Pengertian Internet dan Peranan Internet untuk Dunia Bisnis


Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Banyak hal yang tidak bisa kita lakukan jika tidak ada internet, misalnya untuk kebutuhan browsing, mengirim email dan kepentingan lainnya. Meskipun istilah internet sudah familiar di tengah masyarakat, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa itu internet.

Pengertian internet atau interconnection networking adalah keseluruhan dari jaringan komputer yang saling terhubung dalam standar sistem global TCP/IP. Internet memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan pengguna lain dari seluruh dunia.

Dari pengertian internet tersebut menunjukkan bahwa internet sangat berperan penting untuk mendukung kebutuhan manusia terutama sebagai sarana mendapatkan informasi dan data. Bahkan saat ini internet sudah menjadi ladang penghasilan bagi pebisnis pemula hingga yang sudah profesional. Hal ini dibuktikan dari maraknya bisnis toko online atau online shop serta bisnis-bisnis lainnya yang memudahkan media internet.

Manfaat Internet untuk Bisnis

Internet saat ni dipercaya sebagai media informasi paling update selain televisi. Setiap hari ribuan berita baru bisa Anda dapatkan melalui internet. Oleh karena itu, internet sekarang banyak dimanfaatkan untuk kepentingan  berbisnis. Beberapa manfaat internet untuk perkembangan bisnis diantaranya sebagai berikut:

1. Memudahkan pemasaran

Sesuai dengan pengertian internet diatas dimana berguna untuk menyebarkan informasi kepada orang lain di seluruh dunia, maka internet sering dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran yang paling efektif. Dengan melakukan promosi melalui internet maka Anda akan menghemat pengeluaran untuk biaya promosi manual seperti brosur, spanduk, poster dan juga biaya transportasi.

2. Mendapatkan pelanggan dari berbagai wilayah

Inilah mengapa online shop saat ini mulai bermunculan, salah satunya karena mudah untuk mendapatkan pelanggan dari berbagai wilayah. Beda halnya jika Anda membuka toko secara manual, tentu pelanggan hanya berasal dari wilayah dekat toko saja. Bisnis secara online juga dinilai sangat efektif apalagi modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

3. Memudahkan komunikasi jarak jauh

Berkomunikasi saat ini tidak hanya melalui telepon atau pesan singkat SMS saja. Internet dengan kecanggihannya memudahkan Anda untuk berkomunikasi jarak jauh hanya dengan kuota internet. Tentu ini lebih murah dibandingkan Anda membeli pulsa untuk telepon, apalagi jika yang dihubungi berada di luar negeri.

4. Memudahkan transaksi

Internet bersifat fleksibel sehingga bisa digunakan dimanapun, kapanpun dan jam berapa pun. Internet stand by 24 jam untuk memenuhi kebutuhan Anda sehingga memudahkan untuk bertransaksi misalnya untuk transfer uang melalui e-banking, menerima order dan lainnya.

5. Sarana untuk mengumpulkan informasi

Seperti yang dijelaskan dari pengertian internet, internet adalah ladang informasi dan data. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya demi kepentingan bisnis Anda. Misalnya informasi tentang perekonomian, kompetitor, kondisi pasar dan sebagainya.

6. Mendapatkan tenaga kerja baru

Sebagai media penyebaran informasi, internet bisa Anda manfaatkan untuk merekrut pegawai baru yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan Anda. Karena informasi di internet mudah disebarkan ke orang lain, maka kemungkinan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten semakin tinggi.

7. Peluang bisnis baru

Dengan memaksimalkan potensi dari internet, Anda bisa mendapatkan peluang untuk bisnis baru. Karena biasanya jika Anda sedang mencari-cari informasi dan data dari internet, ada kemungkinan mendapatkan ide baru.

Demikian ulasan tentang pengertian internet dan peranannya untuk bisnis. Semoga informasi tersebut bermanfaat  untuk Anda yang sedang membangun bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel