hingga miliaran rupiah per bulan.

Selain itu dengan sistem afiliasi, risiko yang kita dapatkan sebagai seorang pemasar sangat rendah. Dan jikalau produk yang kita promosikan kurang peminat, kita bisa langsung mengganti dengan produk lain.

Apalagi tidak ada kontrak yang mengharuskan kita menjual beberapa produk tertentu. Jadi itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan manfaat afiliasi, semoga artikel ini bisa menambah pengertahuan dan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel