Pengertian Frekuensi Adalah : Jenis dan Contoh Lengkap

Pengertian Frekuensi Adalah
Apa yang dimaksud dengan frekuensi? Banyak orang sering mendengar kata frekuensi, akan tetapi tidak banyak yang bisa menjelaskan apa definisi frekuensi. Untuk lebih memahami pengertian frekuensi secara lengkap dan akurat beserta jenis dan contohnya, mari kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Frekuensi

secara umum frekuensi ialah banyaknya sesuatu yang terjadi setiap detiknya, atau jika dikaji dalam getaran, frekuensi bisa diartikan sebagai jumlah getaran yang berlangsung selama 1 detik.

Akan tetapi, dalam jika dikaji dalam gelombang, frekuensi bisa disebut juga sebagai jumlah gelombang yang terjadi setiap satu detik. Sesuai standar internasional, satuan yang dipakai dalam mengukur frekuensi Hertz disingkat Hz. Satuan ini diambil dari nama seorang fisikawan yang berasal dari Jerman, yaitu Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894).

Jenis Frekuensi Dalam Fisika

Dalam ilmu pengetahuan, terlebih dalam disiplin ilmu fisika, terdapat beberapa jenis frekuensi. Berikut adalah jenis-jenis frekuensi yang ada dalam ilmu fisika, beserta penjelasannya :

1. Frekuensi radio

Frekuensi radio adalah frekuensi yang mengacu kepada spektrum electromagnet, dimana spektrum tersebut dapat dihasilkan dari arus bolak-balik yang menuju ke antena. Pada umumnya penggunaan frekuensi radio dipakai untuk mengirim pesan suara melalui gelombang udara.

Frekuensi radio dibagi menjadi dua jenis, antara lain frekuensi radio AM dan Frekuensi radio FM.

2. Frekuensi audio

Frekuensi audio biasa disebut juga sebagai frekuensi suara. Tidak semua getaran frekuensi dapat didengar oleh telinga dari manusia. 20Hz hingga 20.000HZ adalah getaran frekuensi yang bisa didengar oleh manusia (normal), dan biasa disebut dengan frekuensi audible (audiosonik).

Atau jika dibedakan menurut tingkat getaran dari gelombangnya, menjadi sebagi berikut :

Infrasonik
  • Infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hertz, dan hanya bisa didengar oleh hewan seperti gajah, kuda nil badak, dan paus.

Audisonik
  • Audisonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 sampe 20.000 Hertz dan dapat didengar oleh manusia.

Ultrasonik
  • Ultrasoni adalah bunyi yang memiliki frekuensi diatas 20.000 Hertz. Dalam tingkat frekuensi ini, suara hanya bisa didengar oleh hewan seperti lumba-lumba, anjing, kelelawar dan burung hantu.


Contoh Kasus Perhitungan Frekuensi


Contoh 1 : Menghitung Frekuensi (f)
Diketahui jika 0,004 detik adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik. Maka berapa frekuensinya ?

Diketahui : T = 0,004 detik
Ditanya : f = ?
Jawab :
f = 1/T
f = 1/0,004
f = 250Hz
Jadi : Frekuensinya adalah 250Hz.

Contoh 2 : Menghitung Periode (T)
Diketahui jika frekuensi listrik bolak-balik (AC) adalah 50Hz. Maka berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik ?

Diketahui : f = 50Hz
Ditanya : T = ?
Jawab :
T = 1/f
T = 1/50
T= 0,02 detik
Jadi : 0,02 detik adalah waktu yang dperlukan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik.

Hal Lain Terkait Frekuensi

Selain membahas mengenai frekuensi, ada beberapa hal yang juga harus kita ketahui terkait frekuensi. Antara lain adalah gelombang, amplitudo dan getaran. Dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai gelombang, amplitudo dan getaran.

Definisi gelombang

Gelombang berbeda dengan getaran sebab gelombang merupakan sebuah getaran yang merambat. Dalam ilmu fisika, gelombang merambat mengikuti gerakan sinusoida, artinya gelombang merambat melalui media.

Gelombang adalah getaran yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan media tertentu bisa udara, benda padat, beda cair dan lain sebagainya. Gelombang juga dapat bergerak tanpa melalui media, seperti di ruang hampa.

Artinya gelombang ialah getaran yang dapat berulang dan dapat merambat melalui media atau tanpa media sekalipun, dan gelombang juga terdapat pada medium karena adanya perubahan bentuk yang menimbulkan gaya pegas dimana dapat berjalan dan juga dapat memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya tanpa membuat pertikel medium berpindah secara permanen.

Definisi amplitudo

Amplitudo amplitudo adalah jarak terjauh dari simpangan ataupun dari titik kesetimbangan. Dan amplitudo juga yang nantinya berhubungan erat dengan periode, di mana periode merupakan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu getaran.

Definisi getaran

Frekuensi dan getaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Menurut para ahli, getaran merupakan gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar zona kesetimbangan. Kesetimbangan ialah keadaan dimana sebuah objek berada dalam posisi diam, saat tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut.

Dalam ilmu fisika, getaran sangat dekat dengan frekuensi dan amplitudo, dengan satu gerak bolak-balik secara penuh dari suatu benda maka memiliki kesetaraan dengan satu getaran frekuensi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Frekuensi, Jenis dan Contoh soalnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca mengenai istilah frekuensi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel