Pengertian Batik Adalah : Karakteristik, Jenis, Motif dan Makna Pada Motif Batik

Makna Pada Motif Batik
Apa yang dimaksud dengan batik?  Apa saja jenis-jenis batik? Batik adalah salah satu hal yang menjadi kebanggaan Indonesia. Keunikan motifnya menjadi daya tarik bagi siapa saja, baik orang dari dalam maupun luar negeri. Untuk lebih memahami mengenai batik, mari kita lihat ringkasan dibawah ini.

Pengertian Batik

Batik adalah kerajinan lukisan kain dengan menggunakan canting yang berisi cairan lilin malam, dengan teknik dan model lukisan bernilai seni tinggi. Batik adalah seni dalam menghias kain dengan penutup lilin untuk membentuk corak hiasan tertentu serta membentuk sebuah bidang pewarnaan.

Dari segi etimologi kata, istilah batik berasal dari bahasa Jawa yaitu dari kata “mbat” yang artinya melempar, dan “titik” yang artinya juga titik, jadi disimpulkan bahwa batik adalah melempar titik berkali-kali pada kain. 

Kain mori atau kain khusus tenun untuk membuat batik, digambar dengan teknik khusus yang selanjutnya diolah melalui proses tertentu sehingga menjadi pakaian yang bernilai guna tinggi.

Pengertian Batik Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai definisi batik, mari kita lihat penegertian batik menurut pandangan beberapa ahli ahli berikut ini :

1. Irwan Tirta

Irwan Tirta menjelaskan, bahwa pengertian batik adalah teknik menghias kain menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua rangkaiannya dikerjakan dengan menggunakan tangan.

2. Santosa Doellah

Santosa Doellah menjelaskan, bahwa batik adalah kain yang dibuat secara tradisional yang mempunyai bermacam-macam corak hias dan pola, yang dibuat dengan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna.

3. Afif Syakur

Afif Syakur menjelaskan, bahwa batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman, pewarnaan dan pemanasan, sampai menghasilkan motif yang halus melalui pengerjaan dengan ketelitian yang tinggi.

Karakteristik Batik

Kain batik mempunyai ciri yang unik yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya, akan tetapi ada perbedaan antara ciri-ciri batik modern dan batik tradisional. Adapun ciri-ciri batik tersebut secara umum adalah sebagai berikut :

1. Batik Modern

  • Corak dan polanya tidak memiliki makna yang khusus.
  • Corak dan polanya mainstream, seperti bentuk tumbuhan atau rangkaian bunga.
  • Warnanya cenderung bebas, bahkan hingga warna hijau, biru, merah dan ungu.

2. Batik Tradisional

  • Setiap coraknya memiliki makna yang simbolik.
  • Coraknya mengandung variasi hias seperti motif pagoda, ular, geometris atau barong.
  • Warnanya cendrung gelap, seperti warna coklat kehitaman, hitam dan putih.
  • Motif batik biasanya membawa ciri khas daerah asalnya.

Jenis-Jenis Batik

Sebenarnya batik sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, di bawah ini adalah jenis-jenis batik berikut dengan penjelasannya :

1. Batik Tulis

Batik tulis adalah batik yang dibuat manual dengan tangan dan hanya dibantu oleh alat canting untuk menerakan malam ke corak batik. Proses pengerjaannya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi.

Tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan perbedaan motif batik tulis dengan batik yang lain adalah salah satu alasan mengapa jenis batik yang satu ini harganya sangat mahal.

2. Batik Cap

Batik cap adalah batik yang dibuat dengan menggunakan sejenis stempel motif batik. Alat itu terbuat dari tembaga, dimana fungsinya adalah sebagai penganti canting.

Motif jenis batik cap dianggap kurang memiliki seni karena motifnya yang sama persis dan mudah dibuat secara masal, inilah yang membuat harganya relatif sangat murah.

3. Kombinasi Batik Cap dan Batik Tulis

Kombinasi batik cap dan tulis dibuat untuk menekan kelemahan pada produk batik cap, akan tetapi persiapan untuk membuat bati ini sangat rumit, terlebih ketika penggabungan kedua motif. Sayangnya nilai seni produknya dianggap biasa bahkan disamakan dengan batik cap.

4. Batik Cetak

Batik cetak atau batik sablon adalah yang pengerjaannya sangat sederhana, sebab sudah menggunakan alat cetak offset atau alat cetak sablon dalam pengerjaannya. Proses pengerjaannya sudah pasti membutuhkan waktu yang sangat singkat, dan harga batik cetak juga murah seperti harga batik cap.

Motif Batik dan Maknanya

Arti Pada Motif Batik
Motif kain batik biasanya membawa makna atau harapan tertentu bagi orang yang mengenakannya. Dibawah ini adalah beberapa jenis motif batik beserta maknanya :

1. Motif Batik Cuwiri

Dipakai agar yang mengenakannya terlihat lebih terhormat.

2. Motif Batik Sido Mukti

Dipakai agar yang mengenakannya selalu dalam kebahagiaan dan berkecukupan.

3. Motif Batik Kawung

Motif batik dikenakan oleh keluarga kerajaan atau bangsawan sebagai lambang keadilan dan keperkasaan.

4. Motif Batik Pamiluto

Motif batik pamiluto biasa digunakan oleh ibu dari dari pihak mempelai wanita pada saat pertunangan, dengan harapan agar pasangan calon pengantin terikat, dan bisa menjaga hubungan baik hingga hari pernikahan tiba.

5. Motif Batik Parang Kusumo

Motif batik dengan bunga mekar yang didalamnya terdapat harapan bagi orang yang mengenakannya terlihat lebih indah dan bersahaja.

6. Motif Batik Ceplok Kasatrian

Motif batik ceplok kasatrian umumnya dikenakan oleh kalangan menengah kebawah supaya terlihat lebih gagah.

7. Motif Batik Nitik Karawitan

Motif batik ini akan menggambarkan kebijaksanaan pemakainya.

8. Motif Batik Truntum

Motif batik truntum melambangkan cinta yang tumbuh kembali dan simbol cinta yang tulus tanpa syarat.

9. Motif Batik Ciptoning

Motif ini berisi harapan dimana yang menggunakannya bisa menjadi orang yang bijak dan bisa memberi petunjuk jalan yang benar.

10. Motif Batik Tambal

Motif tambal memiliki makna menutup atau memperbaiki hal-hal yang rusak.

11. Motif Batik Slobog

Motif batik ini dikenal resmi dan biasanya digunakan untuk melayat atau pada saat pelantikan pejabat pemerintah.

12. Motif Batik Parang Rusak Barong

Motif batik ini menggambarkan kesatrian yang bersenjata.

13. Motif Batik Udan Liris

Motif batik ini melambangkan kesuburan, kesejahteraan, dan rahmat dari Tuhan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian batik, karakteristik batik, jenis-jenis batik, motif batik dan maknanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah batik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel