Pengertian Gelombang Adalah : Jenis Medium dan Macam-Macam Gelombang

Pengertian Gelombang Adala
Apa yang dimaksud gelombang? Jika mendengar kata gelombang, yang terbesit dikepala kita adalah air laut. Tetapi dalam ilmu fisika, yang termasuk dalam gelombang bukan cuma hal itu saja. Banyak orang paham apa arti gelombang, akan tetapi tidak bisa menjelaskan mendetail apa defisini gelombang yang sebenarnya. Untuk lebih mengetahui pengertian gelombang beserta macam-macamnya, mari kita baca penjelasannya pada artikel dibawah ini.

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah getaran yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan media tertentu bisa udara, benda padat, beda cair dan lain sebagainya. Gelombang juga dapat bergerak tanpa melalui media, seperti di ruang hampa.

Artinya gelombang ialah getaran yang dapat berulang dan dapat merambat melalui media atau tanpa media sekalipun, dan gelombang juga terdapat pada medium karena adanya perubahan bentuk yang menimbulkan gaya pegas dimana dapat berjalan dan juga dapat memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya tanpa membuat pertikel medium berpindah secara permanen.

Jenis Medium Gelombang

Ada beberapa jenis medium sesuai dengan gaya gelombang, penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Linear
  • Jika gelombang yang berada di semua titik tertentu di medium tersebut dapat dijumlahkan.

2. Terbatas dan/atau Tak Terbatas
  • Jika jumlah gelombang terbatas dan/atau tak terbatas.

3. Isotropik
  • Jika ciri fisiknya serupa/sama di arah yang berbeda.

4. Seragam
  • Jika ciri fisiknya tidak berupah di titik yang berbeda

Macam-Macam Gelombang

Sesudah mengetahui pengertian gelombang secara umum, maka kita juga akan membahas mengenai macam-macam gelombang, mulai dari gelombang radio, gelombang bunyi, gelombang elektromagnet dan juga masih banyak lagi gelombang yang lainnya. Jenis gelombang berdasarkan arah rambat dan getarannya dibagi menjadi 2 kelompok, antara lain gelombang tranversal dan gelombang longitudinal, penjelasannya adalah seperti yang ada dibawah ini :

Gelombang Tranversal


Gelombang Tranversal Adalah
Gelombang tranversal adalah gelombang yang memiliki arah getaran tegak lurus terhadap arah perambatan. Contoh gelombang tranversal ialah gelombang air laut ataupun gelombang tali, sebab jika kita lihat arah getarannya tegak lurus dengan arah dari getaran, maka bentuk dari gelombang tranversal menyerupai gunung dan lembah yang berurutan.

Beberapa istilah yang ada pada gelombang transversal antara lain :
  • Puncak Gelombang (gunung) : merupakan titik tertinggi pada gelombang.
  • Dasar Gelombang (lembah) : merupakan titik terendah pada suatu gelombang.
  • Bukit Gelombang : merupakan bagian dari gelombang yang menyerupai gunung dengan titik yang tertinggi atau puncak dari gelombang.
  • Panjang Gelombang : merupakan jarak antara dua puncak atau dua lembah gelombang.
  • Amplitudo (A) : merupakan simpangan terjauh dari garis keseimbangan.
  • Periode (T) : merupakan waktu yang butuhkan untuk dapat menempuh jarak dua puncak atau dua buah lembah yang berurutan. Atau jika disederhanakan menjadi waktu yang diperlukan untuk membentuk suatu gelombang.


Gelombang Longitudinal


Gelombang Longitudinal Adalah
Gelombang longitudinal ialah gelombang yang getarannya memiliki arah yang sama dengan arah perambatannya. Gelombang longitudinal bergerak dari medium gelombang searah dengan propagasi gelombang.

Salah satu contoh dari gelombang longitudinal ialah gelombang bunyi, yang menjadikan udara sebagai perantaranya. Medium tersebut secara bergantian akan merapat dan merenggang, karena adanya pergeseran getaran atau berpindah tempat.

Beberapa istilah yang ada pada gelombang longitudinal antara lain :
  • Rapatan : merupakan daerah di sepanjang gelombang yang memiliki rapatan atau tekanan molekul yang lebih tinggi.
  • Renggangan : merupakan daerah di sepanjang gelombang yang memiliki rapatan molekul lebih rendah.
  • Panjang 1 Gelombang : yaitu jarak antara dua buah rapatan atau antara dua buah renggangan yang saling berdekatan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian gelombang, jenis medium dan macam-macam gelombang yang bisa kita pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan terlebih mengenai istilah gelombang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel