Pengertian Banner Adalah : Arti, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Banner

Banner Adalah

Apa yang dimaksud dengan banner? Arti banner adalah suatu media informasi non personal yang berisi pesan promosi, yang bertujuan untuk menjual atau sekadar untuk memperkenalkan sesuatu kepada orang banyak.

Akan tetapi ada juga pandangan lain yang mengatakan jika definisi banner adalah suatu media promosi atau publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal.

Banner atau yang biasa disebut juga dengan spanduk biasanya didesain terlebih dahulu menggunakan komputer melalui aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan Illustrator, sebelum akhirnya diproses ke media cetaknya.

Sedangkan pada website, istilah banner juga sering digunakan untuk menjelaskan suatu media promosi yang berisi teks dan gambar, yang disertai dengan link aktif yang ketika diklik akan mengarahkan pengguna website tersebut ke halaman website yang dipromosikan.

Baca juga : Pengertian Iklan

Pengertian Banner Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu banner, maka kita dapat melihat penjelasan beberapa ahli mengenai pengertian banner, diantaranya :

1. Darmadi Durianto

Darmadi Durianto menjelaskan bahwa banner adalah suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

2. Rachmat Kriyantono

Rachmat Kriyantono menjelaskan bahwa arti banner adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

3. Wikipedia

Menurut informasi yang bisa kita baca di Wikipedia, banner web adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan internet, dimana iklan tersebut umumnya merupakan bagian dari suatu halaman blog atau website yang dipakai untuk menarik perhatian pengunjung agar mengunjungi situs web yang diiklankan ketika pengguna mengklik iklannya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan menurut KBBI sendiri, banner adalah media promosi yang berisi pesan atau berita yang menjadi informasi untuk orang banyak, sekaligus menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.

Fungsi dan Tujuan Banner

Fungsi banner adalah sebagai media pemasaran yang berisi publikasi, iklan, promosi, dan berbagai keperluan lainnya. Sedangkan tujuan dari pemasangan banner adalah untuk mengiklankan sesuatu produk sehingga dapat menarik perhatian lebih banyak orang ketika melihatnya.

Adapun beberapa fungsi banner adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Media Informasi

Banner merupakan media informasi yang sangat yang sangat efektif, baik itu banner offline maupun banner yang terdapat di website atau blog.

2. Sebagai Media Promosi

Banner jga merupakan media promosi yang efektif ketika ditempatkan di tempat yang strategis dan sering dilalui oleh banyak orang.

3. Sebagai Identitas atau Ciri Khas

banner pada sebuah website atau blog juga dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas website tersebut sehingga pengunjung lebih mudah mengingatnya. Banner di website juga bisa menjadi salah satu cara dalam melakukan branding secara online.

Baca Juga : Pengertian Informasi

Jenis-Jenis Banner

Banner dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya, adapun penjelasannya seperti di bawah ini : 

A. Jenis Banner Berdasarkan Ukuran

1. Ukuran Standar

Banner yang berukuran standar biasanya digunakan untuk kepentingan promosi seperti Window pop up. Berikut ini contoh ukuran banner ukuran standar.

  • 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
  • 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
  • 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle
  • 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
  • 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle

2. Banner dan Buttons

Untuk jenis banner yang ini digunakan pada situs media di internet atau pada blog. Berikut ini beberapa ukuran yang sering digunakan

  • 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
  • 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner
  • 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
  • 120 x 90 IMU/ Pixel – Button 1
  • 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
  • 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
  • 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
  • 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard

B. Jenis Banner Berdasarkan Bentuk

1. Roll Banner

Roll banner adalah banner berbentuk gulungan, dimana penggunaannya sangat praktis, hanya perlu ditarik dari sisi atas ke bawah untuk dapat terlihat secara keseluruhan.

2. X-Banner

Contoh X Banner

Banner ini modelnya portrait dimana tiang penyangganya yang terbuat dari bahan alumunium ringan berbentuk huruf X. Bahan dari tiang penyangga yang ringan dan instalasinya yang mudah membuat X banner cukup diminati, terlebih X-Banner dapat digunakan berulang-ulang dan sangat cocok untuk digunakan untuk indoor maupun outdoor.

3. Mini X-Banner

XBanner Mini

Sama seperti X banner, hanya ukurannya saja yang lebih kecil, biasa diletakkan di atas meja sebagai media promosi dan informasi seperti jadwal acara atau menu makanan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian banner, fungsi dan tujuan banner, dan beberapa jenis banner yang sering digunakan untuk kegiatan promosi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel