Pengertian Promosi Adalah : Definisi, Tujuan, Jenis dan Contoh Promosi

Pengertian Promosi

Apa arti dari promosi? Pengertian promosi adalah suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan kepada masyarakat, yang bertujuan untuk memperkenalkan sesuatu, baik itu barang, jasa, merek atau perusahaan, untuk mempengaruhi masyarakat luas agar menggunakan atau membeli produk tersebut.

Pengertian Promosi Secara Umum

Pengertian promosi secara umum adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh tenaga khusus dibidang pemasar untuk memberikan informasi suatu produk baik barang maupun jasa, yang bertujuan mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk tersebut.

Tata cara hingga media promosi juga terus berkembang seiring berjalannya waktu, baik dari media cetak seperti poster dan baliho, hingga media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Dan pemasangan atau pemutaran iklan dimedia promosi tersebut biasanya disesuaikan dengan target pasar dari produk yang akan dijual.

Baca Juga : Pengertian MLM

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Untuk dapat memahami arti promosi, mamri kita lihat penjelasan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Swastha

Swastha menjelaskan bahwa arti dari promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

2. Tjiptono

Tjiptono menjelaskan jika arti promosi adalah sebuah bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan menyebarkan informasi yang bertujuan untuk mempengaruhi/ membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

3. Harper Boyd

Harper Boyd menjelaskan bahwa definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

4. Kotler

Kotler menjelaskan bahwa arti promosi adalah proses dan bagian dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

Tujuan Promosi

Setiap pihak yang melakukan kegiatan promosi sudah barang tentu memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai, berikut ini adalah beberapa tujuan promosi secara umum, diantaranya :

  • Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk (barang/ jasa) kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
  • Mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas mereka terhadap produk yang telah dipilih atau dibeli.
  • Meningkatkan angka penjualan yang otomatis akan menambah keuntungan perusahaan.
  • Menciptakan citra suatu produk di mata konsumen atau calon konsumen.
  • Mengangkat keunggulan yang membedakan suatu produk dengan produk dari pesaing, untuk merubah atau mempengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.

Kesimpulan yang diambil dari beberapa tujuan tujuan promosi diatas adalah promosi dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan dan keuntungan usaha.

Jenis Promosi

Jenis-Jenis Promosi

Sesuai dengan penjelasan di atas dimana cara pemasaran menjadi sangat beragam seiring berjalannya waktu, maka di bawah ini juga akan dijelaskan beberapa jenis promosi yang banyak kita temukan saat ini, diantaranya :

1. Promosi Secara Fisik atau Langsung

Biasanya secara fisik biasanya ditemukan pada event atau kegiatan seperti konser, bazar, pameran yang mana para penjual biasanya membuka booth untuk menawarkan produknya, baik barang maupun jasa, kepada calon konsumen.

Kelebihannya antara lain adalah penjual dapat menjangkau langsung dan melakukan interaksi dengan calon konsumen. Dan kekurangannya adalah terbatasnya jumlah calon  konsumen yang dapat dijangkau, mengingat ketebatasan akses, tempat dan waktu untuk mengunjungi booth-booth yang tersedia.

2. Promosi Melalui Media Konvensional

Dimasa lalu media promosi konvensional sangatlah efektif untuk meningkatkan penjualan. Yang dianggap sebagai media promosi konvensional antara lain seperti koran, tabloid,  majalah, dan media cetak lainnya. Selain itu juga masih ada media lain seperti radio, televisi, iklan banner hingga billboard.

Keuntungan mengunakan promosi melalui media konvensional yaitu promosi jenis ini dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu yang ralatif lama. Akan tetapi jenis promosi juga memiliki kekurangan, seperti mahalnya biaya untuk promosi.

3. Promosi Melalui Media Digital

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan media informasi, maka promosi juga bisa dilakukan melalui media digital, mulai dari media sosial, jaringan website hingga memasang iklan di mesin pencari.

Pengusaha yang sudah melek teknologi pastinya akan lebih memilih media digital sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis mereka. Selain karena lebih mudah dan cepat, promosi melalui internet pastinya lebih murah dan dapat menjangkau banyak orang di berbagai belahan dunia.

Akan tetapi tetap dibutuhkan kreatifitas dalam berpromosi secara terus menerus karena ada banyak kompetitor yang juga bermain di media digital. Trik keberhasilan promosi melalui media digital adalah pada keunikan konten promosi dan tepat sasaran kepada target konsumen.

Contoh Promosi

Contoh Promosi

Di bawah ini adalah beberapa contoh promosi yang sering kita temui diberbagai tempat, antar lain seperti :

  • Promosi di restaurant : Membeli Paket Nasi Ayam Gratis Minuman Bersoda.
  • Promosi penjualan retail : Membeli 2 buah Jaket merk XYZ Gratis 1 Jaket dengan harga dan merk yang sama.
  • Promosi provider telekomunikasi : Setiap hari gratis telpon selama 30 menit ke provider yang sama.
  • Promosi penjualan properti : Membeli Rumah periode bulan tertentu akan mendapatkan Pompa air dan Kitchen Set secara Gratis.

Baca Juga : Pengertian Iklan

Kita masih bisa dengan mudah menemukan berbagai contoh promosi disekitar kita, yang dapat mempengaruhi penilaian calon konsumen sehingga memutuskan untuk segera membeli produk yang ditawarkan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian promosi, tujuan promosi, jenis-jenis promosi, dan contoh promosi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel