Pengertian Afwan Adalah : Dalam Etimologi Kata dan Dalam Al-Quran

Pengertian Afwan Adalah
Apa arti Afwan? Bagaimana penggunaan kata Afwan yang baik dan benar? Pengertian Afwan kerap kali kurang dipahami oleh sebagian besar orang dan bisa jadi mengakibatkan salah dalam penggunaannya. Kata “Afwan” sering sekali kita dengar, baik secara langsung atau melalui ucapan dari mulut ke mulut atau bisa juga melalui pesan singkat yang disampaikan seseorang melalui sosial media.

Tapi sebetulnya apa sih arti dari kata “Afwan” dan bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar? Dalam artikel ini akan dibahas pengertian Afwan dari beberapa sudut pandang sekaligus cara penggunaan kata Afwan yang baik dan benar.

Pengertian Afwan Secara Umum

Kata afwan sering kali diucapkan oleh orang-orang, dan karena sebagian orang yang masih belum memahami pengertian afwan, hal tersebut menyebabkan kebingungan bagi kebanyakan orang ketika ada yang menggunakan kata afwan ini.

Kata afwan biasanya digunakan untuk meminta maaf ataupun izin dan bisa juga digunakan sebagai balasan dari ucapan terima kasih yang disampaikan oleh seseorang.

Penggunaan kata afwan juha lebih ditujukkan untuk mencerminkan balasan kesopanan. Seperti halnya dalam Bahasa Indonesia, jika ada orang yang mengucapkan “Terima Kasih” maka akan dibalas dengan “Sama-Sama”. Kata tersebut juga bisa digunakan untuk meminta maaf ataupun meminta izin.

Pengertian Afwan Secara Bahasa

Afwan berasal dari kata “Al-afwu” dalam Bahasa Arab yang memiliki arti memaafkan atas kesalahan atau dosa-dosa dan membebaskan daripadanya hukuman-hukuman. Dari sini lah yang menyebabkan kata “Afwan” kerap kali digunakan sebagai pengganti kata “Maaf” dalam Bahasa Indonesia.

Hal yang kerap kali dilakukan orang dalam menggunakan perpaduan kata Afwan yang merupakan dari Bahasa Arab ini dengan Bahasa Indonesia seperti : “Afwan, saya terlambat”, yang berarti merupakan suatu permohonan maaf dan penyesalan yang diucapkan karena datang terlambat.

Pengertian Afwan Secara Istilah


Secara istilah kata “Afwan” memiliki berbagai makna dalam Al-Quran, antara lain :

1. Ampunan dan Permaafan

Ampunan dan Permaafan atau Al-Maghfirah Washshafhah yang merupakan salah salah satu dari makna kata “Afwan” ini tertulis dalam Al-Quran Surat Al-Imran ayat 158.

2. Pembebasan

Pembebasan atau At-Tark merupakan makna dari kata “Afwan” lainnya yang tertulis dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 237.

3. Jumlah yang Banyak

Jumlah yang Banyak atau Al-Kastrah merupakan makna dari kata Afwan yang terdapat dalam Al-Quran Surat Al A-Raf ayat 95.

4. Kelebihan 

Kelebihan atau Al-Fadhl merupakan makna dari kata afwan yang terakhir dan terdapat dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 219.

Konsep Dalam Membalas Ucapan Terima Kasih Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kata Afwan

Kata Afwan kerap kali kita dengar ketika ada orang yang mengucapkan terima kasih dan dibalas dengan kata tersebut. Contoh yang bisa digunakan dalam kasus ini adalah ketika ada seseorang yang membutuhkan bantuan dan kita membantunya, orang tersebut akan mengucapkan terima kasih atau syukran (dalam Bahasa Arab) yang kemudian akan kita balas dengan menggunakan kata “Afwan”.

Dengan menggunakan kata afwan tersebut akan mencerminkan kerendahan hati dan kesopanan pada orang yang kita ucapkan. Dan jika kita ditelusuri lebih dalam, penggunaan kata afwan secara tidak langsung telah menghindarkan kita dari sifat sombong dan membuat selalu mencerminkan untuk berbuat baik kepada seseorang.

Penggunaan kata afwan mencerminkan pertolongan yang kita berikan kepada orang lain masih banyak kekurangan, karena sejatinya orang yang diberikan pertolongan berhak untuk menerima pertolongan yang lebih baik.

Dengan begitu, penggunaan kata afwan ini mencerminkan norma kesopanan dan rendah hati yang memang sudah seharusnya kita terapkan pada berbagai kasus dan perilaku.

Belajar mengenai pengertian afwan sangat menarik karena selain mendapatkan pengetahuan akan pengertian dan cara penggunaannya, juga akan mendapatkan syafaat atau manfaat ketika menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian kata Afwan, baik pengertian secara umum, maupun dari sudut pandang Al-Quran, semoga artikel ini bisa menambah pengertahuan dan menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel