Pengertian Persekusi Adalah : Menurut Para Ahli, Penyebab dan Contoh Kasus Persekusi

Arti Persekusi Adalah
Apa itu persekusi? Persekusi merupakan hal yang sering terjadi belakangan ini. Persekusi adalah perlakuan sewenang-wenang yang secara sistematis dilakukan oleh individu maupun kelompok terhadap golongan lain dengan asalan tertentu. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita baca ringkasan dibawah ini.

Pengertian Persekusi

Persekusi adalah perlakuan sewenang-wenang yang secara sistematis dilakukan oleh individu maupun kelompok terhadap golongan lain dengan bentuk intimidasi baik fisik maupun mental karena perbedaan suku, agama dan ras maupun karena perbedaan pandangan sosial dan politik.

Atau bisa disimpulkan juga bahwa arti persekusi adalah sikap atau tindakan permusuhan, intimidasi atau bahkan hingga penganiayaan, terhadap individu atau kelompok karena alasan-alasan tertentu.

Ada beberapa tahapan sebelum proses persekusi terjadi, akan tetapi pada dasarnya polanya selalu sama. Antara lain :
  • Menyebarkan identitas target dan memprovokasi massa ikut memburu target.
  • Mencari dan menyebarkan alamat tempat tinggal atau tempat kerja target.
  • Tindakan provokasi dan mengajak massa untuk ikut memburu target melalui media sosial.
  • Melakukan aksi persekusi dengan mendatangi tempat tinggal atau tempat kerja target.

Pada umumnya tindakan persekusi akan meninggalkan trauma kepada korbannya, ada juga korban persekusi yang meninggal dunia akibat gangguan psikis maupun tindakan kekerasan fisik.

Di Indonesia, secara hukum sudah melarang tindakan persekusi, dan hukuman kepada provokator tindakan persekusi juga tidak sepele, bisa diancam 5 tahun penjara.

Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli

Untuk lebih mengerti mengenai apa arti persekusi, kita akan merujuk pada pandangan beberapa ahli berikut ini:

1. Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana

Arti persekusi adalah tidakan dengan sengaja dan kejam merampas hak-hak dasar manusia, yang berhubungan dengan meniadakan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

2. Damar Juniarto

Arti persekusi adalah tindakan memburu sebuah golongan atau individu, yang dilakukan secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas. Atau bisa dikatakan seperti main hakim sendiri.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan arti persekusi menurut KBBI adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.

Penyebab Terjadinya Persekusi

Ada banyak penyebab terjadinya sikap dan tindakan persekusi, baik di dalam maupun luar negeri. Pada umumnya kasuk persekusi yang terjadi di Indonesia adalah karena kebebasan berpendapat yang tidak terkontrol pada media sosial.

Beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya persekusi adalah sebagai berikut :
  1. Ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
  2. Kesenjangan sosial yang membuat rasa tidak percaya antara yang satu dan lainnnya.
  3. Kebebasan berdemokrasi masyarakat yang melahirkan kebebasan berpendapat yang tanpa disadari sudah dilakukan dengan kurang baik atau berlebihan.
  4. Pandangan masyarakat yang merasa bahwa penegakan hukum belum dilakukan dengan baik dan seadil-adilnya, sehingga melahirkan aksi main hakim sendiri.

Beberapa Kasus Persekusi di Indonesia

Dibawan ini adalah beberapa contoh kasus persekusi dari sekian banyak kasus yang pernah terjadi di Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Persekusi RN dan MA

Sepasang pemuda pemudi berinisial RN dan MA dipersekusi dengan secara mental dan fisik, mereka dibawa mengelilingi kampung oleh warga di Kelurahan Sukamulya, Tangerang, dalam kondisi telanjang.

Pemuda tersebut beberapa kali dipukul dan ditendang oleh warga yang terprovokasi oleh tuduhan bahwa pasangan tersebut melakukan tindakan asusila di dalam kontrakan.

2. Persekusi PMA

PMA adalah seorang remaja berusia 15 tahun, yang jadi korban persekusi sebuah kelompok ormas di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Tindakan persekusi yang dilakukan ormas tersebut adalah karena postingan PMA di sosial media dianggap menghina seorang ulama.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti persekusi, penyebab persekusi dan dan beberapa contoh kasus persekusi yang pernah terjadi di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita terlebih mengenai pengertian persekusi,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel