Pengertian Fintech Adalah : Pengaruh Fintech dalam Bisnis dan dalam

Pengertian Fintech Adalah

Apa itu fintech? Apakah fintech mempengaruhi bisnis? Sebuah bisnis tidak terlepas dari bidang finansial yang melibatkan perekonomian perusahaan. Bidang finansial sendiri saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan kearah yang lebih modern dan praktis. Salah satunya adalah berkembangnya Financial Technology atau lebih dikenal FinTech Indonesia.

Pengertian Fintech

Pengertian fintech adalah financial technology, seperti yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NCRC), yaitu bentuk inovasi dari jasa finansial yang memudahkan kita dalam melakukan transaksi. Tujuan utama dikembangkan Fintech Indonesia adalah untuk menghadirkan proses transaksi finansial atau keuangan secara lebih praktis, seperti proses pembayaran, setoran, transfer, jual-beli saham maupun utang piutang.

Namun ternyata dengan adanya Fintech mampu memberikan pengaruh dalam dunia bisnis, baik pada skala kecil, menengah maupun pada bisnis besar. Sehingga perkembangan Fintech sendiri di Indonesia cukup tajam hingga mencapai nilai investasi 4 kali lipat pada periode 2010-2013. Lalu apa bagaimana fintech mampu memberikan pengaruh dalam perkembangan bisnis?


Pengaruh Fintech Dalam Perkembangan Bisnis

Fintech adalah financial technology, dari penjelasan mengenai Fintech diatas, ada beberapa hal yang secara umum menjadi alasan bahwa fintech mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Sehingga dengan alasan-alasan tersebut membuat perkembangan Fintech justru semakin dinantikan masyarakat.

Pengaruh Fintech Dalam Perkembangan Bisnis

Fintech juga memberi pengaruh kepada masyarakat luas dengan memberikan akses terhadap produk keuangan sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan efektif. Bank Indonesia sendiri telah membagi Fintech menjadi 4 kategori sesuai dengan peranannya, berikut adalah penjabarannya :

A. Crowdfunding dan Peer to Peer Lending

Fintech berfungsi sebagai media untuk mempertemukan para investor dengan pencari modal. Crowdfunding bisa dilakukan dalam menggalang dana untuk tujuan sosial, seperti korban bencana alam, pendanaan karya dan sebagainya secara online. Sedangkan Peer to Peer Lending digunakan untuk membantu permodalan pelaku UMKM supaya mereka bisa melakukan peminjaman dana ke bank bahkan jika tidak memiliki rekeming bank.

B. Market Aggregator

Fintech befungsi sebagai pembanding berbagai produk keuangan, yang mana akan dikumpulkan data finansial sebagai referensi oleh pengguna. Ketika konsumen ingin mencari produk asuransi, konsumen tersebut dapat memberikan data finansial pribadi ke platform Fintech dan platform tersebut akan mencocokkan data konsumen dengan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

C. Risk and Investment Management

Fintech berfungsi sebagai media untuk membantu konsumen melakukan perencanaan keuangan digital. Mulai dari menilai manajemen risiko dan nilai investasi, hingga manajemen aset yang mengurus operasional suatu usaha supaya lelbih efisien.

D. Payment, Settlement dan Clearing

Fintech berfungsi sebagai payment gateway, yaitu penghubung antara pelanggan dan e-commerce yang berfokus kepada sistem pembayaran. Dan disediakan juga fitur untuk mendeposit uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pembelanjaan, tagihan dan lainnya dalam bentuk aplikasi.

manfaat fintech bagi bisnis

Selain itu Fintech juga penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, dengan terus berkembangnya Fintech di Indonesia secara otomatis juga meningkatkan perkembangan startup baru sebagai bentuk inovasi di bidang Fintech. Sebagai contoh stratup Moneythor yang membuat produk untuk memberikan pengalaman digital banking dengan analisis yang lebih rinci dan detail.

berdasarkan pemberitaan terbaru menyatakan bahwa bidang Fintech mampu mengentaskan kemiskinan lebih dari 600 juta jiwa di kawasan Asia Tenggara. Ini karena Fintech tidak hanya fokus untuk mendapatkan keuntungan saja namn juga memberikan inovasi baru seperti dengan meningkatkan infrakstruktur perbankan.

Dampak positif dari berkembangnya Fintech Indonesia yang bisa dirasakan para pebisnis online adalah ikut berkembangnya bitcoin. Lebih dari 2 milyar pengguna bitcoin dapat bertransaksi meskipun tidak memiliki akun bank.

Seperti yang sudah disinggung dalam pengertian fintech dan peranannya secara umum diatas, ternyata Fintech Indonesia secara tidak langsung juga bisa menjadi faktor perkembangan bisnis yang Anda bangun. Dengan adanya Fintech saat ini, upaya mendapatkan modal menjadi lebih mudah. Karena Fintech memberikan layanan seperti crowdfunding, mobile payments dan juga jasa transfer uang yang lebih praktis.

Fintech akan membantu Anda mendapatkan pinjaman dana dari berbagai sumber, bahkan Anda tidak perlu bertatap muka dengan investor. Crowdfunding akan membantu Anda mendapatkan pinjaman hanya dalam kurun waktu singkat melalui sebuah bisnis startup. Salah satu manfaat ini tidak hanya untuk bisnis besar saja, namun pada kasus bisnis kecil yang sedang di rintis pun bisa mendapatkan manfaat ini.


Fintech juga membantu untuk mendapatkan konsumen bisnis Anda. Karena, berkembangnya teknologi finansial ternyata mampu mengubah pemikiran masyarakat yang tidak membedakan mana bisnis besar dan mana bisnis yang sedang dibangun. Bagi masyarakat yang terpenting adalah kemudahan dalam bertransaksi.

Demikian penjelasan mengenai pengertian fintech dan pengaruh fintech bagi bisnis anda, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel