Pengertian Poster Adalah : Arti, Ciri-Ciri, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Poster

Poster adalah

Apa itu poster? Definisi poster adalah sebuah media publikasi yang di dalamnya terdapat teks dan gambar, yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan pesan atau informasi kepada orang banyak.

Pendapat lain juga mengatakan jika arti poster adalah suatu bentuk pengumuman atau iklan yang berisi tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya yang dipasang di tempat-tempat umum yang strategis (pasar, kantor, mall, sekolah, dan lainnya) agar mudah terlihat khalayak ramai.

Biasanya pesan atau informasi yang terdapat dalam sebuah poster bersifat persuasif atau ajakan kepada orang lain. Oleh sebab itu biasanya poster harus dibuat semenarik mungkin agar orang lain yang melihat bisa terpengaruh dan bersedia mengikuti pesan yang ada di dalam poster tersebut.

Baca juga :  Pengertian Informasi

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti dari poster, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Arsyad

Arsyad menjelaskan bahwa pengertian poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tulisan singkat, yang dipakai untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

2. Sri Anitah

Sri Anitah menjelaskan bahwa definisi poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

3. Nana Sudjana

Nana Sudjana menjelaskan bahwa definisi poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, dimana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan mampu menanamkan gagasan di dalam ingatan orang tersebut.

4. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Depdikbud sendiri pengertian poster adalah suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sangat sederhana, dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.

Baca juga : Pengertian Iklan

Ciri-Ciri Poster

Poster memiliki ciri atau karakteristik tertentu yang menjadikannya beda dengan media informasi lainnya. Adapun ciri-ciri poster adalah sebagai berikut :

  • Poster didesain dengan komposisi teks dan gambar, dan dicetak pada media berukuran khusus dan tidak mudah rusak.
  • Poster pada umumnya dipasang di dinding tempat-tempat umum untuk menarik perhatian publik.
  • Poster dibuat dengan kombinasi warna yang kuat atau kontras.
  • Poster menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas sehingga mudah dipahami oleh orang yang melihatnya.
  • Penggunaan kata-kata dalam poster biasanya dibuat secara efektif, sugestif, dan mudah diingat.
  • Informasi atau pesan di dalam poster pada umumnya mengandung ajakan atau bersifat persuasif.
  • Penyampaian pesan atau informasi pada poster biasanya disertai dengan gambar.
  • Poster mudah dimengerti meskipun hanya dilihat sebentar saja.
  • Poster menggunakan gambar yang dibuat mencolok sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan.
  • Poster menggunakan jenis font dan ukuran yang mudah dibaca.

Poster Layanan Masyarakat

Tujuan Dibuatnya Poster

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai tujuan poster untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak, di bawah ini akan diuraikan kembali tujuan dibuatnya poster, antara lain sebagai berikut :

  • Untuk menyampaikan pesan pada masyarakat agar masyarakat mengetahui gagasan dari poster tersebut.
  • Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik mengenai pesan yang ada di poster tersebut.
  • Untuk mempengaruhi publik supaya mau mengikuti pesan yang ada pada poster.
  • Untuk mengingatkan kembali sebuah pesan atau informasi kepada publik.
  • Untuk mencari perhatian dan simpati publik agar mengingat dan peduli dengan isi pesan atau gagasan yang ada dalam poster tersebut.

Baca juga : Pengertian Opini

Jenis-Jenis Poster

Jika dilihat secara umum, poster bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu berdasarkan isinya dan berdasarkan tujuannya. Uraian dan penjelasannya adalah sebagai berikut :

A. Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, poster dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

1. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai pelayanan masyarakat dimana biasanya terkait dengan Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

2. Poster Niaga

Poster niaga adalah poster yang dibuat sebagai media komunikasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang dan jasa.

3. Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi yang isinya memberikan pengarahan atau mendidik masyarakat.

4. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalah poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai sebuahu kegiatan. Contohnya seperti kegiatan gotong royong, senam bersama, dan lain sebagainya.

5. Poster Karya Seni

Poster karya seni adalah poster yang bersifat ekspresif,  dimana pesan di dalamnya dapat diartikan berbeda oleh setiap orang.

B. Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, poster dapat dibagi menjadi 10 macam, yaitu:

1. Poster Afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang dibuat untuk memberikan dan meningkatkan motivasi kepada publik yang membacanya di mana di dalamnya terdapat kata-kata yang dapat mempengaruhi.

2. Poster Kampanye

Poster kampanye adalah poster yang dibuat untuk mendapatkan simpati masyarakat sebanyak mungkin agar memilihnya saat pemilu tiba.

3. Poster Propaganda

Poster propaganda adalah poster yang dibuat untuk memberikan motivasi atau semangat kerja kepada masyarakat umum agar melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

4. Poster Komersial

Poster komersial adalah poster yang dibuat untuk memperomosikan suatu barang atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

5. Poster Film

Gundala Putra Petir

Poster film adalah poster yang berisi iklan promosi agar masyarakat tertarik untuk menonton film yang ada dalam poster tersebut.

6. Poster Riset

Poster riset adalah poster yang berisi informasi dan undangan kegiatan penelitian kepada masyarakat. Biasanya poster riset mudah ditemukan dilingkungan pendidikan seperti sekolah dan kampus.

7. Poster Kelas

Poster kelas adalah poster yang isinya memberikan motivasi dan arahan kepada siswa, baik itu motivasi belajar hingga arahan tata tertib selama ada dilingkungan pendidikan agar kondisi belajar tetap kondusif.

8. Poster Komik

Poster komik adalah poster yang isinya mempromosikan dan mempopulerkan komik-komik tertentu kepada masyarakat.

9. Poster “Cheesecake”

Poster ini biasanya bertujuan untuk mencari perhatian publik dengan memuat nama-nama dan gambar orang terkenal.

10. Poster “Dicari” 

Poster ini biasanya bertujuan untuk mencari orang atau benda yang dibutuhkan, contohnya poster Lowongan Kerja, poster Orang Hilang, dan lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian poster, ciri-ciri poster, fungsi dan tujuan poster maupun jenis-jenis poster, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel