Pengertian Fintech: Bagaimana Fintech Dapat Mempengaruhi Bisnis



Saturadar.com |  Sebuah bisnis tidak terlepas dari bidang finansial yang melibatkan perekonomian perusahaan. Bidang finansial sendiri saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan kearah yang lebih modern dan praktis. Salah satunya adalah berkembangnya Financial Technology atau lebih dikenal FinTech Indonesia.

Pengertian fintech seperti yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NCRC) merupakan bentuk inovasi dari jasa finansial. Tujuan utama dikembangkan Fintech Indonesia adalah untuk menghadirkan proses transaksi finansial atau keuangan secara lebih praktis, seperti proses pembayaran, setoran, transfer, jual-beli saham maupun utang piutang.

Namun ternyata dengan adanya Fintech mampu memberikan pengaruh dalam dunia bisnis, baik pada skala kecil, menengah maupun pada bisnis besar. Sehingga perkembangan Fintech sendiri di Indonesia cukup tajam hingga mencapai nilai investasi 4 kali liapat pada periode 2010-2013. Lalu apa bagaimana fintech mampu memberikan pengaruh dalam perkembangan bisnis? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Fintech dan Pengaruhnya Dalam Perkembangan Bisnis

Dari pengertian Fintech diatas, ada beberapa hal yang secara umum menjadi alasan bahwa fintech mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Sehingga dengan alasan-alasan tersebut membuat perkembangan Fintech justru semakin dinantikan masyarakat. Berikut alasan mengapa Fintech penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat:

Meningkatkan perkembangan startup baru

Dengan terus berkembangnya Fintech di Indonesia secara otomatis juga meningkatkan perkembangan startup baru sebagai bentuk inovasi di bidang Fintech. Sebagai contoh stratup Moneythor yang membuat produk untuk memberikan pengalaman digital banking dengan analisis yang lebih rinci dan detail.

Membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat

Berdasarkan pemberitaan terbaru menyatakan bahwa bidang Fintech mampu mengentaskan kemiskinan lebih dari 600 juta jiwa di kawasan Asia Tenggara. Ini karena Fintech tidak hanya fokus untuk mendapatkan keuntungan saja namn juga memberikan inovasi baru seperti dengan meningkatkan infrakstruktur perbankan.

Memacu perkembangan bitcoin

Dampak positif dari berkembangnya Fintech Indonesia yang bisa dirasakan para pebisnis online adalah ikut berkembangnya bitcoin. Lebih dari 2 milyar pengguna bitcoin dapat bertransaksi meskipun tidak memiliki akun bank.

Bagaimana Fintech Dapat Mempengaruhi Bisnis Anda?

Seperti yang sudah disinggung dalam pengertian fintech dan peranannya secara umum diatas, ternyata Fintech Indonesia secara tidak langsung juga bisa menjadi faktor perkembangan bisnis yang Anda bangun.

Misalnya saja dalam bisnis yang sedang berkembang, tentu akan membutuhkan sumber dana pinjaman sebagai modal perusahaan. Pada kasus keuangan tradisional, Anda akan mendatangi Bank untuk mendapatkan pijaman dengan serangkaian prosedur yang tidak mudah. Apalagi jika Anda tidak memiliki agunan, mendapatkan modal akan semakin sulit.

Namun. dengan adanya Fintech saat ini, upaya mendapatkan modal menjadi lebih mudah. Karena Fintech memberikan layanan seperti crowdfunding, mobile payments dan juga jasa transfer uang yang lebih praktis.

Fintech akan membantu Anda mendapatkan pinjaman dana dari berbagai sumber, bahkan Anda tidak perlu bertatap muka dengan investor. Crowdfunding akan membantu Anda mendapatkan pinjaman hanya dalam kurun waktu singkat melalui sebuah bisnis startup. Salah satu manfaat ini tidak hanya untuk bisnis besar saja, namun pada kasus bisnis kecil yang sedang di rintis pun bisa mendapatkan manfaat ini.

Fintech juga membantu untuk mendapatkan konsumen bisnis Anda. Karena, berkembangnya teknologi finansial ternyata mampu mengubah pemikiran masyarakat yang tidak membedakan mana bisnis besar dan mana bisnis yang sedang dibangun. Bagi masyarakat yang terpenting adalah kemudahan dalam bertransaksi.

Demikian ulasan tengan pengertian fintech dan perannya dalam bidang bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel