Pengertian Atlas Adalah : Syarat, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Unsur Atlas

 Pengertian Atlas Adalah
Apa itu atlas? Apa saja fungsi atlas? Atlas adalah kumpulan bermacam peta yang dibukukan dengan simbol-simbol, tulisan, dan penafsiran yang sama. Untuk lebih memahami pengertian atlas mari kita baca artikel dibawah ini.

Pengertian Atlas

Atlas adalah sekumpulan peta-peta yang dirangkai menjadi sebuah buku, yang berisi simbol, tulisan maupun bahasa yang memudahkan kita menemukan suatu daerah atau letak wilayah pada suatu negara.

Sedangkan peta adalah gambaran sebagian atau seluruh wilayah di permukaan bumi dengan berbagai kenampakannya pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi, sedangkan ahli atau pembuat peta disebut kartografer. Dalam mitologi Yunani, Atlas adalah seorang Dewa Penopang bumi. Dan digambarkan dengan seorang lelaki yang menggendong bola dunia atau globe diatas punggungnya.
Atlas Dewa Penopang Bumi

Syarat Pembuatan Atlas

Setelah memahami pengertian atlas, ada baiknya kita juga mengetahui syarat-syarat pembuatan atlas. Adapun syarat atlas ini diantaranya sebagai berikut:
  • Mudah untuk dipelajari atau dipahami.
  • Gambar dan peta diurutkan sesuai judul atlas
  • Memiliki isi yang lengkap dimana terdapat data fisik, sosial dan ekonomi.
  • Memiliki gambar dan peta yang jelas dengan tata warna yang benar, sesuai dengan ketinggan tanah maupun skala.

Fungsi Atlas

Dibawah ini adalah beberapa fungsi atlas secara umum, diantaranya :
  • Sebagai penunjuk lokasi dalam pemetaan wilayah.
  • Sebagai panduan letak, luas maupun posisi suatu wilayah.
  • Sebagai panduan tampilan relief-relief penampakan bumi pada suatu wilayah.


Jenis Atlas

Secara umum, jenis atlas dibagi menjadi 3 sesuai dengan pembuatannya. Dibawah ini adalah jeniss-jenis atlas sesuai dengan pembuatannya, diantaranya :

1. Atlas Nasional

Atlas nasional adalah atlas yang dibuat oleh sebuah negara tertentu berdasarkan data dan gambaran wilayah daratan maupun perairan pada negara pembuatnya. Seperti halnya Indonesia memiliki atlas nasional Indonesia, begitu juga negara-negara lainnya di dunia.

2. Atlas Dunia

Atlas dunia adalah atlas yang dibuat untuk memaparkan keadaan seluruh dunia. Atlas ini menggambarkan semua benua, mulai dari Asia, Afrika, Australia, Eropa, Amerika, dan Antartika, beserta dengan beberapa informasi mengenai wilayah-wilayah tersebut.

3. Atlas Semesta

Atlas semesta adalah atlas yang dibuat untuk memaparkan semesta, yang berhubungan dengan satelit, perbintangan, planet, sistem tata surya hingga galaksi.

Unsur-Unsur Atlas

Dibawah ini adalah beberapa unsur atlas, diantaranya sebagai berikut:
  • Judul atlas di halaman sampul.
  • Daftar isi.
  • Kata pengantar dari penyusun.
  • Legenda, singkatan, dan keterangan penting suatu wilayah.
  • Ketampakan negara, benua, serta dunia secara detail atau terperinci.
  • Data penduduk, flora, fauna, hasil bumi dan tambang, industri, pariwisata, suhu dan curah hujan, dan lain sebagainya.
  • Data tata surya, peta langit, peredaran bumi, bulan dan gerhana.
  • Keterangan tahun penerbitan atlas, perusahaan penerbit, dan penggambar.


Hubungannya Dengan Globe

Jika atlas dan peta menunjukkan permukaan bumi dengan berbagai kenampakannya pada bidang datar, maka berbeda dengan globe yang menunjukkan dunia dalam bentuk bola.

Globe adalah model tiruan bola bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk bumi, yang sekligus menyesuaikan dengan bentuk yang sebenarnya.

Adapun beberapa fungsi dan manfaat Globe adalah sebagai berikut :
  • Sebagai panduan untuk mengetahui terjadinya gerhana bulan maupun gerhana matahari.
  • Sebagai panduan untuk mengetahui rotasi bumi termasuk mengetahui siang dan malam.
  • Sebagai panduan untuk mengetahui garis astronomis yaitu garis bujur dan garis lintang, dimana garis bujur dipergunakan untuk mengetahui perbedaan waktu, sedangkan garis lintang dipergunakan untuk mengetahui perbedaan iklim

Memiliki atlas sangat membantu kaum pelajar dalam pendidikan geografi, sekaligus mendidik pelajar mengenai kekayaan pulau-pulau di Indonesia. Demikian juga globe yang membantu menunjukkan lokasi negara-negara yang selama ini mereka kenal namun belum tahu posisinya.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian atlas berikut dengan syarat, fungsi, jenis, manfaat dan unsur-unsur yang terdapat didalam atlas. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan, terlebih mengenai istilah atlas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel