Pengertian Komunitas Adalah : Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh Komunitas

Definisi Komunitas Adalah

Apa itu komunitas? Apa tujuan dari komunitas? Banyak orang yang memandang remeh hal-hal yang berhubungan dengan komunitas, padahal sebenarnya komunitas adalah hal yang cukup penting bagi kita manusia sebagai makhluk sosial.

Untuk lebih memahami mengenai komunitas dan manfaatnya, silahkan baca pembahasan di bawah ini. 

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok sosial dari sejumlah organisme yang berbagi lingkungan, biasanya mempunyai kesamaan ketertarikan dan habitat. Dari segi etimologi kata, kata “komunitas” berasal dari  bahasa Latin, yaitu “Communitas” yang berarti kesamaan.

Yang kemudian diturunkan dari kata communis yang artinya sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak. Komunitas bisa juga disebut sebagai kelompok sosial dalam masyarakat yang tersusun dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan mempunyai kesamaan kriteria sosial.

Sebuah komunitas akan terbentuk dengan adanya keinginan bersama untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah disepakati bersama. Tujuan komunitas adalah untuk saling memberikan bantuan antar anggota sehingga bisa berkembang bersama.

Baca Juga : Pengertian Attitude

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Untuk dapat lebih memahami mengenai komunitas mari kita lihat penjelasan beberapa ahli di bawah ini, diantara :

1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, komunitas adalah suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan berinteraksi menurut sistem adat istiadat serta terikat rasa identitas dalam komunitas.

2. Wahid

Menurut wahid, komunitas adalah sekelompok individu yang tinggal diwilayah tertentu, mempunyai nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.

3. Sounders

Menurut Sounders, komunitas adalah tempat atau kumpulan orang atau sistem sosial.

4. Hendro Puspito

Menurut Hendro Puspito , komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

5. Kertajaya Hermawan

Menurut Kertajaya Hermawan , komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

6. Christensson dan Robinson

Menurut Christensson dan Robinson, komunitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya.

Baca Juga : Pengertian Adaptasi

Tujuan dan Manfaat Komunitas Adalah

Tujuan dan Manfaat Komunitas

Tujuan dibentuknya suatu komunitas adalah untuk dapat saling membantu antar anggota dalam menghasilkan sesuatu. Sedangkan manfaat komunitas secara umum bagi para anggotanya antara lain seperti :

  • Sebagai sarana informasi mengenai kegemaran tertentu, yang mana penyebaran informasi tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat melalui suatu komunitas. Contohnya komunitas pecinta musik klasik akan dengan sangat mudah membagikan dan mendapatkan informasi didalam komunitas tersebut.
  • Sebagai sarana untuk menjalin hubungan, yaitu melalui komunitas maka hubungan atau ikatan antar sesama anggota bisa lebih kuat dan berkualitas.
  • Sebagai sarana atau media untuk saling mendukung antar sesama anggota, sebab dengan adanya kesamaan minat pada bidang tertentu akan membuat setiap anggota komunitas bisa  saling memberikan dukungan.

Jenis-Jenis Komunitas

Jika dilihat secara luas, komunitas bisa dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, berikut adalah penjelasannya :

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Komunitas jenis ini terbentuk karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan para anggotanya. Pada umumnya, komunitas yang terbentuk berdasarkan minat, jumlah anggotanya akan besar karena komunitas tersebut dapat mendukung minat atau hobi mereka.

2. Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas jenis ini pada umumnya terbentuk karena adanya keinginan dan kepentingan bersama, atau landasan dari terbentuknya komunitas ini adalah untuk kepentingan seluruh anggota di dalam organisasi sosial kepada masyarakat.

3. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas jenis ini terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Pada umumnya komunitas seperti ini terbentuk karena adanya keinginan untuk saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi yang kedepannya bisa membantu perkembangan lingkungannya.

Macam-macam komunitas

Baca Juga : Pengertian Konflik

Contoh-Contoh Komunitas

Ada banyak sekali komunitas dilingkungan kita, berikut ini adalah beberapa contoh komunitas yang bias akita dengar atau kita temui, diantarannya :

  1. Komunitas Pecinta Hewan, yaitu komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan hobi terhadap hewan, misalnya : komunitas pecinta kura-kura.
  2. Komunitas Blogger, yaitu Komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan ketertarikan dalam dunia blogging, dan biasanya anggotanya juga orang yang aktif di dunia maya.
  3. Komunitas Seni dan Budaya, yaitu komunitas yang terbentuk karena adanya ketertarikan di bidang seni dan budaya. Seni yang dimaksud juga masih terbagi lagi, seperti seni musik, tari, lukis, dan lainnya. Komunitas tersebut biasanya digunakan sebagai sarana atau media untuk menyalurkan dan mengembangkan minat maupun bakat anggotanya dalam dunia seni.
  4. Komunitas Ekosistem, yaitu komunitas yang terbentuk dengan kesamaan tujuan angota-anggotanya, yaitu untuk menata lingkungan sehingga terbentuk ekosistem yang baik, misalnya seperti komunitas pecinta alam.
  5. Komunitas Fotografi, yaitu komunitas yang terbentuk karena adanya ketertarikan para anggotanya pada bidang fotografi. Komunitas ini dapat dimanfaatkan sebagai media untuk belajar, berbagi tips, dan saling bertukar informasi di bidang fotografi.
  6. Komunitas Sosial, yaitu komunitas yang terbentuk karena adanya keinginan yang sama antar anggota yang ingin memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.

Demikianlah ringkasan mengenai pengertian komunitas, komunitas menurut para ahli, tujuan dan manfaat, jenis dan contoh-contoh komunitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel