Pengertian Energi adalah : Jenis Energi dan Macam-macam Bentuk Energi

Pengertian Energi adalah
Apa yang dimaksud dengan energi? Banyak orang yang sekadar tau apa itu energi tetapi tidak bisa menjelaskan definisi energi secara benar. Contohnya energi untuk menggerakkan tubuh yang bisa kita dapatkan dari makanan yang sudah diolah oleh tubuh kita. Tetapi ternyata bukan hanya itu saja, energi masih banyak juga jenisnya, misalnya matahari, energi listrik, dan bahan bakar minyak bumi. Untuk lebih jelasnya mengenai energi dan sumber energi tersebut mari kita simak simak pembahasan berikut.

Pengertian Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Dalam kehidupan sehari-hari, energi sering kita sebut sebagai tenaga. Misalnya seperti makanan untuk menggerakkan tubuh atau energi baterai untuk menyalakan ponsel. Jadi bisa dikatakan bahwa makanan dan baterai tadi adalah energi.

Energi adalah salah satu besaran penting dalam ilmu fisika yang mempelajari tentang energi dan perubahannya. Dalam ilmu fisika energi memiliki satuan, yaitu Joule (J). 

Jenis Energi dari Ketersediaan

Energi yang ada pada suatu benda apabila dipakai secara terus menerus maka lama-kelamaan akan habis. Itulah sebabnya kita harus secara teratur memberi energi tambahan energi, seperti mengisi daya baterai ponsel tadi atau makan sesuai waktu yang ditentukan.

Sumber energi dibagi menjadi dua jenis jika kita lihat dari ketersediaannya, yaitu Sumber energi terbarukan dan sumber energi tidak terbarukan, penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Sumber energi terbarukan (dapat diperbaharui)

Sumber energi yang dapat diperbaharui merupakan sumber energi yang tidak akan pernah habis, misalnya seperti matahari, angin, dan air.

2. Sumber energi tidak terbarukan (tidak dapat diperbaharui)

Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber energi yang akan habis apa bila sudah digunakan sekali atau lebih. Misalnya seperti kayu, batu bara, minyak, dan gas alam.

Macam-macam Bentuk Energi

Ada banyak ragam dari energi, makanan yang kita makan termasuk energi kimia. Baterai telepon selular kita juga memiliki energi kimia, akan tetapi uniknya ponsel kita dapat menyala karena adanya energi listrik.

Selain dua contoh diatas masih banyak lagi jenis energi yang lain, misalnya energi kalor, bunyi, cahaya, pegas, nuklir, hingga mekanik. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas satu persatu mengenai macam-macam energi tersebut.

1. Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang dilepaskan selama reaksi kimia, misalnya pada makanan kita. Makanan yang kita makan mengandung unsur kimia yang bereaksi melepaskan sejumlah energi kimia selama proses metabolisme.

Energi inilah yang digunakan untuk membantu kerja organ-organ tubuh melakukan aktivitas sehari-hari sekaligus menjaga suhu tubuh.

Contoh sumber energi kimia lainnya adalah seperti mesiu dan bahan bakar minyak. Energi kimia yang terdapat didalamnya bahkan mampu menggerakkan alat-alat berat seperti mobil tambang, bahkan pesawat terbang. 

2. Energi Listrik

Energi listik hadir dari muatan arus listrik yang bergerak pada suatu media dengan perangkat yang mampu mengalirkan muatan listrik dengan baik (konduktor). Misalnya pada lampu senter sebagai penerangan, atau untuk mesin-mesin yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada umumnya energi listrik yang digunakan dalam rumah tangga berasal dari pusat penyedia energi listrik (di Indonesia ada Listrik Pintar atau PLN), dan energi listrik tersebut sumbernya dari pembangkit listrik. Sumber energi pada pembangkit listrik biasanya dari air terjun, reaktor nuklir, angin, atau matahari.

Dan dipastikan jika energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik sungguh besar. Jika ingin menghasilkan sumber energi listrik yang lebih aman maka kita bisa menggunakan aki, baterai, dan generator.

3. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir, prosesnya terjadi pada inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel-partikel lain dengan melepaskan energi kalor.

Contoh reaksi nuklir bisa kita lihat dalam kehidupan kita adalah pada matahari, pada reaktor nuklir, dan pada bom nuklir. Energi nulkir dipilih sebagai pembangkit listrik karena energi yang ditimbulkan dalam reaksi nuklir sangatlah besar.

4. Energi Bunyi

Bukan hal yang baru jika saat ada petir yang kencang, kaca jendela rumah juga ikut bergetar. Hal tersebut dikarenakan suara atau bunyi dapat merambatkan energinya melalui udara.

Saat ada petir yang sangat besar, tidak hanya kaca rumah akan tetapi getarannya sebenarnya mengenai seluruh bagian rumah. Hanya saja energi bunyi dari petir tersebut tidak cukup besar untuk menggetarkan bagian rumah.

5. Energi Panas 

Energi panas atau yang biasa disebut juga sebagai energi kalor adalah salah satu bentuk energi yang bisa membuat perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Biasanya energi kalor hanyalah efek tambahan dari perubahan bentuk energi lainnya. 

Contohnya saat pembakaran bahan bakar yang pada dasarnya merupakan sumber energi kimia. Atau bisa juga dari energi kinetik benda-benda yang bergesekan, yaitu saat kita menggosokgosokkan kedua telapak tangan, maka kita akan merasakan energi panas pada telapak tangan kita.

6. Energi Cahaya

Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan dari benda-benda yang memancarkan cahaya, contohnya seperti lampu atau api. Dan energi cahaya akan disertai bentuk energi lain, yaitu energi panas atau energi kalor. Matahari adalah salah satu sumber energi cahaya yang sangat baik karena jumlahnya tidak terbatas, dan dengan menggunakan sel surya, energi tersebut bisa diserap dan diubah menjadi energi listrik.

7. Energi Pegas

Benda-benda lentur dan elastis biasanya memiliki energi pegas, misalnya pada per,trampolin, busur panah dan ketapel. Benda-benda tersebut apabila diberikan daya seperti ditekan, digulung atau diregangkan, maka akan segera kembali pada bentuk semula.

Dengan keadaan tersebut maka akan dihasilkan energi potensial, yang ketika gaya atau tekanan tadi dilepaskan, maka energi potensial pada benda tersebut akan berubah menjadi energi kinetik.

8. Energi Mekanik

Ketika kita kejatuhan buah pohon akan terasa sakit, terlebih jika posisi buah itu tadinya dari tempat yang sangat tinggi. Itu karena buah yang jatuh dari pohon tadi memiliki energi, energi tersebut adalah energi mekanik.

Ketika buah berada di atas pohon, maka energi mekaniknya sama dengan energi potensialnya. Dan saat buah tersebut jatuh sampai di tanah, energi mekaniknya sama dengan energi kinetiknya.

9. Energi Kinetik

Energi kinetik merupakan energi yang ada pada sebuah benda oleh karena gerakannya. Energi kinetik adalah usaha yang diperlukan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

10. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang mempengaruhi benda karena ketinggian benda tersebut, dan ada kecenderungan energi menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut. Daya yang ada pada energi mekanik ialah penjumlahan dari besarnya energi kinetik dengan energi potensial.

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian energi, jenis-jenis energi dari ketersediaannya dan macam-macam bentuk energi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna bagi pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel