Pengertian Komunikasi Pemasaran Adalah : Definisi, Pandangan Para Ahli, Tujuan, Sarana dan Strategi Komunikasi Pemasaran

Arti Komunikasi Pemasaran Adalah
Apa itu komunikasi pemasaran? Apa definisi komunikasi pemasaran? Apa saja tujuan dan strategi komunikasi pemasaran? Itu tadi macam-macam pertanyaan yang sering ditanyakan seputar komunikasi pemasaran. Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita simak ringkasan berikut.

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran atau marketing communication adalah sarana yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Pada umumnya komunikasi pemasaran dipakai untuk mempresentasikan perusahaan  atau branding, guna membangun hubungan dengan para pelanggan, dan melihat kebutuhan pelanggan akan produk yang dibuat oleh perusahaan.

Komunikasi pemasaran berkontribusi pada kekuatan brand yang ditanamkan ke dalam ingatan calon konsumen, agar membentuk citra sebuah brand atau perusahan di dalam pikiran mereka. Hal ini akan diharapkan dapat mempengaruhi penjualan produk dari perusahaan tersebut dan menaikkan nilai penjualan secara signifikan.

Metode atau media yang digunakan perusahaan sebagai bentuk komunikasi pemasaran untuk promosi juga beragam, menyesuaikan mangsa pasar atau budget dari perusahaan tersebut.

Baca Juga : Pengertian Informasi

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Kemunikasi pemasaran memiliki arti yang beragam menurut beberapa pandangan ahli bahasa. Di bawah ini adalah arti komunikasi pemasaran menurut pandangan beberapa ahli, diantaranya :

1. Kennedy dan Soemanagara

Menurut Kennedy dan Soemanagara, komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberika informasi kepada khalayak agar tujuan perusahaan tercapai yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

2. Tjiptono

Menurut Tjiptono, komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran dengan menyebarkan informasi untuk mempengaruhi pasar atau sasaran, atas produk sebuah perusahaan, baik jasa maupun barang, agar konsumen mau membeli, menggunakan dan setia pada produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.

3. Keller

Menurut Keller, komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual.

4. Amstrong

Armstrong menjelaskan bahwa arti komunikasi pemasaran perusahaan adalah paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan.

Baca Juga : Pengertian Promosi

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Secara umum, tujuan adanya komunikasi pemasaran adalah untuk memperkenalkan sebuah produk, baik barang maupun jasa kepada konsumen. Di bawah ini adalah beberapa tujuan komunikasi pemasaran, diantaranya seperti :

  • Penentu media komunikasi dalam melakukan sebuah promosi.
  • Menciptakan strategi pemasaran yang baik.
  • Mengidentifikasi sasaran penjualan produk.
  • Menentukan jenis produk yang dibutuhkan konsumen.
  • Memberikan informasi yang menjangkau semua kalangan konsumen.
  • Menentukan anggaran pemasaran produk.
  • Merencanakan pemasaran produk yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen dengan menerima kritik dan saran yang diberikan konsumen.

Sarana Komunikasi Pemasaran adalah
Sarana Komunikasi Pemasaran

Di bawah ini adalah beberapa media terapan komunikasi pemasaran, diantaranya :

1. Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah sejenis insentif jangka pendek yang digunakan untuk mendorong pembelian produk atau jasa, dalam masa percobaan tertentu.

2. Program dan Acara

Program dan acara adalah kegiatan yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi antara konsumen dengan produk tertentu.

3. Iklan

Iklan adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang bersifat persuasif, yang berisi promosi tentang sebuah produk, baik barang maupun jasa oleh sebuah sponsor menggunakan beragam media. Iklan dipakai komunikator untuk menyampaikan informasi produk pada khalayak banyak dengan tujuan tertentu.

4. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung biasanya menggunkan surat, sms, telepon, atau e-mail untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan, dan meminta respon dari pelanggan.

5. Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Hubungan masyarakat dan publisitas adalah berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.

6. Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif adalah kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan secara langsung atau tidak langsung untuk meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan produk dan jasa.

7. Pemasaran Dari Mulut ke Mulut

Pemasaran ini dilakukan melalui komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berkaitan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.

8. Penjualan Personal

Penjualan personal adalah interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli yang prospektif dengan metode presentasi, hingga tanya jawab hingga pengadaan pesanan. Interaksi langsung yang terjadi dengan pelanggan atau calon pelanggan diharapkan dapat memuaskan kebutuhan pelanggan.

Strategi Komunikasi Pemasaran Adalah

Strategi Komunikasi Pemasaran

Strategi komunikasi pemasaran adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapai sebuah tujuan, yaitu membuka kesadaran konsumen akan kelebihan sebuah produk dan memberi dorongan kepada konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Salah satu strategi yang biasa dilakukan adalah dengan berkomunikasi dengan perantara, konsumen dan kelompok masyarakat lainnya. Dimana perantara akan berkomunikasi dengan konsumen dan masyarakat. Konsumen berkomunikasi secara lisan dengan konsumen lain dan juga kelompok masyarakat lain, kemudian setiap kelompok memberi umpan balik balik kepada kelompok lainnya.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Strategi

Penerapan Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran dalap diimplementasikan melalui beberapa hal, diantaranya adalah seperti di bawah ini :

1. Sumber

Menentukan tujuan dan sasaran pemasaran, dimana pemasar membuat iklan dan promosi yang mengarahkan kegiatan tersebut pada segment sasaran tertentu.

2. Enconding

Enconding adalah penyandian tujuan menjadi sebuah pesan, misalnya ketika agensi iklan merancang pesan yang dibuat dalam bentuk iklan, kemudian pesan tersebut disandikan wiraniaga dalam bentuk presentasi penjualan.

3. Transmisi

Transmisi adalah pengiriman pesan melalui media supaya bisa menjangkau konsumen sasaran, baik melalui koran, tabloid hingga pesan singkat yang dikirimkan langsung kepada calon konsumen.

4. Decoding

Proses ini maksudnya adalah penilaian apakan pesan yang diterima oleh konsumen bisa dipahami dengan baik dan berdampak positif pada sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang disampaikan dalam pesan tersebut.

5. Umpan Balik

Umpan balik atau feedback yaitu respon dari konsumen atas efektivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan pemasar.

Demikian ringkasan mengenai pengertian komunikasi pemasaran, tujuan komunikasi pemasaran dan strategi komunikasi pemasaran. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel