Pengertian Debat adalah : Menurut Para Ahli, Tujuan, Usur-unsur dan Tata Cara Debat

Pengertian Bebat Adalah
Hampir semua orang pernah mendengar bahkan melakukan debat, namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan debat? Apa definisi debat? Meskipun sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai, tapi masih banyak orang yang tidak bisa menjelaskan ketika ditanyanya apa arti debat. Oleh sebab itu, mari kita baca selengkapnya artikel ini untuk bisa lebih memahami mengenai pengertian debat. 

Pengertian Debat

Secara Umum, debat merupakan suatu kegiatan yang dapat menguji argumentasi secara langsung, oleh antar individu ataupun kelompok terhadap suatu topik yang telah ditentukan.

Jika mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata debat ialah sebuah pembahasan terhadap suatu hal dan saling memberikan alasan yang baik sehingga dapat mempertahankan argumen masing-masing. Oleh sebab itu perlu digaris bawahi, bahwa pembahasan terhadap argument yang baik sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik pula.

Pengertian Debat Menurut Para Ahli

Ada banyak pandangan ahli mengenai pengertian debat dan untuk dapat memahami apa itu debat, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli, seperti yang ada dibawah ini :

1. G. Sukadi

Menurut G. Sukadi, definisi debat adalah suatu kegiatan saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan.

2. J. S. Kamdhi

Menurut J. S. Kamdhi (1995), pengertian debat adalah suatu pembahasan atau tukar pendapat tentang suatu pokok masalah dimana setiap peserta memberikan alasan untuk mempertahankan pendapatnya.

3. Henry Guntur Tarigan

Menurut Henry Guntur Tarigan (1984), pengertian debat adalah suatu kegiatan saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia untuk menentukan baik tidaknya suatu usulan tertentu yang didukung suatu pihak (pendukung) dan disangkal oleh pihak lainnya (penyangkal).

4. Asidi Dipodjojo

Menurut Asidi Dipodjojo, pengertian debat adalah suatu proses komunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat. Setiap pihak yang berdebat menyatakan argumen dan alasan, dengan cara tertentu agar pihak lain berpihak padanya.

Tujuan Debat

Tujuan dari perdebatan tidak lain dan tidak bukan sebagai sebuah cara untuk dapat meraih kemenangan atas argumentasi yang diberikan demi mendukung sesuatu yang memang ingin ditegakkan atau dijalankan.

Dengan melakukan hal seperti ini, secara tidak langsung kita juga jadi bisa menunjukkan kebenaran terhadap sesuatu yang memang dipermasalahkan sehingga memperoleh hasil yang diinginkan. 

Unsur-Unsur Debat

Dalam sebuah kegiatan debat ada beberapa unsur penting yang saling melengkapi satu dengan lainnya, unsur-unsur debat antara lain :

1. Materi Debat

Materi debat merupakan topik utama yang akan dibahas dalam kegiatan debat. Yang termasuk dalam materi debat antara lain :
  • Tema debat.
  • Tujuan (seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya)
  • Tahapan atau hal yang berhubungan dengan kegiatan debat
  • Tata Tertib, yaitu peraturan yang ditetapkan dalam kegiatan debat.

2. Personalia Debat

Personalia debat adalah semua pihak yang terlibat dalam kegiatan debat. Yang termasuk dalam personalia debat antara lain :
  • Panitia atau penyelenggara kegiatan, secara hirarkial terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara.
  • Moderator yang bertugas mengatur ketika proses debat berlangsung.
  • Pihak Pendukung sebagai pihak yang mendukung mosi debat.
  • Pihak Penyanggah sebagau pihak yang tidak setuju dengan pihak pendukung.
  • Juri sebagai penilai isi selama proses debat berjalan.
  • Publik sebagai orang yang mengikuti jalannya kegiatan debat.
  • Donator sebagai penyedia dana agar kegiatan debat terlaksana.
  • Notulis sebagai pihak mencatat semua hal yang berhubungan dengan debat.

3. Fasilitas Debat

Fasilitas debat adalah perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan dalam proses kegiatan debat agar kegiatan debat tersebut dapat berjalan dengan baik. Beberapa hal yang termasuk dalam fasilitas debat antara lain :
  • Media (Projector/ OHP, sarana dan prasarana)
  • Ruangan Debat
  • Sound System


Tata Cara Dalam Melakukan Debat

Sama pentingnya dengan memahami tujuan dilakukannya sebuah debat, tata cara dalam melakukan debat yang baik dan juga benar sangat perlu untuk dipahami. Sehingga kita bisa melakukan sebuah perdebatan dengan baik dan menghasilkan buah pikiran yang baik juga. Dibawah ini adalah tata cara dalam melakukan debat yang baik dan benar : 

1. Menjalankan Peraturan Debat Yang Telah Disepakati 

Hal pertama yang wajib untuk diketahui dan dilakukan adalah para peserta debat harus bisa memahami dengan baik serta dapat menjalankan peraturan yang memang telah disepakati sehingga debat yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar.

Akan tetapi, jika pada akhirnya ada anggota debat yang melanggar peraturan dan mengganggu debat sehingga suasana tidak kondusif, maka harus diberikan konsekuensi yang tentunya akan berpengaruh terhadap timnya. Oleh sebab itu, peraturan yang sudah disepakati tersebut haruslah dipahami dengan baik.

2. Dapat Menyampaikan Pertanyaan Dengan Baik

Yang selanjutnya adalah ketika ingin mengajukan sebuah pertanyaan, maka harus dapat menyampaikannya dengan baik dan tidak ada faktor menghina ataupun merendahkan lawan, baik sengaja maupun tidak disengaja. Hal demikian sangat perlu diperhatikan sehingga semua orang yang ada dapat menilai dan menerima pertanyaan dengan baik pula.

3. Membuat Strategi Debat 

Menyusun strategi sebelum melakukan debat merupakan hal yang sangat efektif sekali jika dilakukan. Tak hanya itu saja, dalam memberikan sebuah argumen juga tidak perlu harus panjang ataupun banyak, cukup dengan menyampaikan intinya dengan tepat, jelas, singkat dan mengarah langsung ke permasalahan yang didebatkan tentu hal ini akan jauh lebih baik. 

4. Buatlah Kesimpulan Dengan Tepat

Buatlah kesimpulan dengan tepat dengan cara menunjukkan pernyataan sebuah argumen dengan kalimat yang lugas dan juga bisa langsung menuju ke titik celah lawan sehingga para lawan debat bisa mengerti serta paham atas apa yang disampaikan.

Jadi itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian debat secara umum, pengertian debat menurut para ahli, tujuan debat, unsur-unsur debat dan tata cara debat. Semoga artikel ini bisa menambah pengertahuan dan menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel