Pengertian Bandwidth Adalah : Definisi, Fungsi dan Contoh Bandwidth

Pengertian Bandwidth
Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Orang sering bertanya apa arti bandwidth, terlebih saat membahas tentang Virtual Private Server (VPS).

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu. Atau arti bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps). Bandwidth internet adalah kapasitas maksimal jalur komunikasi dalam proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Tetapi ada juga istilah Bandwith Analog, yaitu perbedaan antara frekuensi yang paling rendah dengan frekuensi paling tinggi pada suatu rentang frekuensi, yang dapat diukur dengan satuan Hertz (Hz).

Jadi jika dianalogikan, maka bandwidth adalah lebar jalan pada jalan raya, yang akan dilewati oleh data atau kendaraan yang melaluinya. Jadi semakin lebar ruas jalan atau sedikitnya kendaraan yang lewat maka lalu lintas akan semakin lancar.

Dan berlaku juga sebaliknya jika kendaraan yang lewat semakin banyak atau ruas jalannya kecil maka akan akan mempengaruhi aktivitas yang bisa dijalankan. Oleh sebab itu tidak jarang bandwith menjadi salah satu pertimbangan dalam penggunaan jaringan internet.

Sebab semakin besar bandwidth maka semakin cepat juga pertukaran data yang bisa dilakukan dan semakin banyak data yang dapat melaluinya dalam satu waktu.

Baca Juga : Pengertian Informasi


Fungsi Bandwidth

Dibawah ini adalah beberapa fungsi bandwidth pada internet jika dibagi berdasarkan penggunaannya, penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Ukuran Media Pengiriman Data

Fungsi bandwidth sebagai ukuran media atau jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu komputer atau jaringan tertentu, berlaku hampir di semua tempat yang memiliki jaringan komputer.

Bandwidth sangat berhubungan dengan pendistribusian jaringan, dan ukuran bandwidth biasanya akan menjadi patokan bagi pengguna untuk memilih provider atau penyedia layanan yang berhubungan dengan koneksi internet.

Semakin tinggi bandwidth yang disediakan maka pastinya akan semakin baik pula layanan pendistribusian data yang akan didapatkan pengguna.

2. Membagi Kecepatan Transfer Data

Fungsi bandwidth sebagai pembagi kecepatan transfer data yaitu untuk membantu pengguna mengatur pendistribusian data secara adil ke seluruh pengguna. Pembagian tersebut dilakukan agar antar pengguna tidak saling berebut bandwidth.

Jika tidak diatur, bisa saja seluruh bandwidth yang ada pada jaringan tersebut hanya dipakai oleh satu pengguna saja. Misalnya ketika ada satu perangkat yang mengunduh file dari internet dengan ukuran data yang sangat besar.

Proses tersebut akan membanjiri permintaan data yang cukup besar dan mengganggu bandwidth pada jaringan. Ketika tidak dibatasi, maka biasanya koneksi jaringan dari perangkat lain akan terganggu bahkan bisa tidak terkoneksi sama sekali. Apalagi ketika saat proses mengunduh, pengguna menggunakan aplikasi downloader tambahan.

3. Mengatur Besar Data yang Ditransfer

Administrator jaringan biasanya membatasi ukuran data yang dapat diakses atau diunduh dari internet. Tujuannya adalah untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, yang dapat mengganggu stabilitas jaringan karena mempengaruhi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Pengertian Bandwidth
Tambahkan teks


Contoh Bandwidth Pada Komputer

Bandwidth dalam jaringan komputer adalah kecepatan suatu jaringan melakukan transfer data dalam hitungan detik, dengan satuan bits per second (bps). Misalnya ketika kita menggunakan koneksi Local Area Network (LAN), semakin besar bandwidth sebuah jaringan semakin cepat pula data yang ditransfer.

Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis yaitu:

1. Badwidth Digital

Satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second dalam sebuah jaringan yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa hambatan. Bandwidth ini mengirimkan informasi secara digital, baik melalui saluran kabel atau tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

2. Bandwidth Analog

Fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakan adalah satuan hitungnya menggunakan  Hertz.

Contoh Bandwidth Pada Hosting

Saat kita membuka halaman penyedia hosting, pasti kita akan menemukan kata bandwidth, yaitu sebagai penentu berapa banyak besar pertukaran data yang terjadi pada akun hosting. Dulu, ketika akun hosting mengalami kelebihan kapasitas bandwidth, situsnya akan tidak dapat diakses dalam waktu tetentu.

Berbeda dengan sekarang dimana ada banyak layanan hosting sudah tidak menerapkan peraturan yang seperti ini lagi. Saat ini sudah banyak sekali layanan hosting yang memberikan hosting murah unlimited.

Bandwidth Pada VPS

Bandwidth pada VPS berbeda dengan layanan hosting, yaitu peraturan penggunaan bandwidth masih digunakan pada Virtual Private Server (VPS). Besarnya batasan bandwidth yang dapat dipakai tergantung dari paket yang digunakan. Umumnya, semakin mahal paket maka semakin besar bandwidth yang didapatkan dalam satu VPS.

Misalnya ketika diberikan keterangan bahwa kapasitas bandwidth untuk sebuah paket adalah 3000 GB, maka artinya keseluruhan data yang masuk dan keluar dalam satu bulan harus tidak lebih dari 3000 GB.
Ketika VPS sudah melebihi kapasitas bandwidth yang ditentukan, maka tidak serta merta jaringan terputus, umumnya kecepatannya saja yang akan dikurangi.

Jadi bila jika VPS yang digunakan merupakan VPS hosting dan digunakan untuk menjalankan beberapa website, maka kecepatan akses website akan melambat. Biasanya perhitungan banyaknya bandwidth yang digunakan pada VPS akan diatur ulang setelah satu bulan penggunaan.

Baca Juga : Pengerian Aplikasi

Istilah-istilah yang Terkait Bandwidth

Selain pengertian bandwith yang sudah dijelaskan di atas, dibawah ini adalah istilah-istilah lain yang biasanya berhubungan dengan pengertian bandwidth, diantaranya :

1. Egress dan Ingress Bandwidth

Egress bandwidth adalah atribut yang digunakan untuk menentukan kecepatan mengunggah atau meng-upload. Sedangkan ingress bandwidth adalah kecepatan mengunduh atau men-download pada jaringan internet.

2. Manajemen Bandwidth

Manajemen bandwidth adalah istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang dapat digunakan oleh suatu institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.

3. Unmetered Bandwidth

Unmetered bandwidth adalah kondisi dimana jumlah traffic dalam transfer data untuk mengakses situs tidak dibatasi. Hanya saja kecepatan transfer datanya yang akan diatur atau dikurangi, dan tidak ada penambahan tagihan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian bandwidth, baik definisi, fungsi maupun contoh-contoh bandwidth. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dan menambah wawasan kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel