Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Fungsi dan Tujuan

Definisi Manajemen Pemasaran Adalah

Apa itu manajemen pemasaran? Apa saja fungsi dan tujuan manajemen pemasaran? Untuk lebih memahami hal tersebut marilah kita baca ringkasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah sebuah rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran dimana tujuannya adalah untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

Ada juga yang mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah alat untuk analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian suatu program dalam perusahaan yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran agar bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Manajemen pemasaran juga bisa diartikan sebagai proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran di dalam organisasi, yaitu yang mencakup segala aktivitas untuk memenuhi tujuan perusahaan dengan mempertimbangkan peluang pasar dan sumber daya internal.

Seorang manajer pemasaran wajib utuk menguasai struktur pembiayaan, sumber daya, sumber keuntungan dan kompetensi. Selain itu seorang manajer perusahaan juga harus mempelajari diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, riwayat respon perkembangan industri dan elemen lain yang masih berhubungan dengan kompetitor.

Baca Juga : Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai manajemen perusahaan, mari kita lihat definisi manajemen perusahan menurut beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Dharmmesta dan Handoko

Dharmmesta dan Handoko menjelaskan bahwa manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran.

2. Sofjan Assauri

Sofjan Assauri menjelaskan bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian berbagai program yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba hasil dari transaksi/ pertukaran melalaui sasaran pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

3. Basu Swastha

Basu Swastha menjelaskan manajemen pemasaran adalah sebuah sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, promosi, dan pendistribusian barang maupun jasa kepada calon pembeli potensial.

4. Ben M. Eniy

Ben M. Eniy menjelaskan bahwa manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan maupun individu.

5. Philip Kotler 

Philip Kotler menjelaskan bahwa manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca Juga : Manajemen Perusahaan

Arti  Manajemen Perusahaan

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran adalah falsafah bisnis dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Itulah sebabnya kepuasan kebutuhan konsumen menjadi salah satu elemen utama bagi pertumbuhan perusahaan.

Ada 3 (tiga) elemen penting yang termasuk konsep manajemen pemasaran, diantaranya seperti :

1. Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen adalah unsur terpenting dalam pemasaran sebuah produk. Kepuasan tersebut tidak hanya cuma diukur dari kualitas produk saja, namun juga dari strategi pemasaran yang dilakukan.

2. Orientasi Pada Konsumen

Pelayanan produsen dilakukan dengan memberikan berbagai penawaran yang menarik, mulai dari produk terbaik hingga cara pelayanan konsumen (market oriented). Itulah sebabnya mengapa dalam strategi marketing selalu mengedepankan konsumen.

3. Perencanaan Pemasaran

Seluruh kegiatan pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, dan kegiatan lain yang terkait dengan pemasaran harus disusun secara terperinci. Agar proses analisis dan pengawasan terhadap hasil pemasaran juga bisa dilakukan dengan baik, sehingga juga akan memudahkan evaluasi untuk mengetahui apabila diperlukan tindakan perbaikan terhadap kegiatan pemasaran.

Baca juga : Manajemen Keuangan

Fungsi Manajemen Pemasaran adalah

Fungsi Manajemen Pemasaran

Untuk perusahaan yang sedang berkembang wajib memahami manajemen pemasaran, terlebih diera globalisasi yang mana akan melahirkan persaingan yang sangat berat bahkan hingga dari manca negara. Oleh sebab itu dengan menerapkan manajemen pemasaran yang baik pastinya akan membantu perusahaan mendapatkan tujuan.

Beberapa fungsi dari manajemen pemasaran antara lain :

1. Pertukaran

Fungsi pertukaran pada manajemen pemasaran dibagi menjadi dua, yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan, penjelasannya sebagai berikut :

  • Fungsi pembelian, yaitu  peran manajemen pemasaran sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan, artinya akan dibutuhkan strategi khusus mengenai kegiatan yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli.
  • Fungsi penjualan, yaitu mengatur strategi yang mempermudah aktivitas untuk mempertemukan penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun menggunakan perantara.

2. Fisis

Fungsi fisis manajemen pemasaran terpusat kepada kegunaan waktu, lokasi dan bentuk yang perlu dipertimbangkan pada suatu produk ketika suatu produk akan diangkut, diproses dan disimpan hingga sampai ketangan konsumen. Ada resiko kerugian yang besar jika penanganan produk tidak direncanakan dengan baik.

3. Penyediaan Sarana

Manajemen pemasaran berfungsi sebagai penyedia sarana yang berkaitan dengan kegiatan operasional pemasaran, mulai dari komunikasi hingga permasalahan pembiayaan.

Baca Juga : Manajemen Operasional

Tujuan Manajemen Pemasaran Adalah

Tujuan Manajemen Pemasaran

Jika dilihat secara umum, manajemen pemasaran memiliki 6 tujuan pokok, antara lain seperti :

  1. Membangun permintaan, yaitu menciptakan rasa penasaran dan ketertarikan konsumen terhadap produk yang akan dijual.
  2. Membangun kepuasan konsumen, yaitu dengan melihat dan memahami keinginan atau kebutuhan konsumen, lalu menyesuaikan produk agar dapat lebih memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen tersebut.
  3. Mendapatkan market share, yaitu mempertahankan atau memperluas jangkauan penjualan produk demi keuntungan yang lebih besar.
  4. Memperoleh margin yang optimal, yaitu berhasil meraih nilai margin yang optimal melalui keberhasilan penjualan yang maksimal.
  5. Berhasil dalam pencitraan, yaitu membuat produk atau perusahaan mendapatkan citra yang baik atau sesuai dengan harapan. Dimana citra yang baik terhadap produk dan perusahaan akan memberikan efek positif bagi perusahaan, baik dari sisi konsumen, mitra, investor dan tenaga kerja.
  6. Menjaga kelangsungan usaha, yaitu dimana bagian pemasaran adalah ujung tombak perusahaan untuk mencapai target penjualan, kepuasan dan target keuntungan, oleh sebab itu berjalan atau tidaknya sebuat perusahaan juga sangat ditentukan, bahkan menjadi bagian dari tujuan manajemen pemasaran. Sebuah perusahaan tidak dapat mencapai tujuan utamanya tanpa adanya manajemen yang baik dan strategis.

Demikian ringkasan mengenai pengertian manajemen pemasaran, konsep, fungsi dan tujuan manajemen perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel