Pengertian Afirmasi Adalah : Manfaat Afirmasi dan Contohnya

Pengertian Afirmasi Adalah
Apa arti afirmasi? Apa manfaat dan bagaimana contoh dari afirmasi? Afirmasi merupakan kata yang sering ditemukan oleh mahasiswa psikologi, sebab afirmasi ialah hal yang berhubungan dengan pemberdayaan diri. Sedangkan orang awam akan sedikit bertanya-tanya mengenai definisi afirmasi. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat pengertian afirmasi, manfaat dan contohnya pada artikel dibawah ini.

Pengertian Afirmasi

Jika diterjemahkan secara sederhana, pengertian afirmasi adalah suatu bentuk penegasan yang dilakukan terhadap diri sendiri yang memiliki sifat positif. Prosesnya adalah dengan menggunakan sebuah kata-kata yang positif yang menjadi stimulan bagi otak kita, dan secara tidak langsung akan mendoktrin kita dengan positif sehingga nantinya sudut pandang untuk diri kita sendiri bisa juga akan berubah.

Sedangkan apabila kita mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian afirmasi merupakan sebuah penegasan ataupun peneguhan dengan kata positif. Afirmasi ini juga bisa menyangkut pernyataan sungguh-sungguh yang nantinya dilakukan oleh seseorang yang menolak untuk melakukan pengakuan.

Intinya adalah sebagaimana yang kita baca diatas, dimana memang afirmasi dapat mengubah sudut pandang pemikiran seseorang khususnya dalam menyikapi kehidupan dalam lingkungan yang ada disekitarnya. Dan hasilnya adalah kumpulan informasi tadi akan bisa membuat pikiran kita menjadi lebih positif.

Manfaat Afirmasi

Afirmasi juga bisa disitilahkan seperti quotes yang berisi kata-kata bijak, yang mempengaruhi seseorang untuk menghasilkan sudut pandang yang positif. Dan tidak hanya itu saja, afirmasi ini juga memiliki banyak manfaat terlebih bagi diri kita sendiri. 

Manfaat dari afirmasi adalah seperti berikut ini:

1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi bisa melahirkan atau menambah rasa percaya diri, potensinya bisa kecil tetapi bisa juga sangat besar tergantung bagaimana kita memandang positif terhadap ide atau buah pikiran kita.

Misalnya dengan memberi afirmasi positif untuk diri sendiri bahwa kita adalah pribadi yang kuat, dewasa dan mampu menghadapi permasalahan yang ada di hadapan kita. Secara tidak langsung kita bisa menjadi pribadi lebih percaya diri terlebih lagi dalam menghadapi setiap masalah ataupun tantangan yang ada.

2. Membuat Diri Bisa Menjadi Lebih Bahagia

Seperti yang dituliskan diatas, dengan kita bisa menghadapi permasalahan yang ada pastinya kita akan terhindar dari risiko depresi. Dan membuat kita semakin percaya diri untuk meraih hal-hal positif seperti prestasi, dan dengan diiringi usaha dan pola pikir yang positif pastinya kita bisa meraih sukses sesuai dengan yang kita inginkan. Dan bisa dipastikan diri kita kan menjadi orang yang lebih bahagia.

3. Memberikan Kenyamanan Pada Diri Sendiri

Memikirkan banyak hal diwaktu yang bersamaan tentunya akan membuat menjadi stress dan tidak nyaman. Akan tetapi dengan afirmasi, kita bisa merubah sudut pandang kearah yang lebih positif. Misalnya ketika kita ingin menggapai sebuah pencapaian, kita bisa menanamkan dalam diri kita bahwa dengan sungguh-sungguh berusaha kita bisa meraih hal tersebut.

Sehingga tekanan dari luar pun tidak terlalu menggangu pikiran kita. Akan tetapi jika memang belum bisa tercapai, kita tetap dapat berusaha lebih baik lagi dikemudian hari.  

Contoh Kata-Kata Afirmasi

Dari keseluruhan kita bisa simpulan jika arti afirmasi adalah suatu dukungan atau dorongan emosional dari dalam diri seseorang untuk bisa melakukan tindakan tertentu. Dibawah ini adalah beberapa contoh bentuk kalimat afirmasi, diantaranya :

  • Saya tidak perlu minder sebab saya orang yang menarik dan kreatif.
  • Saya pasti mendapatkan nilai yang baik kalau belajar dengan sungguh-sungguh.
  • Saya orang dengan tubuh dan pikiran yang kuat dan sehat
  • Saya orang penting dalam perusahaan, sebab kemampuan saya tidak dimiliki semua orang, oleh sebab itu saya sangat dibutuhkan


Menyampaikan sebuah afirmasi kedalam diri sebenarnya merupakan tindakan mudah dan banyak manfaatnya. Asalkan kata-kata positif penyemangat diri  itu tadi, dilakukan dengan rutin setiap hari. Bisa dimulai dengan membuang beberapa pikiran negartif, dan mengafirmasi hal-hal positif secara rutin, setiap hari.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian, manfaat dan contoh afirmasi, semoga artikel ini bisa menambah pengertahuan dan menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel