Pengertian Agen Adalah : Ciri-Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Agen Adalah
Apa yang dimaksud dengan agen? Agen merupakan kata yang sering terdengar di telinga kita, akan tetapi tidak banyak yang mengetahui definisi dari agen tersebut. Akan tetapi arti agen yang akan kita bahas disini bukanlah agen seperti james bond atau hitman. Melainkan agen dalam istilah perekonomian yang menjadi perantara produsen dengan konsumen. 

Pengertian Agen

Dalam ilmu pemasaran agen merupakan penyalur produsen atau perusahaan tertentu untuk menjualkan produk berupa barang atau jasa yang dijual oleh sebuah perusahaan. Secara umum agen memiliki peran sebagai penghubung atau perantara konsumen dengan perusahaan penyedia barang atau jasa.

Sebagian orang menganggap bahwa agen sama dengan distributor, padahal pengertian agen dan distributor sudah jauh berbeda. Karena distributor adalah penyalur yang bekerja atas nama perusahaannya sendiri, sehingga dapat membeli, menyimpan, menjual, dan juga memasarkan barang-barang tertentu yang ingin dipasarkan. Sedangkan tugas agen adalah memasarkan produk apapun, dan bukan produk miliknya sendiri. 

Ciri-Ciri Agen 

Pengertian Agen Adalah
Sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas, maka barang yang disalurkan oleh agen baik jumlah atau harganya akan ditentukan oleh perusahaan atau produsen. Agen memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan distributor atau makelar, ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Jumlah produk yang ditawarkan cenderung lebih sedikit, sedangkan distributor bebas membeli dan menyimpan produk sebanyak mungkin.
  • Wilayah pemasaran produknya tidak terlalu luas.
  • Agen dapat menjual kembali barang pada reseller. 
  • Sistem jual beli produk dapat dilakukan dengan sistem komisi.
  • Agen tidak melayani konsumen yang ingin membeli langsung.
  • Agen dapat membuka peluang reseller pada pihak lain.
  • Agen pada umumnya menjual satu produk perusahaan saja dan tidak boleh menjual produk yang sama dari pesaing.
  • Menjadi agen tidak harus memiliki izin usaha.


Jenis-Jenis Agen 

Jika dilihat sesuai dengan prakteknya di lapangan, agen dapat kita golongkan menjadi dua jenis, yaitu agen penunjang dan juga agen pelengkap. Penjelasan detailnya adalah seperti yang ada dibawah ini :

1. Agen Penunjang 

Agen penunjang adalah agen yang aktivitasnya khusus dalam pemindahan produk barang atau jasa. Pembagiannya terdiri dari :
  • Agen pengangkutan Borongan
  • Agen penyimpanan, dan 
  • Agen pengangkutan khusus
  • Agen penjualan
  • Agen pembelian.


Inti dari kegiatan agen penunjang adalah untuk membantu memindahkan barang-barang agar dapat menghubungkan langsung penjual dengan pembeli. Agen penunjang berperan sangat penting dalam perdagangan sebab ruang kerjanya luas dan langsung melayani berbagai kebutuhan kelompok. 

2. Agen pelengkap 

Agen pelengkap adalah melaksanakan jasa tambahan untuk menyampaikan atau menyalurkan barang dan memperbaiki kekurangan. Jasa yang dilakukan oleh agen pelengkap antara lain adalah jasa pemilihan, finansial, informasi, dan jasa khusus.

Jasa pelengkap juga dapat dibedakan sesuai dengan apa yang ditawarkan, sehingga bisa jasa ini bisa digolongkan kembali menjadi agen yang dapat membantu di bidang keuangan, mengambil keputusan, penyediaan informasi, serta agen khusus lainnya yang tidak termasuk pada kelompok tersebut. 

Kelebihan dan Kekurangan Agen 

Dalam setiap hal di sektor bisnis, pasti ditemukan berbagai kelebihan dan kekurangan yang mempengaruhi bisnis tersebut. Begitu juga bagi peranan agen dalam perdagangan, dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan menjadi seorang agen dalam sektor perdagangan :

1. Kelebihan agen

Kelebihan yang didapat menjadi sebuah agen adalah mendapatkan potensi keuntungan yang cukup besar dari hasil penjualan dan tidak perlu menciptakan suatu produk dengan merek sendiri.

2. Kekurangan agen 

Kekurangan menjadi sebuah agen adalah kita memerlukan biaya modal yang tidak sedikit sebab agen harus memiliki tempat yang cukup besar atau memadai penyimpanan barang. Dan ada resiko dalam menanggung kerugian ketika barang rusak saat  proses pengiriman atau penyimpanan.

Baca Juga : Pengertian Afiliasi Adalah : Manfaat Afiliasi Dalam Bisnis

Kata agen tidak bisa didefinisikan dengan sederhana, karena agen mempunyai ruang lingkup yang luas dalam banyak bidang, baik dari cara kerja maupun fungsi. Akan tetapi, pada prinsipnya agen adalah kaki dan tangan suatu perusahaan atau produsen dalam menyalurkan dan mendistribusikan produk yang diperjualbelikan, baik barang maupun jasa.

Hanya saja agen tidak memiliki kewenangan untuk menentukan harga jual barang atau jasa tersebut. Jadi demikianlah ringkasan tentang pengertian agen beserta dengan ciri, jenis, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca tentang istilah agen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel