Pengertian Amplitudo Adalah : Metode Kuantifikasi, Rumus dan Contoh Soal

Pengertian Amplitudo Adalah
Apa yang dimaksud dengan amplitudo? Kebanyakan orang tidak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan fisika, sebab terlalu rumit atau terlalu banyak rumus yang harus diingat. Tapi bagi para penggiat ilmu pengetahuan pastinya sangat menyukai pembahasan mengenai fisika. Dibawah ini adalah pembahasan mengenai pengertian amplitudo, dan metode kuantifikasi amplitudo getaran beserta pengertian getaran, frekuensi dan gelombang. Untuk lebih lengkapnya mari kita baca artikel dibawah ini.

Pengertian amplitudo

Definisi amplitudo adalah pengukuran skalar yang non negatif dari besar osilasi pada suatu gelombang. Atau bisa juga dikatakan bahwa amplitudo merupakan jarak atau simpangan terjauh dari titik kesetimbangan dalam gelombang sinusoide.

Hal tersebut biasa dibahas atau dipelajari pada mata pelajaran matematika (sub bab geometri) dan fisika. Amplitudo pada sistem internasional disimbolkan dengan huruf (A) sedangkan satuannya adalah meter (m).

Berikut adalah beberapa rumus dari amplitudo :

1. Amplitudo sampingan periode getaran berikut rumusnya
  • T = t/n

2. Amplitudo dari getaran Rumus besar frekuensi getar
  • f = n/t

3. Rumus hubungan antara frekuensi dan periode
  • T = 1/f atau f = 1/T


Metode Kuantifikasi Amplitudo Getaran

Dibawah ini merupakan metode-metode kuantifikasi amplitudo getaran, diantaranya :

Nilai Puncak (Peak)

Nilai puncak berguna untuk menunjukkan tingkat guncangan durasi pendek, akan tetapi nilai puncak cuma menunjukkan tingkat maksimum getaran yang terjadi pada satu titik waktu tertentu.

Nilai Puncak ke Puncak (Peak to Peak)

Nilai amplitudo puncak ke puncak berguna untuk menunjukkan ekskursi maksimum gelombang. Kuantitas ini untuk mengetahui perpindahan bagian mesin akibat getaran yang penting untuk menghitung tegangan maksimum material mesin.

Nilai Rata-rata (Average)

Nilai amplitudo rata-rata telah memperhitungkan durasi waktu getaran yang terjadi. Tetapi dianggap mempunyai fungsi yang terbatas karena pada perhitungannya nilai negatif pada gelombang sinusoidal getaran seakan meniadakan yang positif.

Nilai RMS(Root Mean Square)

Nilai root mean square adalah nilai amplitudo amplitudo yang paling relevan, sebab selain memperhitungkan waktu, metode dengan perhitungan RMS yang mengkuadratkan nilai negatif gelombang sinusoidal getaran, memberi nilai amplitudo yang lebih aktual.

Sehingga nilai amplitudo RMS memberi informasi nilai kandungan energi pada getaran, sebuah parameter yang berkemampuan destruktif bagi komponen mesin.

Jenis Amplitudo

Ada beberapa jenis amplitudo, tapi secara umum hanya dibagi menjadi 3 sesuai dengan ciri-cirinya, antara lain :
  • Memiliki pengukuran saklar non negatif dari besar osilasi gelombang.
  • Memiliki jarak terjauh dari titik kesetimbangan pada gelombang sinusoide.
  • Memiliki simpangan yang besar dan terjauh dari titik keseimbangan dalam gelombang serta getaran.

Contoh Soal Amplitudo

Jika terdapat seuatas senar yang bergetar sebanyak 60 kali rentang waktu selama 30 detik, maka berapakah periode getar tali tersebut?

Penjelasan :
n = 60
t = 30 detik

Ditanya : T =…?

Jawab :
T = t / n
T = 30 / 60
T = 1/2 = 0,5 sekon

Jadi : Periode getar tali adalah 0,5 sekon

Hal Lain Terkait Amplitudo

Selain membahas mengenai pengertian amplitudo, metode dan jenisnya, ada beberapa hal yang juga harus kita ketahui terkait amplitudo. Antara lain adalah frekuensi, getaran dan gelombang. Dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai frekuensi, getaran dan gelombang.

1. Pengertian Frekuensi

  • "Frekuensi merupakan jumlah atau banyaknya getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik."

Satuan untuk frekuensi ini adalah Hertz atau Hz. Frekuensi bisa dirumuskan sebagai f = N/t dimana N adalah jumlah getaran, dan t merupakan waktu. Maka, bisa disimpulkan bahwa jumlah frenkuensi yaitu jumlah getaran dibagi dengan jumlah waktu.

2. Pengertian Getaran

  • “Getaran yaitu suatu gerak bolak-balik yang terdapat di sekitar kesetimbangan.”

Kesetimbangan yang dimaksud di sini yaitu keadaan di mana suatu benda pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran sangat erat kaitannya dengan frekuensi dan amplitudo. Satu kali gerak bolak-balik penuh sama hal nya dengan satu getaran frekuensi.

3. Pengertian Gelombang

  • “Gelombang merupakan getaran yang merambat. Idealnya gelombang akan mengikuti gerak sinusoide.”

Gelombang mampu berjalan melalui ruang hampa udara dan bisa juga pada medium, di mana mereka bisa bergerak serta bisa memindahkan energi dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa harus mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen.

Demikianlah pembahasan tentang amplitudo, metode kuantifikasi getaran dan contoh soalnya, ditambah penjelasan singkat dari frekuensi, getaran dan gelombang. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca mengenai pengertian amplitudo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel