Pengertian Risiko dan Jenis-Jenis Risiko dalam Bisnis


Pengertian risiko secara bahasa menurut Wikipedia merupakan bentuk akibat atau konsekuensi yang bisa terjadi dalam suatu proses yang sedang berlangsung maupun pada kejadian yang akan datang.

Dalam berbisnis, risiko merupakan keadaan yang tidak pasti dimana cenderung menyebabkan kerugian. Sehingga diperlukan adanya manajemen risiko untuk meminimalisir kerugian yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Mengacu dari pengertian risiko tersebut, berikut ini akan dibahas jenis-jenis risiko dala bisnis dan upaya pengelolaannya.

Jenis Risiko yang Umum Terjadi dalam Bisnis

1. Risiko Reputasi

Reputasi perusahaan menjadi salah satu faktor penting yang harus dijaga. Jika bisnis yang sedang Anda jalankan memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat, tentu saja akan berakibat pada penurunan keuntungan bahkan bisa jadi berujung kebangkrutan.

Untuk meminimalisir risiko reputasi, manajer akan melakukan evaluasi secara menyeluruh baik terhadap sumber daya produksi maupun sumber daya manusia perusahaan.

2. Risiko Pasar

Risiko pasar berkaitan dengan segala bentuk kerugian yang bisa terjadi karena adanya perubahan kondisi pasar, misalnya dalam harga. Jika terjadi penurunan di pasar saham dapat mengakibatkan kerugian perusahaan karena saham bergerak kearah yang tidak menguntungkan.

Kondisi seperti ini menjadi kekhawatiran bagi manajer pemasaran karena fluktuasi di pasar saham cenderung tidak dapat diprediksi secara tepat.

3. Risiko Kredit

Jenis risiko ini paling umum terjadi pada perusahaan yang melakukan skema penjualan dengan sistem kredit. Risiko kredit berkaitan dengan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan yang menjalankan bisnis simpan pinjam.

Kurangnya pengetahuan yang mumpuni untuk mengadakan perjanjian pinjam meminjam dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan karena ketidakmampuan perusahaan untuk membayar utang.

4. Risiko Operasional

Sesuai namanya, risiko ini menyangkut berkurangnya fungsi suatu proses internal, kegagalan sistem, kesalahan SDM maupun adanya permasalahan dari eksternal. Biasanya akibat yang ditimbulkan dari risiko operasional adalah hilangnya potensi keuntungan perusahaan.

Jadi dari ulasan pengertian risiko beserta jenis-jenis risiko dalam bisnis di atas dapat disimpulkan bahwa setiap bisnis pasti memiliki potensi untuk berisiko. Sehingga peran manajer sangat dibutuhkan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari risiko.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel