Arti Singkatan Kata Dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Sehari-hari

Arti Singkatan Bahasa Inggris

Kita biasa membaca singkatan-singkatan kata dalam bahasa inggris pada saat chatting di sosial media atau aplikasi percakakan di gadget kita. Biasanya singkatan kata itu digunakan untuk menyederhanakan kalimat atau untuk membuat percakapan menjadi lebih menarik. Tetapi apakah Anda sudah tahu arti singkatan tersebut?

Sebenarnya tak cuma untuk pesan singkat, akronim juga sering digunakan dalam percakapan secara lisan. Selain itu, akronim tersebut juga dipakai untuk menunjukkan ekspresi tertentu, contoh kata yang banyak digunakan seperti, LOL, FYI, dan BTW.

Baca Juga : Logical Fallacy

Di bawah ini adalah arti dari akronim bahasa Inggris yang sering digunakan saat ini, diantaranya :

1. HBD (Happy Birthday)

Singkatan bahasa Inggris ini digunakan ketika kita mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman atau saudara. Sebetulnya kita bisa menulis Selamat Ulang Tahun atau Happy Birthday, namun untuk lebih menyederhanakannya, biasanya hanya ditulis HBD saja.

2. YOLO (You Only Live Once)

Singkatan ini digunakan untuk mengekpresikan diri kita, dimana artinya dari YOLO adalah “kamu hanya hidup sekali”, yang artinya kita hanya memiliki satu kesempatan hidup yang harus kita pergunakan dengan baik-baiknya.

Hanya saja kadang ada beberapa yang salah mengartikan YOLO, yaitu karena hidup hanya sekali maka habiskanlah waktu untuk menikmati hidup atau hanya untuk bersenang-senang.

3. DM (Direct Message)

Pergaulan Remaja Sehat

Singkatan ini berasal dari fitur yang biasa kita temui di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Dimana pengguna akun dapat mengirimkan pesan secara pribadi ke akun lain secara personal.

Singkatan ini juga diucapkan atau dipakai untuk meminta seseorang mengirimkan pesan secara pribadi, yang isinya tidak ingin diketahui oleh orang lain.

4. TBH (To Be Honest)

Singkatan ini dipakai ketika ada orang yang ingin mengutarakan pendapat pribadinya. Atau jika TBH diterjemahkan, maka bisa kita artikan sebagai “sebenarnya” atau “Sejujurnya”, kemudian kata tersebut akan dilanjutkan dengan dari opini orang yang bersangkutan.

Ada juga yang menggunakan kata “jujurly”, entah dari mana kata ini ditemukan, tapi dari kesalahan bentuk kata sudah jelas kata ini digunakan hanya untuk melucu atau bercanda saja.

Baca Juga : Pengertian Aesthetic

5. NSFW (Not Safe For Work)

Jika diterjemahkan secara harfiah, arti kepanjangan NSFW adalah tidak aman untuk bekerja. Yang artinya merujuk kepada hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau dilihat, ketika kita sedang bekerja, beraktifitas, dan berada di tempat umum.

6. TGIF (Thank God it's Friday)

Singkatan TGIF sangat sering kita temukan, dimana akronim ini digunakan untuk mengekspresikan rasa syukur kita saat menjelang akhir pekan.

Jika diterjemahkan secara harafiah, arti kepanjangan TGIF adalah terima kasih Tuhan ini hari Jum'at.

7. LOL (Laughing Out Loud)

Pergaulan Bebas dan Pergaulan Sehat

Arti kepanjangan LOL adalah tertawa terbahak-bahak. Selain LOL, orang Indonesia juga sering mengekspresikan tawanya dengan menggunakan kata "wkwkwk".

Akan tetapi LOL juga memiliki kepanjangan lainnya yang kurang begitu populer, yaitu “lots of luck” yang artinya semoga beruntung, dan “lots of love” yang artinya semoga banyak cinta di sekitarmu.

8. TMI (Too Much Information)

Arti dari TMI adalah terlalu banyak informasi, baik itu adalah informasi yang diterima atau informasi yang hendak disampaikan.

Baca Juga : Kata Bijak Penuh Insirasi

9. AFAIR (As Far As I Remember)

Kata ini dipergunakan saat kita ingin memberikan informasi kepada pihak lain. Arti kepanjangan AFAIR adalah sejauh yang saya ingat, artinya saat kita ingin menyampaikan informasi, informasi yang bisa kita sampaikan kepada orang lain sebatas hal-hal yang kita ketahui atau kita ingat saja.

10. ROFL (Rolling on the Floor Laughing)

Arti kepanjangan ROFL adalah tertawa sambil berguling di lantai. ROFL mengekspresikan bahwa saking lucunya, orang tersebut sampai tertawa terbahak-bahak, hingga berguling di lantai.

11. ASAP (As Soon As Possible)

Arti kepanjangan ASAP adalah secepat mungkin atau sesegera mungkin. Semisal kita menunggu, kemudian kita menanyakan kepada orang tersebut berapa lama lagi dia akan tiba, kemudia dijawab “ASAP”, artinya dia akan berusaha tiba secepat yang dia mampu.

12. IYKWIM (If You Know What I Mean)

Arti kepanjangan IYKWIM adalah jika kamu tau yang saya maksud. Singkatan ini digunakan untuk memperjelas atau menegaskan sesuatu. Namun singkatan ini juga bisa digunakan ketika kedua orang sudah memahami satu sama lain tanpa perlu menjelaskan lebih lanjut terhadap perihal yang ada di pikiran mereka.

13. BTW (By The Way)

Arti dari akronim ini sangat sederhana, yaitu “ngomong-ngomong”.

14. DIY (Do It Yourself)

Arti kepanjangan DIY adalah lakukan sendiri. Biasanya singkatan DIY ini sering kita lihat di media sosial Facebook, atau pada konten-konten tutorial yang berisi ajakan untuk membuat suatu barang secara handmade atau dikerjakan sendiri.

15. CMIIW (Correct Me if I'm Wrong)

Arti Bahasa dan Komunikasi

Arti kepanjangan CMIIW adalah koreksi saya jika saya salah, yang berarti orang tersebut menerima dengan baik jika penilaian, opini atau perspektifnya dikoreksi oleh orang lain.

16. WYD (What Are You Doing)

Arti kepanjangan WYD adalah apa yang sedang kamu lakukan. Singkatan ini digunakan untuk menanyakan apa yang sedang dilakukan seseorang, dengan cara yang sangat sederhana.

17. ICYMI (In Case You Missed It)

Arti kepanjangan ICYMI adalah jika kamu melewatkannya. Singkatan ini dipergunakan manakala ada orang yang ketinggalan informasi kemudian, seseorang menyiapkan rekap data atau percakapan selama orang tadi tidak hadir.

Setelah simpulan dibagikan, biasanya orang yang berbagi tersebut akan menuliskan ICYMI, atau sebagai kata ganti dari “siapa tau kamu ketinggalan informasi”.

Baca Juga : Profesi Barista

18. AKA (Also Known As)

Arti kepanjangan AKA adalah juga diketahui sebagai. Singkatan ini sering digunakan ketika sedang menjelaskan sesuatu yang memiliki kemiripan, atau memiliki nama lain, contohnya bakwan AKA ba’wan, ote-ote, bala-bala.

19. SMH (Shake My Head)

Arti kepanjangan SMH adalah menggelengkan kepala saya, atau untuk mengekspresikan bahwa orang tersebut “tidak habis pikir” terhadap apa yang sedang dia lihat atau alami.

Itulah sebagian dari singkatan dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh generasi milenial dalam pergaulan atau bahasa sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel